3 Kendala Bagus Kahfi Jika Ingin Main di Liga Inggris

Football5star.com, Indonesia – Beberapa waktu lalu, pemain muda Indonesia, Bagus Kahfi sempat mengungkapkan keinginannya untuk kelak main di Liga Inggris. Jalan itu dianggap terbuka karena Bagus bakal segera jadi pemain anyar di FC Utrecht.

Namun mimpi Bagus untuk bisa bermain di Liga Inggris dirasa sangat muskil terwujud. Setidaknya ada tiga kendala besar yang membuat pemain berambut kribo itu bisa mentas di Liga Inggris.

Berikut 3 kendala utama bagi Bagus Kahfi bisa main di Liga Inggris:

Peringat Indonesia di FIFA

Saat Egy Maulana Vikri main di Lechi Gdansk, publik Indonesia juga sempat berharap klub Polandia itu bisa jadi pembuka jalan bagi Egy bisa main di Liga Inggris. Namun bagi pesepak bola Indonesia untuk bisa main di kompetisi tertinggi Negeri Ratu Elizabeth ada hal yang harus diperhatikan yakni peringkat timnas di rangking FIFA.

Dikutip Football5star.com dari Workinginhtheuk, Liga Inggris mewajibkan pemain dari negara lain harus memiliki rangking FIFA minimal 70 dalam dua tahun terakhir. Sedangkan peringkat timnas Indonesia dalam dua bahkan lima tahun terakhir tak pernah bisa beranjak dari 100 besar.

Pada peringkat terbaru FIFA per Oktober, Indonesia berada di urutan ke-173 atau sejajar dengan Kamboja. Mayoritas negara-negara di dunia tidak mengalami perubahan peringkat yang signifikan.

UU Kewarganegaraan

Jika peringkat FIFA sangat tidak mungkin untuk Bagus Kahfi untuk main di Liga Inggris, kendala lain adalah soal UU Kewarganegaraan. Andai Bagus lebih ingin memprioritas kariernya di level klub dengan pindah kewarganegaraan, maka ada resikonya selain kritikan banyak pihak.

Resiko yang lebih besar ialah soal si pemain bakal melanggar UU Kewarganegaraan no 12 tahun 2006 amandemen terbaru yang menyebutkan, “Asas kewarganegaraan tunggal, merupakan asas yang memberlakukan bahwa setiap orang hanya memiliki satu status kewarganegaraan.”

Seberapa lama Bagus Kahfi main di FC Utrecht

Meski cukup sulit untuk Bagus bisa mentas di Liga Inggris, masih ada peluang baginya bisa main namun pertanyaannya seberapa lama ia bisa bertahan di FC Utrecht. Menurut agen Ezra Walian, Wide Putra beberapa waktu lalu, masih ada peluang bagi pemain Indonesia main di Liga Inggris, asalkan di klub Eropa sebelumnya ia main selama 3 tahun.

“Tapi ada pengecualiannya. Pemain dari negara yang rangkingnya di atas 50 tetap bisa bermain di Inggris dengan syarat sebelumnya sudah tiga tahun bermain di kompetisi Eropa,” jelas Wide Putra

Seperti kata Bagus Kahfi, ia masih sangat mungkin bisa main di Liga Inggris asalkan terus berusaha saat gabung di FC Utrecht.

“Pastinya tidak ada yang tak mungkin kalau ada usaha, pasti ada jalannya” ucap Bagus di Youtube Hamka Hamzah.

Bagus KahfiFC UtrechtLiga InggrisTimnas Indonesia