4 Klub Tolak Liga 1 2020, PSSI Belum Terima Surat Resminya

Football5Star.com, Indonesia – Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut sampai saat ini belum menerima surat resmi dari 4 klub yang tolak Liga 1 2020. Tapi memang, dia tak menampik kalau akan melakukan diskusi lagi dengan para klub.

Seperti diketahui, ada 4 klub yang menyatakan menolak Liga 1 2020. Mereka adalah Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Barito Putera. Mereka beralasan kalau saat ini situasi virus COVID-19 di Indonesia masih sangat riskan.

Apalagi, Jawa Timur masih dalam zona merah yang membuat dua klub di antaranya kian waswas dengan situasi ini bila Liga 1 dipaksa berlanjut. Kendati demikian, Yunus Nusi menanggapinya dengan santai.

Makan Konate Sempat Terjebak dalam Perang Libia, Kabur Naik Kereta Football5Star.com, Indonesia - Bintang Persebaya Surabaya, Makan Konate, ternyata punya cerita mengerikan dalam karier sepak bolanya. Dia pernah terjebak dalam perang di Libia hingga bingung mau pulang ke Mali. Konate memang sempat memperkuat salah satu Libia, Alakhdhar, pada 2011 sampai 2012. Dia tercatat bermain dalam 12 pertandingan dan itu merupakan klub pertamanya di luar Mali, dan sebelum hijrah berkarier di Indonesia. Walau cuma sebentar, Makan Konate mengalami pengalaman yang tak terlupakan selama di Libia. Dia bahkan melihat dengan mata kepala sendiri orang-orang berperang. Padahal, sebelumnya dia cuma tahu perang melalui film saja. "Ya itu, saya cuma tahu perang lihat dari film atau bagaimana. Tapi ini realitas saya lihat sendiri di Libia. Itu sulit sekali, kaget keluarga kaget juga," ungkap Makan Konate dalam wawancara eksklusif di YouTube Football5Star. https://www.youtube.com/watch?v=8Zkelb0mChw&t Tak sampai di situ, Konate bahkan sempat kesulitan pulang kembali ke Mali karena perang tersebut. Dia dan tiga rekannya sesama pemain asing di Alakhdhar saat itu kebingungan terjebak dalam perang di Libia. "Waktu itu, saya mau pulang juga sulit, Libia masih lockdown belum bisa terbang. Dari kota saya tinggal, sampai Tripoli tak ada pesawat. Klub kasih surat, kita berempat pemain asing, dua Mali satu pantai Gading satu Mozambik," kata Makan Konate. Malahan, Konate akhirnya mencoba pulang dengan menggunakan Kereta dari Benghazi. Dia bersyukur bisa pulang ke Mali dengan selamat meski tak bisa tidur selama perjalanan lantaran dihantui teror perang. "Lalu kita ambil kereta dari Benghazi ke Masri, itu satu malam. Sampai Masri, saya naik pesawat ke Mali. Susah sekali, capek sekali, tak bisa tidur, capek sekali. Alhamdulillah sudah pulang tak ada apa-apa, keluarga juga lega," tutup Makan Konate.

“Bagi kami itu (penolakan) hal yang wajar. Tapi sampai saat ini PSSI belum menerima surat terkait klub yang tolak Liga 1 2020 itu. Nanti akan ada pertemuan lagi dengan klub untuk mengobrolkan simulasi pertandingan,” ujar Yunus Nusi dalam diskusi di YouTube Trans 7.

Yunus Nusi melanjutkan kalau masih ada waktu buat PSSI dan PT LIga Indonesia Baru untuk meyakinkan para klub yang menolak melanjutkan kompetisi. Beragam upaya nantinya akan dilakukan.

Salah satunya untuk meyakinkan 4 klub yang tolak Liga 1 2020 itu adalah izin dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Yunus menyebut kalau BNPB mendukung PSSI dan PT LIB menggulirkan Liga 1 lagi.

“(BNPB) akan memberikan dukungan bila kompetisi dilanjutkan. Pekan depan kami akan lanjutkan lagi (diskusi) secara detail dan teknis beberapa hal yang jadi atensi beliau,” tutup dia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More