4 Tahun Main di Indonesia, Bek Kamerun Curhat Masalah Gaji

Football5star.com, Indonesia – Bek asal Kamerun, Jean-Jacques Kilama mungkin terdengar asing bagi publik sepak bola Indonesia. Namun pemain berusia 35 tahun ini memiliki karier selama 4 tahun di Indonesia.

Pada 2004, Kilama bermain untuk tim PSDS Deli Serdang. Empat tahun di Deli Serdang, Kilama tercatat melakoni 56 pertandingan dan mencetak 5 gol. Pada 2007, ia hijrah ke Liga Hongkong untuk membela Rangers.

4 Tahun Main di Indonesia, Bek Kamerun Curhat Masalah Gaji2

Kepada media Hongkong, hk01 seperti dikutip Football5star.com, Jumat (20/11/2020), Kilama menyebut bahwa faktor utama kepindahannya dari Indonesia ialah masalah gaji dan keinginan mendapat tantangan baru.

“Saya bergabung dengan PSDS Deli Serdang di Indonesia pada 2004. Empat tahun kemudian, kakak laki-laki saya, Roger Patton yang bermain di Hongkong mengajak saya pindah. Setelah empat tahun di Indonesia, saya pikir sudah waktunya saya memiliki tempat yang lebih baik,” ucap Kilama.

“Tahun itu saya baru berusia 22 tahun. Di tahun pertama (bersama Rangers) kinerja saya tidak stabil dan hanya mendapat gaji 6000 Yuan (setengah dari gajinya di Indonesia). Saya tidak langsung setuju, tapi kemudian mereka menambah 1000 yuan lagi,” ucapnya.

Kilama rupanya cukup kerasan bermain di Liga Hongkong. Ia sudah tujuh tahun berada di sana dan pada tahun ini dirinya kembali ke Rangers, tim pertamanya di Liga Hongkong.

“Saat itu saya masih sangat muda dan tak terasa saya sudah tujuh tahun di sini. Meskipun di awal, saya mengalami kondisi cukup sulit. Saya tidak bisa membayangkan betapa sulitnya di tahun pertama itu,” ucapnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More