5 Epic Comeback di Fase Gugur Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – Sepak bola tak hanya menawarkan sebuah suguhan olahraga semata. Dalam sepak bola juga ada suguhan drama yang tak kalah menarik dari sebuah drama ala-ala Korea Selatan yang tengah digandrungi banyak pihak. Salah satu drama di sepak bola yang tengah ramai adalah soal Epic Comeback di Liga Champions.

Dua dari empat pertandingan babak 16 besar Liga Champions musim 2018/2019 pada pekan sebelumnya menyuguhkan drama yang penuh haru. Drama pertama adalah ketika pasukan muda dari Belanda, Ajax Amsterdam bisa melawan kemustahilan dan mengalahkan Real Madrid. Drama kedua adalah ketika pasukan pincang Manchester United membuat gelontoran dana dari minyak, Paris Saint-Germain tak berkutik di markas mereka sendiri.

Football5star merangkum lima Epic Comeback yang terjadi di fase gugur Liga Champions dalam kurung waktu sepuluh tahun terakhir. Drama mana saja yang masuk? Cek daftar pilihan kami:

Manchester United vs Olympiakos (Musim 2013/2014)
5 Epic Comeback di Fase Gugur Liga Champions - Football5star - Getty Images
Getty Images

Manchester United harus berhadapan dengan wakil Yunani, Olympiakos di babak 16 besar Liga Champions musim 2013/2014. Saat itu. The Red Devils, julukan Manchester United masih dilatih oleh ‘The Chosen One’, David Moyes. Pada leg pertama, Olympiakos unggul dengan skor 2-0 lewat gol Joel Campbell dan Alejandro Dominguez.

Manchester United harus menang dengan selisih tiga gol jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Misi sulit itu sukses setelah legenda Arsenal, Robin van Persie mencatatkan hat-trick pada menit ke-25,  45, dan menit ke-51. Manchester United pun lolos ke babak 8 besar dan melawan FC Bayern Munich

Barcelona vs Paris Saint-Germain (Musim 2016/2017)
5 Epic Comeback di Fase Gugur Liga Champions - Football5star - Barca Blaugranes
Barca Blaugranes

Pertandingan ini menjadi salah satu epic comeback yang paling tak masuk akal. Pasalnya, pada leg pertama 16 besar Liga Champions, PSG unggul telak 4-0. Mereka unggul berkat gol yang dicetak Angel Di Maria (2 gol), Julian Draxler, dan Edinson Cavani.

Barcelona butuh menang dengan selisih lima gol di leg kedua yang diselenggarakan di Nou Camp. Barcelona unggul 3-0 dulu sampai menit ke-50. Edinson Cavani mencetak gol pada menit ke-62 dan membuat misi Barcelona semakin sulit. Drama terjadi pada sepuluh menit pamungkas. Dalam tempo tujuh menit, Barcelona mencetak tiga gol tambahan yakni menit ke-88, 90+1’ dan 90+5. Barcelona pun lolos dengan agregat 6-5.

Barcelona vs AS Roma (Musim 2017/2018)
5 Epic Comeback di Fase Gugur Liga Champions - Football5star - The Telegraph
The Telegraph

Barcelona memiliki peluang untuk lolos ke babak semifinal lebih besar dibandingkan AS Roma. Terlebih lagi, pada leg pertama 8 besar, Barcelona unggul dengan skor 4-1.

AS Roma dengan spirit Pasukan Romawi menolak takluk. Mereka harus menang dengan skor 3-0 untuk lolos otomatis. Unggul cepat di menit ke-6 lewat kaki Edin Dzeko membuat semangat Il Gialorossi memuncak. Daniele De Rossi mencetak gol lewat penalti pada menit ke-58 dan ditutup dengan sundulan Kostas Manolas, sang Dewa Yunani pada menit ke-82. AS Roma lolos dengan agregat 4-4

Ajax Amsterdam vs Real Madrid (Musim 2018/2019)
5 Epic Comeback di Fase Gugur Liga Champions - Football5star - Gilabola
Gilabola

Siapa yang menyangka pasukan muda dari Belanda mampu lolos ke babak 8 besar ketika pada pertemuan pertama yang digelar di Stadion Cruyff Arena, mereka takluk. Dua gol Madrid hanya mampu sekali mereka balas. Besarnya peluang Real Madrid untuk lolos bahkan membuat Sergio Ramos sengaja mendapatkan akumulasi agar bisa bermain di babak 8 besar.

Nyatanya, yang dilakukan Ramos itu sia-sia. Pasukan muda dari Belanda sukses menggulung Madrid dengan skor telak, 4-1. Hebatnya lagi, itu dilakukan di markas Real Madrid, Santiago Bernabeu yang dulunya lebih angker dari kuburan massal PKI.

Manchester United vs Paris Saint-Germain (Musim 2018/2019)
5 Epic Comeback di Fase Gugur Liga Champions - Football5star - Onefootball
Onefootball

Pada leg pertama 16 besar Liga Champions, PSG menang dengan skor 2-0 di markas Manchester United, Old Trafford. Kemenangan itu seakan menempatkan satu kaki tim kaya raya asal Spanyol itu di babak 8 besar Liga Champions 2018/2019. The Red Devils harus menang dengan selisih gol lebih dari dua gol atau unggul dua gol dengan jumlah gol lebih dari dua gol karena mereka akan lolos dengan status menang gol tandang.

Semangat pantang menyerah Manchester United berbuah manis. Di markas PSG, Stadion Parc de Princes, Manchester United menang dengan skor 3-1. Kemenangan ini membuat Manchester United lolos dengan agregat 3-3.

Comments
Loading...