Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Bintang yang Pernah Perkuat Persija dan PSM Sebelum Era Liga 1

Football5Star.com – Meski memiliki rivalitas panjang, Persija Jakarta dan PSM Makassar ternyata punya kedekatan soal pemain. Ada setidaknya lima pemain bintang yang pernah memperkuat Persija dan PSM sebelum era Liga 1.

Pada era Liga 1 saja, Persija dan PSM acap bekerja sama dalam bursa transfer. Tercatat, setidaknya ada lima pemain PSM yang jua pernah perkuat Persija, mulai dari Reinaldo Elias, Shahar Ginanjar, Steven Paulle, Osas Saha, hingga Marc Klok.

Memang kedekatan antara PSM dan Persija sudah tercipta sejak dahulu. Makanya setidaknya ada lima pemain bintang yang pernah perkuat Persija dan PSM sebelum era Liga 1, siapa saja? Berikut Football5Star sajikan:

Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto, pernah jadi andalan buat PSM Makassar pada 1999-2001 silam. Dia pernah mencatatkan 37 gol dalam 48 pertandingan di sana.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Bintang yang Pernah Perkuat Persija dan PSM Sebelum Era Liga 1
Antara Photo

Pada 2004-2005, Kurniawan direkrut oleh Persija setelah membela PSPS Pekanbaru, dan Persebaya Surabaya. Bersama Macan Kemayoran, Si Kurus mampu melesakkan 10 gol dalam 18 laga.

Luciano Leandro

Bersama Jacksen F Tiago dan Marcio Novo, Luciano Lenadro pernah jadi pahlawan PSM saat mencapai babak final Liga Indonesia kedua pada musim pertamanya. Dia juga membawa PSM menjadi semifinalis pada Ligina III dan Peringkat I Wilayah Timur pada Ligina IV.

Penampilannya bersama PSM membuat Persija Jakarta merekrutnya pada 2001. Di musim pertamanya ia turut membawa Persija menjuarai Ligina VII. Di final, di Stadion Gelora Bung Karno, 7 Oktober 2001, Persija Jakarta mengalahkan PSM Makassar dengan skor 3-2

Miro Baldo Bento

Miro Baldo Bento, top skorer Timnas di Piala AFF 1998 sempat menjadi bintang Persija pada era 1990-an. Dia bahkan merupakan pemain asli yang lahir dari klub internal PErsija, PS Gumarang.

Sosok yang kini memilih menjadi warga Timor Leste itu lantas direkrut PSM Makassar pada 1999. Dia bergabung dengan PSM sampai 2002 dan mengoleksi 21 gol dalam 46 penampilan.

Hamka Hamzah

Hamka Hamzah terkenal saat membela Persija Jakarta era Divisi Utama pada 2005-2008. Dia mengoleksi 62 pertandingan bersama Macan Kemayoran dan mengemas lima gol.

Franco Hita: Semoga Suatu Saat Saya Kembali ke Malang

Akan tetapi, sebenarnya Hamka merupakan produk asli PSM Makassar yang promosi ke tim senior pada 2001 silam. Hamka jua sempat kembali ke pelukan PSM pada 2017 silam usai mengembara ke berbagai klub. Pada periode keduanya dia memainkan 30 laga dan mengemas 4 gol. Kini dia membela tim promosi, Persita Tangerang.

Ortizan Solossa

Sebelum Rezaldi Hehanusa, Persija memiliki bek kiri cepat dan kuat di kaki Ortizan Solossa. Ortzan memperkuat Persija pada 2004 hingga 2006 lalu dengan total 64 laga dan mengemas lima gol.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Bintang yang Pernah Perkuat Persija dan PSM Sebelum Era Liga 1
Koran Fajar/Memori_PSM

Tapi, sebelum ke Persija Ortizan sempat menjadi andalan utama PSM Makassar. Namanya juga bersinar di sana pada 1999 hingga 2004. Legenda hidup Persipura Jayapura itu total mengemas 91 penampilan bersama PSM.