5 Catatan Menarik Dari Timnas Qatar di Piala Asia 2019

Football5star.com, Indonesia – Timnas Qatar secara mengejutkan berhasil menjadi jawara di ajang Piala Asia 2019 setelah mengalahkan Jepang di partai final pada Jumat (1/2). Keberhasil ini menjadi modal yang sempurna jelang keikutsertaan Qatar di ajang Copa America musim panas mendatang.

Keberhasil Qatar menjadi patut diacungi empat jempol. Pasalnya, mereka berhasil tampil dominan sepanjang turnamen dan memiliki beberapa catatan unik. Berikut Football5star.com, sudah merangkum 5 catatan unik milik timnas Qatar di ajang Piala Asia 2019:

Menjadi Tim Paling Agresif di Edisi 2019
5 Fakta Menarik Keberhasilan Qatar Jadi Juara Piala Asia 2019 - Almoez Ali - Goal
Goal

Qatar mengawali kiprahnya di Piala Asia 2019 dengan gemilang. Mereka berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0 atas Lebanon di partai pembuka. Setelahnya, mereka mampu menghancurkan Korea Utara dengan skor 6-0. Pada partai pamungkas di babak grup, mereka berhasil membungkan Arab Saudi dengan skor 2-0.

Di babak 16 besar, Boualem Khoukhi dkk berhasil mengalahkan juara di edisi 2007, Iraq dengan skor tipis, 1-0. Setelahnya, mereka mampu mencetak delapan gol tambahan di tiga partai selanjutnya.

Catatan ini membuat anak asuh Felix Sanchez mengakhiri turnamen dengan raihan 19 gol. Catatan itu membuat mereka menjadi tim paling agresif di ajang Piala Asia 2019.

Mendominasi Penghargaan Individual
5 Fakta Menarik Keberhasilan Qatar Jadi Juara Piala Asia 2019 - Timnas Qatar - Fox Sports Asia
Fox Sports Asia

Selain menjadi juara di ajang Piala Asia 2019, Qatar juga mampu merajai penghargaan individual di ajang bergengsi ini. Penyerang andalan mereka, Almoez Ali didapuk menjadi pemain terbaik dan top skorer setelah berhasil mencetak sembilan gol.

Sementara itu, penjaga gawang Saad Al Sheeb berhak membawa pulang trofi sarung tangan emas setelah hanya kebobolan satu gol sepanjang turnamen. Winger Akram Afif juga menjadi pemain terbanyak yang mengoleksi assist. Pria 22 tahun itu mampu mencetak 10 assist dari tujuh partai.

Dominasi Sempurna
5 Rekor yang Dipecahkan Timnas Qatar di Piala Asia 2019
Fox Sports Asia

Timnas Qatar berhasil menunjukkan kelasnya di ajang Piala Asia 2019. Selain menjadi tim terbaik di sektor ofensif dan defensif, mereka juga mengakhiri turnamen dengan catatan kemenangan 100%.

Hasil ini tentunya menjadi bekal yang sangat positif jelang Copa America 2019. Skuat Felix Sanchez menjadi salah satu tim undangan yang akan berlaga di Copa America pada musim panas nanti. Keberhasilan mereka tentunya wajib diwaspadai oleh tim-tim kuat di Amerika Selatan seperti Argentina dan Kolombia.

Selain itu, timnas Qatar juga diperkuat oleh banyak pemain muda di turnamen ini. Para pemain muda yang menjadi tulang punggung di Piala Asia 2019 diprediksi akan mempertahankan tempatnya di ajang Piala Dunia 2022 mendatang.

Mengembalikan Kejayaan Tim Asal Timur Tengah
5 Fakta Menarik Keberhasilan Qatar Jadi Juara Piala Asia 2019 - Timnas Qatar - Eurosport
Eurosport

Semenjak pertama kali digelar pada tahun 1956 silam, tim-tim dari Asia Timur menjadi kesebelasan yang dominan di ajang Piala Asia. Semenjak edisi tahun 1992, hanya ada tiga tim asal Timur Tengah yang berhasil mematahkan dominasi dari kesebelasan asal Asia Timur.

Padahal, tim-tim asal Timur Tengah sempat menjadi raja di Asia di edisi 1968 hingga 1988. Sebelum Qatar, Irak menjadi tim Timur Tengah terakhir yang berhasil menjadi juara. Setelah Irak, Australia dan Jepang berhasil menjadi juara di dua edisi terakhir.

Pemain Debutan Terbaik
5 Rekor yang Dipecahkan Timnas Qatar di Piala Asia 2019
Fox Sports Asia

Piala Asia 2019 merupakan turnamen internasional pertama untul Almoez Ali. Meskipun masih berusia 22 tahun, ia mampu menunjukkan performa gemilang dengan raihan sembilan gol dari tujuh  pertandingan. Keberhasilan itu membuatnya dianugrahi gelar top skorer dan pemain terbaik.

Catatan sembilan gol milik Ali juga berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh legenda Iran, Ali Daei. Daei berhasil menceak delapan gol di edisi 1996. Tak ada pemain yang berhasil memecahkan rekor spesial itu selama 23 tahun terakhir.

Comments
Loading...