13 Gol Ajax dan Rekor Kemenangan Terbesar di Eredivisie

Football5star.com, Indonesia – Raksasa Belanda, Ajax Amsterdam sukses meraih kemenangan besar saat melawan VVV Venlo di pekan ke-6 Eredivisie musim ini. Tak tanggung-tanggung, anak asuhan Erik ten Hag melumat VVV dengan kemenangan 13-0 di Stadion De Koel, Minggu (25/10/2020).

VVV yang bermain dengan 10 orang setelah Christian Kum mendapat kartu merah di menit ke-52 harus pasrah dibantai oleh Ajax dengan 13 gol tanpa balas. 13 gol kemenangan Ajax dicetak oleh Lassina Traore (5 gol), Jurgen Ekkelenkamp (2 gol), Klass Jan Huntelaar (2 gol), Dusan Tadic, Anthony, Daley Blind, dan Lisandro Martinez.

Kemenangan 13-0 Ajax Amsterdam membuat mereka untuk sementara bertengger di puncak klasemen Eredivisie dengan mengemas 15 poin. Kemenangan telak ini tentu saja pusat perhatian banyak pihak. Ini bukan kali pertama Ajax meraih kemenangan telak lebih dari 10 gol.

Pada 1972, Ajax juga berhasil meraih kemenangan 12-1 saat melawan Vitesse Arnhem. Namun kemenangan 13-0 Ajax atas VVV di musim ini jadi kemenangan telak terbesar di laga tandang dalam sejarah Eredivisie.

Sebelumnya rekor kemenangan tandang terbesar di Eredivisie dicatat atas nama SC Enschede saat mengalahkan Sittardia dengan skor 10-1 di musim 1960. Meski pesta gol ke gawang VVV, pemain Ajax belum mampu pecahkan rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan.

Hingga saat ini, rekor pemain yang mencetak gol terbanyak di satu pertandingan masih dipegang oleh striker Heerenveen, Afonso Alves yang mencetak 7 gol pada 2007.7 gol striker asal Brasil itu membawa Heerenveen menang 9-0 atas Heracles Almelo.

AjaxAjax AmsterdamEredivisie