5 Fakta Kekalahan Dortmund dari Stuttgart

Football5Star.com, Indonesia – Borussia Dortmund masih belum bisa mengakhiri krisis yang terjadi. Dalam lanjutan Bundesliga 1, Sabtu (18/11/2017) dinihari WIB, mereka kembali menuai kekalahan. Kali ini dari VfB Stuttgart dengan skor 1-2 di kandang lawan.

Hal yang paling disorot dari kekalahan itu lagi-lagi koordinasi lini belakang yang buruk. Gol pertama bahkan bisa disebut lelucon karena Chadrac Akolo menerima bola dari kiper Roman Buerki yang menerima back pass Marc Bartra dari jarak dekat.

Terlepas dari hal itu, di balik kekalahan yang dialami Dortmund di Mercedes-Benz Arena terselip beberapa fakta menarik. Berikut adalah 5 fakta menarik dari laga tersebut.

Tiga Kekalahan Beruntun
Dortmund kalah dari Stuttgart.
chicagotribune.com

Takluk di Mercedes-Benz Arena membuat Borussia Dortmund mengalami tiga kekalahan beruntun di Bundesliga 1. Sebelumnya, mereka kalah 1-3 dari Bayern Munich dan takluk 2-4 di kandang Hannover 96. Ini adalah hal langka bagi Die Schwarzgelben.

Kali terakhir hal itu terjadi pada musim 2014-15. Kala itu, mereka bahkan kalah lima kali beruntun di Bundesliga 1. Dari 29 September hingga 1 November 2014, mereka ditaklukkan FC Schalke 04, 1.FC Koeln, Hamburger SV, Hannover 96, dan Bayern Munich.

Kebobolan 14 Gol dalam 5 Laga
Roman Buerki kebobolan gol kedua dari Stuttgart.
weltfussball.de

Tambahan dua gol dari Chadrac Akolo dan Josip Brekalo membuat gawang Borussia Dortmund 14 kali jebol dalam lima laga terakhir di Bundesliga 1. Total 14 gol dicetak oleh 13 pemain. Satu-satunya pemain yang mencetak brace adalah Ihlas Bebou dari Hannover 96.

Catatan buruk itu sudah sangat lama tak dialami Dortmund. Kali terakhir hal itu terjadi pada awal musim 1991-92. Kala itu, gawang Wolfgang de Beer dibobol 14 kali oleh SC Karlsruhe, Werder Bremen, Hansa Rostock, Fortuna Duesseldorf, dan FC Schalke 04. Menariknya, saat itu pun hanya ada satu brace, yakni yang dibuat Michael Spies (Rostock) dari titik putih.

Akhir Keperkasaan Atas Stuttgart
Dortmund sebelumnya tak kalah dalam 13 laga lawan Stuttgart.
weltfussball.de

Kekalahan di Mercedes-Benz Arena mengakhiri keperkasaan Die Schwarzgelben atas Stuttgart. Sebelumnya, dalam 13 pertemuan beruntun di semua ajang, mereka tak tersentuh kekalahan. Rinciannya, Dortmund meraup 8 kemenangan dan 5 kali seri. Itu merupakan rekor tersendiri dalam pertemuan kedua klub.

Sebelum kali ini, Dortmund mengalami kekalahan dari Die Schwaben pada musim 2009-10, tepatnya pada 31 Januari 2010. Kala itu, mereka takluk 1-4 di kandang lawan. Bahkan, mereka bisa saja kebobolan lebih banyak andai eksekusi penalti Ciprian Marica tak menerpa mistar gawang.

Akhir Rekor Bagus Tanpa Aubameyang
Dalam tujuh laga sebelumnya, Dortmund tak kalah saat Aubameyang absen.
zimbio.com

Pierre-Emerick Aubameyang memang pemain andalan. Namun, sejak dia bergabung pada 2013-14, Die Schwarzgelben ternyata punya rekor bagus saat sang striker tak dimainkan atau absen. Bahkan, sebelum ini, khusus di Bundesliga 1, mereka tak terkalahkan dalam tujuh laga. Dari tujuh laga itu pun hanya satu yang berakhir imbang.

Dortmund untuk kali terakhir mengalami kekalahan tanpa Aubameyang pada 21 Desember 2013. Kala itu, putusan pelatih Juergen Klopp menyimpan sang striker berbuah kekalahan 1-2 dari Hertha Berlin. Menariknya, itu merupakan kali pertama mantan penggawa Saint-Etienne tersebut absen memperkuat Die Schwarzgelben di Bundesliga 1.

Kemenangan Kandang ke-500 Stuttgart
Stuttgart rayakan kemenangan kandang ke-500 di Bundesliga 1.
weltfussball.de

Ada makna khusus di balik kekalahan Dortmund dari Stuttgart. Pertama, itu memperpanjang rekor Stuttgart yang tak pernah kalah di kandang sendiri pada musim ini. Kedua, itu juga merupakan kemenangan kandang ke-500 yang dibukukan Stuttgart di Bundesliga 1.

Stuttgart termasuk klub yang tampil saat Bundesliga 1 digulirkan untuk kali pertama pada 1963-64. Mereka langsung merebut kemenangan pada laga kandang pertamanya dengan menekuk Hertha Berlin dua gol tanpa balas pada pekan ke-2. Mereka harus menunggu hingga laga kandang ke-871 untuk membukukan kemenangan ke-500.

Comments
Loading...