5 Fakta di Balik Hat-trick Cristiano Ronaldo ke Gawang Atletico Madrid

Football5Star.com, Indonesia – Penampilan luar biasa ditunjukkan Cristiano Ronaldo saat Juventus menjamu Atletico Madrid, Rabu (13/3/2019) dini hari WIB. Dalam laga leg II babak 16-besar Liga Champions itu, dia mencetak hat-trick yang sekaligus membalikkan keadaan dan membawa klubnya lolos ke perempat final.

Ada beberapa fakta menarik di balik hat-trick yang dicetak oleh eks pemain Real Madrid itu. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta di antaranya.

Samai Rekor Lionel Messi

Torehan hat-tick ke gawang Atletico Madrid membuat Cristiano Ronaldo menyamai rekor Lionel Messi. Kedua megabintang sepak bola itu kini sama-sama telah mengoleksi delapan hat-trick pada gelaran Liga Champions. Keduanya unggul jauh dari para pemain lain. Mario Gomez, Filippo Inzaghi, dan Luiz Adriano sama-sama hanya mencetak tiga hat-trick.

Hat-trick pertama Cristiano Ronaldo dibuat ke gawang Ajax Amsterdam saat Real Madrid menang 4-1 pada 3 Oktober 2012. Setelah itu, dia melakukan hal serupa ke gawang Galatasaray pada 2013, Shakhtar Donetsk (2015), Malmo FF (2015), VfL Wolfsburg (2016), Bayern Munich (2017), dan Atletico Madrid (2017, 2019).

Pemain Juventus Kelima

Cristiano Ronaldo jadi pemain kelima Juventus yang mencetak hat-trick di Liga Champions.
tuttomercatoweb.com

Sepanjang sejarah Liga Champions, Cristiano Ronaldo menjadi pemain kelima yang membuat hat-trick bagi Juventus. Empat pemain yang terlebih dahulu melakukan hal tersebut adalah Filippo Inzaghi, Alessandro Del Piero, Arturo Vidal, dan Paulo Dybala.

Dari lima pemain yang telah membuat hat-trick bagi Juventus di Liga Champions, Inzaghi punya catatan istimewa. Dialah satu-satunya pemain yang sanggup membuat dua hat-trick bersama Juventus. Hat-trick pertama dijejalkan ke gawang Dynamo Kyiv pada 18 Maret 1998. Hat-trick kedua dibuat saat melawan Hamburger SV pada 13 September 2000.

Hat-trick Pertama untuk Juventus

Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick pertama sebagai pemain Juventus.
tuttomercatoweb.com

Gelontoran tiga gol ke gawang Atletico Madrid jadi catatan spesial Cristiano Ronaldo di Juventus. Itu merupakan kali pertama dirinya membuat hat-trick sejak bergabung dari Real Madrid pada awal musim ini. Sebelumnya, dia hanya mampu membuat empat brace, yakni ke gawang Sassuolo, Empoli, Sampdoria, dan Parma. Semuanya di Serie A.

Di Liga Champions, jangankan brace ‘dua gol’, sepanjang fase grup hingga leg I babak 16-besar, Cristiano Ronaldo hanya mencetak satu gol. Satu-satunya gol itu dibuat saat Juventus kalah 1-2 di kandang sendiri dari mantan klubnya, Manchester United.

Hat-trick Keempat ke Gawang Atletico Madrid

Mencetak hat-trick ke gawang Atletico Madrid bukan hal baru bagi Cristiano Ronaldo. Torehan tiga gol bersama Juventus pada leg II babak 16-besar Liga Champions kali ini adalah yang keempat bagi dia. Dari tiga hat-trick sebelumnya, dua dibuat pada laga LaLiga dan satu pada gelaran Liga Champions.

Hat-trick pertama Cristiano Ronaldo ke gawang Atletico Madrid dibuat pada musim 2011-12 saat Real Madrid menang 4-1 di Stadion Vincente Calderon. Berikutnya, dua hat-trick dibuat pada musim 2016-17. Tiga gol dijejalkan kala Madrid menang 3-0 di kandang lawan pada jornada ke-7 LaLiga dan ketika Los Blancos menang 3-0 di kandang sendiri pada leg I semifinal Liga Champions.

Menjauh dari Lionel Messi

Tambahan tiga gol ke gawang Atletico Madrid membuat Cristiano Ronaldo kian kokoh di daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Champions. Dia kini mengemas 124 gol. Pemain timnas Portugal itu kian menjauh dari sang pesaing terdekat, Lionel Messi.

Saat ini, Lionel Messi baru mengemas 106 gol pada ajang Liga Champions. Pemain berjuluk La Pulga itu berpeluang menambah perbendaharaan golnya saat Barcelona menjamu Olympique Lyon, Kamis (14/3/2019) dini hari WIB. Namun, mustahil dia mampu menyamai torehan Cristiano Ronaldo pada laga tersebut.

Comments
Loading...