10 Klub Liga 1 2020 Tentukan Sikap ke LIB, Ini Poin-Poinnya

Football5Star.com – Klub-klub Liga 1 2020 sudah menentukan sikap ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai bahan saran. Sebanyak 10 klub memutuskan hal itu setelah menggelar rapat virtual.

Kesepuluhnya ialah Madura United, Persib Bandung, Arema FC, Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, Persija Jakarta, Persita Tangerang, Persiraja Banda Aceh, PSM Makassar, dan Barito Putera. Dalam bahasan itu, jua menyangkut nasib kompetisi usai ditunda.

10 klub tersebut menyarankan agar Liga 1 2020 bisa saja digulirkan usai Hari Raya Idul Fitri. Mereka jua membicarakan soal nasib kontrak dengan pemain hingga sponsor.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Fakta Gol-gol yang Lahir dalam Tiga Pekan Liga 1 2020 - persib vs Persela - liga indonesia

Berikut poin-poinnya:

  1. Merujuk surat BNPB no. 13/2020 maka kemungkinan kompetisi bisa kick-off pada pekan pertama bulan Juni, sehingga bagi klub yang sudah menandatangani kontrak bisnis dengan para pihak untuk memastikan bahwa status gaji pemain, pelatih, dan official team dapat dibayar maksimal 25 persen sejak bulan Maret sampai dengan kick-off.
  2. Apabila pemerintah menyatakan lockdown total atau bencana nasional, maka secara otomatis semua kontrak bisnis dengan para pihak batal demi hukum. Sehingga klub dibebaskan dari kewajiban yang tertera dalam kontrak, termasuk dengan pemain, pelatih, official team, serta sponsor.
  3. Terhadap subsidi kepada klub seperti yang sudah ditetapkan sebelumnya agar tetap dibayarkan untuk bagian bulan Maret 2020.
  4. PSSI melalui komite legal melakukan langkah-langkah konkret dengan menginisiasi keputusan yang dapat melindungi klub dari tuntutan atau gugatan para pihak yang dapat merugikan.