22 Tim yang Pasti Tampil di Fase Grup Liga Champions 2016-17

Hampir semua liga di Eropa sudah merampungkan musim 2015-16. Sejumlah tim juga sudah memastikan tiket otomatis fase grup Liga Champions 2016-17.

Beberapa klub langsung lolos ke fase grup dikarenakan liga-nya memiliki koefisien tinggi. Tak hanya juara liga saja, pun klub yang menduduki peringkat kedua dan ketiga.

Spanyol, sebagai penguasa puncak koefisien, diwakili tiga klub yang langsung lolos ke fase grup yakni Barcelona (juara Divisi Primera), Real Madrid (peringkat kedua), dan Atletico Madrid (peringkat ketiga).

Jumlah sama juga untuk wakil Inggris, Leicester City (juara Premier League), Arsenal (peringkat dua), dan Tottenham Hotspur (peringkat ketiga). Sementara itu, Jerman diwakili oleh Bayern Muenchen (juara Bundesliga 1), Borussia Dortmund (peringkat dua), dan Bayer Leverkusen (peringkat tiga).

Liga yang diwakili dua klub lolos langsung ke fase grup adalah Serie-A, Primeira Liga Portugal, dan Ligue 1 Prancis. Liga yang hanya juara grup saja lolos langsung ke fase grup adalah Rusia, Ukraina, Belanda, Belgia, Swiss, dan Turki.

Satu slot untuk klub lolos langsung ke fase grup adalah juara Liga Europa. Sementara itu, juara liga dari sejumlah negara yang koefisien rendah harus menjalani kualifikasi terlebih dulu dengan urutan kualifikasi pertama, kualifikasi kedua, kualifikasi ketiga, dan play-off.

Di babak play-off, sudah menunggu klub-klub dari liga dengan koefisien tinggi. Mereka merupakan peringkat keempat liga dan ketiga. Sebut saja Villarreal (peringkat ke-4 Divisi Primera), Manchester City (peringkat ke-4 Premier League), Borussia Moenchengladbach (peringkat ke-4 Bundesliga 1), AS Roma (peringkat ke-3 Serie-A), dan FC Porto (peringkat ke-3 Primeira Liga).

Tim yang lolos langsung ke fase grup berjumlah 22 (plus juara Liga Europa). Sedangkan 10 kursi sisa harus diperebutkan sejak babak kualifikasi.

Daftar tim yang lolos langsung ke fase grup Liga Champions 2016-17:

Barcelona (Spanyol) Juara
Real Madrid (Spanyol) Peringkat 2
Atletico Madrid (Spanyol) Peringkat 3
Leicester City (Inggris) Juara
Arsenal (Inggris) Peringkat 2
Tottenham Hotspur (Inggris) Peringkat 3
Bayern Muenchen (Jerman) Juara
Borussia Dortmund (Jerman) Peringkat 2
Bayer Leverkusen (Jerman) Peringkat 3
Juventus (Italia) Juara
Napoli (Italia) Peringkat 2
Benfica (Portugal) Juara
Sporting CP (Portugal) Peringkat 2
Paris Saint-Germain (Prancis) Juara
Olympique Lyon (Prancis) Peringkat 2
Dynamo Kyiv (Ukraina) Juara
PSV Eindhoven (Belanda) Juara
Club Brugge (Belgia) Juara
FC Basel (Swiss) Juara
Besiktas (Turki) Juara
*Juara Liga Europa
*Juara Liga Rusia (baru berakhir 21 Mei)

Comments
Loading...