30 Detik di Anfield untuk Korban Tragedi Hillsborough

Football5star.com, Indonesia – Sebelum laga Liverpool vs Chelsea di mulai, Sabtu (14/4/2019) di Stadion Anfield, kedua tim dan seluruh penonton yang hadir diminta untuk mengheningkan cipta selama 30 detik.

Aksi ini untuk menghormati korban tragedi Hillsborough yang terjadi 30 tahun silam. Pada 15 April 1989, dalam laga semifinal Piala FA melawan Nottingham Forest di markas Sheffield Wednesday, 96 pendukung Liverpool meninggal dunia.

Pecahnya tragedi Hillsborough juga menyebabk 766 orang mengalami luka-luka. Tragedi ini disebut-sebut sebagai salah satu insiden terburuk dalam sejarah sepak bola Inggris dan dunia.

mirror.co.uk

Kronologis tragedi Hillsborough

Kronologisnya pecahnya tragedi Hillsborough tak bisa dilepaskan dari keputusan keliru FA yang menunjuk stadion ini sebagai venue pertandingan. Sejumlah pihak cukup aneh dengan keputusan FA saat itu, pasalnya stadion ini hanya berkapasitas 39,732 tempat duduk.

Apalagi saat itu, Liverpool dan Nottingham Forest punya rekam jejak sebagai rivalitas tinggi. FA menurut sejumlah pihak tak belajar dari tragedi yang terjadi pada 1981 di laga Tottenham Hotspur melawan Wolverhampton yang membuat 38 luka-luka akibat rebutan masuk stadion.

Kondisi ini juga yang terjadi di Hillsborough pada hari kelabu tersebut. Kedua suporter membludak serta kondisi stadion Inggris saat itu yang tidak seperti saat ini, membuat lautan manusia saling berdesak-desakan.

Laporan investigasi pada kasus ini juga menemukan sejumlah kejanggalan terkait kesiapan pihak penyelenggaran pertandingan. Salah satunya soal pendukung Liverpool yang jumlahnya lebih banyak justru tak mendapat jatah tempat duduk lebih sedikit.

Kesimpulan besarnya pada tragedi ini ialah pihak FA tak memperhatikan fakta bahwa stadion ini tak memenuhi standar keamanan.

mirror.co.uk

Sementara itu, pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, sebelum laga berlangsung sempat meminta suporter The Blues untuk tidak bertingkah dan menghormati tragedi ini.

“Saya pikir ini benar-benar menjadi kesempatan baik untuk fan kami membayar kesalahan. Saya tidak ingin berbicara mengenai video itu kerena seperti yang saya katakan sebelumnya, saya tidak melihatnya. Jadi, menurut saya tidak benar membahas sesuatu yang tidak saya ketahui,” ujar Sarri.

Sebelumnya suporter Chelsea sempat melakukan tindakan rasial yang ditujukan kepada winger Liverpool, Mohamed Salah. Hal itu merek perbuat saat Chelsea bertemu Slavia Praha pada leg pertama Liga Europa tengah pekan lalu.

Comments
Loading...