40 Tahun Berdiri La Masia Hasilkan Luis Milla hingga Lionel Messi

Football5star.com, Indonesia – Tepat hari ini, Minggu (20/10/2019) 40 tahun lalu berdiri salah satu akademi sepak bola terbaik saat ini La Masia. Akademi milik Barcelona ini tak bisa dilepaskan dari jebolan terbaiknya Lionel Messi.

20 Oktober 1979, Barcelona mendirikan akademi untuk para pemain mudanya. Saat Barcelona dipimpin oleh Enric Llaudet, lokasi La Masia yang awalnya merupakan studio kerja bagi para arsitek dan kontraktor bangunan diubah jadi tempat latihan para pemain muda.

Dikutip Football5star.com dari halaman resmi klub, baru pada kepemimpinan Agusti Montal, La Masia bisa menjadi tempat tinggal para pemain muda yang berasal dari luar kota. Messi salah satu pemain yang sempat merasakan tinggal di tempat ini.

marca.com

Sejak berdiri 40 tahun silam, keliru jika hanya menyebut Messi sebagai jebolan terbaik La Masia. Sejumlah nama pesepak bola hebat fakta juga alumni dari akademi ini. Sebut saja mantan pemain Arsenal, Mikel Arteta.

Ada juga anak dari legenda Belanda Johan Cruyff, Jordi Cruyff yang sempat merasakan tempaan di La Masia. Pelatih Manchester City Pep Guardiola juga jebolan dari akadmei ini. Lalu ada Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Luis Garcia, Sergio Busquets, Carles Puyol, Gerard Pique, bahkan eks pemain timnas Italia, Thiago Motta ialah produk dari La Masia.

Yang tak juga dilupakan adalah mantan pelatih timnas Indonesia, Luis Milla juga adalah alumni dari La Masia. Meskipun berasal dari akademi La Masia, Luis Milla justru bermain lebih banyak bagi rival terberat El Barca, yaitu Real Madrid.

“Meski saya melatih timnas senior, kecintaan saya ada pada usia muda. Apalagi, saya pernah menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia. Saya akan sekuat tenaga bantu Indonesia,” ujar Milla saat masih mengemban tugas sebagai pelatih timnas Indonesia.

Comments
Loading...