5 Bintang Eropa yang Gagal ke Piala Dunia 2018

Football5Star.com, Indonesia – Piala Dunia 2018 telah menemukan 32 negara kontestannya. Benua Eropa paling banyak menyumbangkan wakilnya dengan 14 negara. Namun, di balik itu, setidaknya ada 5 pemain bintang benua biru yang gagal melenggang ke Rusia.

Tidak lolosnya negara-negara langganan seperti Belanda dan Italia turut menyumbang nama-nama tenar. Meskipun mereka dikenal sangat berpengaruh di tingkat klub, tapi kegagalan mereka lolos ke Piala Dunia tahun depan cukup menyita perhatian.

Bahkan gagalnya kedua negara adidaya sepak bola itu tahun ini harus membuat beberapa pemain kawakannya pensiun dari tim nasional. Tentu saja hal ini menjadikan kenangan pahit yang tak pernah terpikirkan sebelumnya oleh mereka.

Berikut 5 bintang Eropa yang gagal ke Piala Dunia versi Football5Star:

  1. Gianluigi Buffon
zimbio.com

Dosa rasanya jika nama penjaga gawang kharismatik ini tidak dicantumkan. Gianluigi Buffon adalah salah satu generasi peraih Piala Dunia 2006 Italia yang masih aktif bermain. Menginjak usia 39 tahun, performanya pun tampak tidak berkurang. Hal ini terbukti dari masih dipercayanya ia menjaga gawang Gli Azzurri dan Juventus.

Namun, laga play off leg kedua di San Siro menjadi mimpi buruk Buffon. Ia gagal mengantarkan Italia ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958. Pemain yang akrab disapa Gigi ini akhirnya membuktikan ucapannya untuk pensiun andai negaranya tidak lolos ke Rusia.

     2.  David Alaba

zimbio.com

Nama David Alaba cukup mentereng di kancah sepak bola Jerman. Ia menjadi salah satu bek kanan terbaik Bundesliga saat ini. Bermain untuk Bayern Munich sejak belia, pemain Austria ini sudah mendapatkan segalanya bersama klub. Namun, apa yang ia raih di tingkat klub tidak menular dengan tim nasional.

Austria sejatinya bukanlah negara yang memiliki tradisi bagus di sepak bola. Sepanjang sejarahnya, mereka baru tujuh kali berpartisipasi di turnamen empat tahunan itu. Namun, dengan kehadiran Alaba, kekuatan tetangga Jerman ini mulai diperhitungkan di Eropa.

    3. Arjen Robben

dw.com

Sama halnya dengan Buffon, kegagalan Belanda ke Piala Dunia 2018 pun membuat salah satu peman seniornya, Arjen Robben, memutuskan pensiun dari tugas negara. De Oranje gagal melaju ke Rusia setelah hanya menempati posisi ketiga babak grup kualifikasi zona Eropa. Mereka kalah bersaing dengan Prancis yang berada di puncak dan Swedia yang menempati runner up.

Sementara bagi Robben, ini sudah cukup mengakhiri kariernya selama hampir dua dekade berseragam timnas. Usia yang kian menua juga membuat bintang Bayern Munich ini memutuskan gantung sepatu dari laga internasional. Performanya musim ini pun sering diganggu cedera yang beberapa kali mengganggu permainannya.

   4. Marek Hamsik

zimbio.com

Kebintangan Marek Hamsik bersama Napoli tidak perlu diragukan lagi. Ia bahkan didapuk menjadi kapten Il Partinepoi sejak dua musim lalu berkat loyalitas dan permainan apiknya. Namun, hal itu tidak cukup kuat untuk pemain 31 tahun itu membawa Slovakia lolos ke Piala Dunia. Dirinya pun gagal mengulang prestasi negaranya yang melaju hingga babak 16 besar di Piala Dunia 2010 lalu.

Bersama Martin Skrtel dan Milan Skriniar, ia gagal membawa Slovakia lolos dari babak kualifikasi zona Eropa. Negaranya masih kalah kelas dibanding Inggris yang menjadi juara Grup F. Posisi runner up yang mereka tempati pun tidak cukup membawa negara pecahan Cekoslovakia ini melaju ke play off.

   5. Edin Dzeko

zimbio.com

Bosnia Herzegovina sempat mencuri perhatian ketika lolos ke Euro 2016 lalu karena untuk pertama kalinya mereka melaju ke turnamen akbar setelah kehancuran Yugoslavia. Namun, prestasi itu tidak bisa diulangi di kualifikasi Piala Dunia 2018. Edin Dzeko dan kolega hanya menempati urutan ketiga di Grup H, dan kalah bersaing dari Belgia dan Yunani.

Kegagalan ini tentu menjadi catatan tidak menyenangkan Dzeko tahun ini. Mengingat performanya sangat luar biasa di tingkat klub. Pemain 31 tahun itu bahkan menjadi top skorer Serie A Italia musim lalu dengan 37 gol. Bahkan musim ini mantan pemain Manchester City itu sudah mengemas 11 gol di Liga Italia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More