13 dari 36 Klub Bundesliga Terancam Bangkrut Akibat Pandemi Corona

Football5star.com, Indonesia – Pandemi corona menjadi momok menakutkan bagi klub-klub Jerman. Bagaimana tidak, sebanyak 13 dari 36 klub yang berlaga di Bundesliga 1 dan 2 terancam bangkrut.

Seperti dikutip Football5star dari Kicker, keuangan klub Bundesliga menuju titik nadir. Dari laporan DFL beberapa waktu lalu, hasil dari inventarisasi 36 klub yang disimpan DFL saat ini mengalami krisis.

Kemungkinan bangkurt bisa terjadi andai kompetisi tidak kembali dilangsungkan Mei mendatang. Yang paling rentan tentu saja klub-klub yang berlaga di kasta kedua Liga Jerman. Bahkan disebutkan ada tujuh klub yang harus mengajukan kebangkrutan karena angsuran keempat dari mitra media mereka tidak dibayarkan kepada DFL untuk didistribuskan ke klub.

DFL - COVID-19 - Liga Jerman - Getty Images
Getty Images

Angsuran terakhir dari kontrak media saat ini sebenarnya dijadwalkan untuk musim 2019-2020 pada awal Mei. Sedangkan dua klub Bundesliga 2 lainnya harus mengajukan kebangkrutan pada bulan Juni jika pembayaran kepada pihak media gagal dilaksanakan.

Ada pula satu klub Bundesliga 1 berada di ambang pailit karena hanya bisa memenuhi kewajibannya sampai Mei. Sedangkan tiga klub lainnya harus menunjukkan administrator kepailitan pada Juni mendatang.

Hingga saat ini ada 12 klub yang telah mengalokasikan dana mereka ke lembaga kredit dan mitra lainnya untuk membayar tagihan. Dengan kondisi ini, kebangkrutan 12 klub tersebut tidak bisa dicegah.

Sementara itu, pihak DFL sejatinya sudah menentukan Liga Jerman akan kembali bergulir 30 April mendatang. Nantinya, sisa kompetisi akan berlangsung tanpa penonton.