5 Fakta Kemenangan Persija Jakarta Atas Borneo FC

Football5star.com, Indonesia – Persija Jakarta berhasil mengamankan kemenangan besar pada laga perdananya di Piala Presiden 2019. Tim racikan Ivan Kolev menggilas Borneo FC yang ditangani mantan staf kepelatihan AS Roma, Fabio Lopez. Tak tanggung-tanggun, Abdul Rahman dkk dibantai lima gol, tak berbalas.

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, sang juara bertahan tampil tanpa pemain terbaik mereka musim lalu, Marko Simic. Namun, absennya pemain asal Kroasia tersebut terbukti tak mengurangi ketajaman lini depan Macan Kemayoran.

Tiga hanya sukses mengamankan tiga angka di pertandingan perdana, sejumlah catatan penting juga ditorehkan Persija Jakarta. Berikut 5 Fakta Kemenangan Persija Jakarta atas Borneo FC di laga pembuka Piala Presiden 2019.

Lanjutkan Hegemoni Atas Borneo FC
Kemenangan yang terjadi di Maguwoharjo tidak hanya berarti start apik pada turnamen pramusim bergengsi tersebut. Tiga angka yang diraih Ramdani Lestaluhu dkk juga artinya menjaga martabat tim ibu kota atas Borneo FC.

Ryuji Utomo - Persija Jakarta - Borneo FC - Piala Presiden 2019
jaka/jo

Kedua tim sudah dua kali bertemu sepanjang gelaran Piala Presiden. Pertemuan pertama dua tim ini terjadi musim lalu, menariknya kala itu keduanya juga tergabung ke dalam grup yang sama yakni Grup D.

Ketika itu, Persija berhasil mengatasi permainan Borneo dengan kemenangan cukup meyakinkan 2-0. Artinya, Pesut Etam juga tak mampu menjebol gawang Andritany Ardhiyasa selama dua kesempatan beruntun.

Rekor Novri Setiawan di Laga Perdana
Novri Setiawan berhasil menyarangkan dua gol ke gawang Nadeo Argawinata. Catatan tersebut menjadikannya sebagai top skorer semantara Persija Jakarta di Piala Presiden 2019. Menariknya, ia adalah pemain Macan Kemayoran pertama yang mampu mengemas dua gol di pertandingan pertama.

Novri Setiawan - Persija Jakarta - Piala Presiden
jaka/jo

Marko Simic, yang notabene adalah top skorer Piala Presiden musim lalu, hanya mampu mengemas sebiji gol di laga perdana. Begitu pula dengan edisi 2017 ketika menang 1-0 atas PS TNI. Ketika itu, gol tim ibu kota dicetak oleh Rudi Widodo.

Sementara pertandingan pertama Persija di Piala Presiden 2015 lebih parah. Tidak ada pemain yang mencetak gol karena mereka dibantai 0-3 oleh Bali United Pusam.

Kemenangan Terbesar Persija di Piala Presiden
Skor lima gol tanpa balas sejauh ini tercatat sebagai kemenangan terbesar Persija Jakarta selama mengikuti gelaran Piala Presiden. Ini juga adalah kemenangan paling besar Macan Kemayoran pada pertandingan pertama.

Selama empat edisi Piala Presiden, tiga kemenangan serta satu kekalahan menjadi catatan Ismed Sofya dkk. Musim lalu, mereka sukses menggilas PSPS Riau dengan tiga gol tanpa balas. Saat itu gol dicetak oleh Marko Simic, Bambang Pamungkas, dan Ismed.

Persija Jakarta - Borneo FC - Piala Presiden 2019 -
jaka/jo

Pada edisi 2017, Persija mampu menang 1-0 atas PS TNI di laga perdana. Namun, hasil tersebut tak mampu membawa mereka lolos fase grup karena gagal menang di dua laga sisa. Sementara pada laga pertama edisi perdana Piala Presiden 2015 lalu, menjadi kekalahan terbesar sejauh ini ketika digilas 0-3 oleh Bali United Pusam.

Hat-trick Clean Sheets Pada Laga Perdana
Kemenangan 5-0 atas Borneo FC juga berarti membawa Persija Jakarta menyamai rekor Persib Bandung. Keduanya mampu mencatatakan clean sheets pada laga pembuka selama tiga musim beruntun.

Persija Jakarta - Borneo FC - Piala Presiden 2019 - Heri Sus
jakaalfarizy

Bedanya dengan Persib, Persija menorehkannya dalam tiga gelaran terakhir. Sementara Persib melakukannya pada tiga edisi awal. Peluang Persib untuk meneruskannya hingga musim ini terputus ketika kalah 1-2 dari Tira Persikabo musim ini.

Persija, mencatatkannya sejak Piala Presiden 2017 ketika menang 1-0 atas PS TNI. Ketika itu, gol tunggal tim ibu kota dicetak Rudi Widodo. Musim lalu, mereka sukses menang atas PSPS Riau dengan tiga gol tanpa balas.

Kemenangan Terbesar di Piala Presiden 2019
Gelaran Piala Presiden 2019 memang masih jauh dari kata selesai. Namun, setidaknya hingga kini kemenangan Persija Jakarta atas Borneo FC pada Selasa (5/3) sore merupakan yang terbesar pada gelaran tahun ini.

Persija Jakarta - Borneo FC - Piala Presiden 2019 - Heri Susanto
jakaalfarizy/jo

Sebelumnya, kemenangan dengan selisih gol terbesar adala ketika Bali United yang menggilan Mitra Kukar 3-0. Sementara satu tim yang mampu mencetak lebih banyak dari Bali United adalan Bhayangkara FC ketika menang 4-2 atas Semen Padang.

Sementara itu, ada eberapa pertandingan yang juga berakhir dengan skor 2-0. Seperti saat Madura United menekuk PSS Sleman, dan Persela Lamongan atas Persita Tangerang.

Comments
Loading...