3 Kipernya Positif Covid-19, Ukraina akan Mainkan Asisten Pelatih

Football5star.com, Indonesia – Timnas Ukraina sedang diterpa masalah serius. Tiga kiper mereka tidak bisa main lantaran terkonfirmasi positif covid-19.

Situasi ini membuat timnas Ukraina hanya memiliki satu kiper yang siap tampil. Dia adalah penjaga gawang Dynamo Kiev, Georgiy Buschchan.

Maka dari itu, pelatih Andriy Shevchenko mencari sosok lain untuk mengisi pos penjaga gawang kala berhadapan dengan Prancis. Tapi masalahnya sang pelatih tidak punya alternatif lain.

@FIFAWorldCup

Dengan keadaan terpaksa, Shevchenko menunjuk Oleksandr Shovkovskiy sebagai kiper cadangan. Uniknya, Shovkovskiy sudah tidak bermain lagi. Dia sudah pensiun sejak 2016 dan kini usianya sudah 46 tahun.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, Oleksandr Shovkovskiy saat ini menjabat sebagai asisten pelatih timnas Ukraina. Sebagai informasi, sang asisten pelatih adalah mantan kiper negara Eropa Timur itu dengan catatan 92 caps.

Terkait keputusan ini, federasi setempat membenarkan kabar tersebut. Mereka juga mengklaim bahwa UEFA memperbolehkan seseorang yang tidak terikat kontrak profesional sebagai pemain bisa membela tim nasional.

“Karena hanya ada satu kiper sehat yang tersisa di tim nasional, staf pelatih memutuskan untuk memasukkan asisten pelatih Oleksandr Shovkovsky ke dalam skuat untuk pertandingan persahabatan melawan Prancis,” demikian pernyataan resmi federasi seperti dilansir Readsector, Rabu (7/10/2020).

“Dalam peraturan UEFA mengizinkan untuk memasukkan ke dalam daftar pemain, termasuk mereka yang tidak memiliki kontrak profesional dengan klub mana pun, tapi merupakan warga negara yang diwakili oleh tim,” sambung pernyataan resmi tersebut.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More