5 Fakta Kemenangan Liverpool di Piala Super Eropa

Football5star.com, Indonesia – Liverpool sukses meraih gelar Piala Super Eropa setelah mengalahkan juara Liga Europa Chelsea lewat babak adu penalti di Vodafone Park, Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019).

Pasukan Jurgen Klopp harus melewati babak adu penalti untuk bisa meraih titel juara setelah di waktu normal kedua tim bermain imbang 2-2. Liverpool sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol dari Oliver Giroud di babak pertama.

Sadio Mane jadi bintang The Reds di Istanbul. Dua golnya di babak kedua mampu membuat Liverpool sempat unggul sebelum disamakan lewat gol penalti dari Jorginho.

Gelar Piala Super Eropa ini jadi yang ke-4 bagi publik Anfield. The Reds terakhir menjadi juara Piala Super Eropa pada 2005 silam.

Selain fakta tersebut, terdapat 5 fakta lain kemenangan Liverpool di Piala Super Eropa. Berikut ulasannya:

19 gol Sadio Mane

Dua gol yang dicetak Sadio Mane pada laga Piala Super Eropa ke gawang Chelsea membuat pemain Pantai Gading itu telah mencetak 19 gol untuk Liverpool sepanjang 2019. Torehan gol ini menjadikanya striker produktif di bawah Sergio Aguero yang mencetak 20 gol untuk tim Inggris di semua ajang kompetisi.

Gol pertama Sane ke gawang Chelsea dicetaknya pada menit ke-48. Memanfaatkan umpan pendek dari Firmino, Sane mampu memperdaya Kepa. Gol kedua Mane lagi-lagi dicetaknya setelah bekerjasama dengan Firmino pada menit ke-83.

Pemain Afrika Kedua

Gol Sadio Mane juga menobatkannya sebagai pemain Afrika kedua yang mampu mencetak gol di Piala Super Eropa. Pemain Afrika pertama yang mencetak gol di Piala Super Eropa ialah striker Sevilla Frederic Kanoute pada 2006 saat bertemu Barcelona.

Sama dengan Mane, gol Kanoute juga berhasil membawa Sevilla berhasil meraih trofi Piala Super Eropa. Sevilla pada laga tersebut berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor telak 3-0.

Kemenangan ke-800

Kemenangan Liverpool lewat babak adu penalti di Piala Super Eropa juga membuat sang pelatih Jurgen Klopp torehkan kemenangan ke-800 sepanjang karier kepelatihannya. Secara presentase, Klopp memiliki tingkat kemenangan lebih tinggi bersama Liverpool.

Dikutip dari data optajoe, Klopp bersama Liverpool torehkan 57 persen kemenangan, sedangkan saat melatih Dortmund ia catatkan 56 persen kemenangan dan 40 persen kemenangan saat melatih Mainz 05.

Istanbul yang Indah

Bagi suporter Liverpool, Istanbul jadi kota yang paling penuh kenangan dan indah. Pasalnya di kota ini, Liverpool berhasil meraih gelar kompetisi Eropa.

Pertama tentu saja saat Liverpool meraih gelar Liga Champions ke-5 pada musim 2004/05. Melawan AC Milan di Stadion Ataturk Olympic, Liverpool meraih kemenangan dengan sangat dramatis.

Sama seperti saat menang atas Chelsea di Piala Super Eropa 2019 lewat babak adu penalti. Saat melawan Milan, Liverpool juga meraih gelar Liga Champions lewat babak adu penalti.

13 gelar Eropa

Gelar Piala Super Eropa 2019 menjadikan Liverpool telah mengumpulkan 13 gelar kompetisi Eropa sepanjang sejarah. Gelar Eropa yang pertama mereka raih ialah pada musim 1972-73 saat mengalahkan Borussia Mönchengladbach di final Piala Europa.

Sedangkan gelar Piala Super Eropa pertama yang diraih Liverpool terjadi pada 1977. Berstatus juara Liga Champions musim 1976-77, Liverpool meraih gelara Piala Super Eropa 1977 setelah mengalahkan Hamburger SV.

Comments
Loading...