5 Catatan Istimewa Messi Saat Barcelona Gasak Levante

Football5star.com, Indonesia – Sang penggurat rekor. Kiranya itu bisa dijadikan julukan baru bagi Lionel Messi. Setiap saat, setiap waktu, selalu saja ada rekor yang ditorehkannya. Saat Barcelona menghajar Levante 5-0, ada lima catatan istimewa yang dibuat kapten timnas Argentina itu.

Berikut ini, Football5Star.com menyajikan lima catatan istimewa Messi pada laga Barcelona versus Levante, Senin (17/12/2018) dini hari WIB.


Kemenangan Terbanyak di Barcelona

Keberhasilan Barcelona menggasak Levante 5-0 menjadikan Messi sebagai kolektor kemenangan terbanyak di klub kebanggaan masyarakat Katalonia tersebut. Itu adalah kemenangan ke-323 yang dibukukan La Pulga bersama El Barca pada gelaran LaLiga.

Megabintang asal Argentina tersebut meninggalkan Xavi Hernandez yang meraih 322 kemenangan pada ajang LaLiga hingga pensiun. Soal rasio, Messi juga unggul. Dia membukukan 323 kemenangan dari 432 pertandingan, sedangkan Xavi butuh 505 laga untuk mengemas 322 kemenangan.


Double Double Pertama Musim Ini

Tambahan tiga gol dan dua assist saat Barcelona menggasak Levante membuat Messi kini membukukan 14 gol dan 10 assist. Di lima liga besar Eropa (Premier League, LaLiga, Serie A, Bundesliga 1, dan Ligue 1) musim ini, dia menjadi pemain pertama yang membukukan gol dan assist dalam hitungan dua digit.

Pemain yang menjadi pesaing terdekat La Pulga adalah Marco Reus dari Borussia Dortmund. Dia saat ini hanya membutuhkan torehan dua assist untuk mencapai double double. Pasalnya, untuk gol, dia kini sudah mengemas 10 gol.


50 Gol Sepanjang 2018

Torehan tiga gol ke gawang Levante membuat Messi kini mengoleksi 50 gol sepanjang 2018. Sebanyak 46 gol dilesakkan bersama Barcelona dan empat gol kala memperkuat timnas Argentina. Dia adalah pemain pertama yang melakukan hal tersebut pada tahun ini.

Hal ini juga menunjukkan konsistensi La Pulga dalam mendulang gol. Faktanya, dalam sembilan musim terakhir, hanya sekali pemain yang masih belum mau kembali ke timnas Argentina itu tak mengemas 50 gol dalam setahun. Itu terjadi pada 2013. Kala itu, La Pulga hanya mengoleksi 45 gol sepanjang tahun.


Top Skorer di Lima Liga Elite Eropa

Koleksi 14 gol membuat Messi kini menjadi pemain tersubur di lima liga elite Eropa. Tambahan tiga gol ke gawang Levante menjadikan dia melompati para bomber subur lainnya. Di LaLiga, dengan hat-trick yang dibuat ke gawang Levante, dia melompati Cristhian Stuani dan Luis Suarez yang mengemas 11 gol.

Saat ini, ada empat pemain yang berada di belakang La Pulga. Mereka adalah Krzysztof Piatek (Genoa), Nicolas Pepe (Lille OSC), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), dan Emiliano Sala (FC Nantes). Keempat pemain tersebut sama-sama mengemas 12 gol.


Kontributor Gol Terbaik di Eropa

Sepanjang musim ini, dengan torehan 14 gol dan 10 assist, Messi secara total terlibat dalam penciptaan 24 gol yang dibuat Barcelona pada ajang LaLiga musim ini. Itu adalah 52,17 persen dari total gol El Barca yang dibuat dari jornada pertama hingga saat ini.

Pesaing terdekat La Pulga dalam kontribusi penciptaan goladalah Marco Reus. Kapten Borussia Dortmund itu telah terlibat dalam 18 gol di Bundesliga 1. Namun, kontribusi Reus bagi Dortmund tidak seperti Messi yang lebih dari 50 persen. Kontribusinya hanya 43,90 persen dari total gol Die Schwarzgelben.

Comments
Loading...