5 Fakta Laga AC Milan vs Inter Milan pada Milenium Ketiga

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah grande partita akan tersaji pada pekan ke-23 Liga Italia, Minggu (21/2/2021). AC Milan dijadwalkan menjamu Inter Milan pada Derby della Madonnina edisi ke-239. Mengingat edisi terakhir yang diwarnai insiden Zlatan Ibrahimovic vs Romelu Lukaku, laga AC Milan vs Inter Milan kali ini ditengarai bakal kembali seru.

Terlepas dari hal itu, banyak fakta menarik yang mewarnai Derby della Madonnina. Untuk kesempatan kali ini, Football5Star.com khusus menyajikan 5 fakta menarik laga AC Milan vs Inter Milan pada milenium ketiga alias sejak 2000.

Inter Unggul Tipis di Derby della Madonnina

Inter Milan unggul tipis atas AC Milan dalam Derby della Madonnina sepanjang milenium ketiga (tuttomercatoweb.com)
tuttomercatoweb.com

Sepanjang milenium ketiga, Derby della Madonnina telah tersaji sebanyak 51 kali. Dari jumlah itu, Inter Milan ternyata unggul tipis atas AC Milan. I Nerazzurri tercatat mampu membukukan 21 kemenangan. Sisanya, mereka meraup 11 kali hasil imbang dan 19 kali kalah.

Dominasi Inter terlihat sejak 2012. Dalam 21 kesempatan menghadapi Milan, I Nerazzurri sanggup meraup 11 kemenangan, 6 kali imbang, dan hanya 4 kali kalah. Pada dekade sebelumnya, mereka cukup inferior. Bahkan, dari 23 November 2002 hingga 12 April 2005, mereka sempat gagal memenangi Derby della Madonnina dalam 10 kesempatan beruntun.

Kemenangan Terbesar Milik Milan

Pada milenium ketiga, kemenangan terbesar pada laga AC Milan vs Inter Milan jadi milik I Rossoneri. Rekor kemenangan itu dibukukan Milan pada giornata ke-30 Serie A 2000-01. Tak tanggung-tanggung, mereka menang 6-0 atas Inter Milan saat berstatus tim tamu. Kemenangan itu hanya kalah besar dari skor 8-1 yang dibukukan pada 3 Maret 1918.

Pada Derby della Madonnina edisi ke-192 itu, Gianni Comandini secara mengejutkan membuat dua gol pertama Milan. Berikutnya, Andriy Shevchenko mencetak brace, sementara Federico Giunti dan Serginho sama-sama menyumbangkan satu gol.

Ancelotti Tersering dan Tersukses

Carlo Ancelotti dan Roberto Mancini jadi dua pelatih dengan penampilan terbanyak di laga AC Milan vs Inter Milan pada milenium ketiga
Getty Images

Sejak 2000, tercatat ada 25 pelatih yang terlibat dalam laga AC Milan vs Inter Milan. Di antara mereka, Carlo Ancelotti adalah yang paling sering tampil. Dia tercatat mendampingi Milan dalam 19 pertandingan melawan Inter. Di belakangnya ada Roberto Mancini dengan 14 laga bersama Inter.

Ancelotti juga jadi pelatih dengan jumlah kemenangan terbanyak. Dari 19 edisi Derby della Madonnina, dia mampu memenangi 10 di antaranya atau mencapai 52,63%. Adapun dari 9 laga sisa, dia hanya mengalami 6 kekalahan.

Tuan Rumah Lebih Sering Menang

Tuan rumah Derbi Milan lebih sering menang sepanjang milenium ketiga ini.

Dalam laga Derby della Madonnina, status tuan rumah lumayan berpengaruh. Sejak 2000, 23 dari 51 laga mampu dimenangi tim dengan status tersebut. Artinya, kans tuan rumah menang mencapai 45,10%. Sisanya, 17 kali tim tamu menang dan 11 laga berakhir imbang.

AC Milan tercatat membukukan 11 kemenangan dalam 26 kesempatan menjamu Inter Milan. Sisanya, 6 kali seri, dan 9 kali kalah. Sebaliknya, I Nerazzurri mampu membukukan 12 kemenangan dari 25 kali menjamu I Rossoneri dan hanya 8 kali kalah.

AC Milan vs Inter Milan Didominasi Skor Ketat

Skor 1-0 seperti pada musim 2018-19 cukup sering terjadi pada laga AC Milan vs Inter Milan.
tuttomercatoweb.com

Derby della Madonnina sepanjang milenium ketiga selalu menjanjikan pertarungan ketat. Selain 11 kali berakhir imbang, ada 28 edisi yang berakhir dengan selisih 1 gol saja. Dari 28 edisi itu, 14 di antaranya berakhir dengan skor 1-0.

Selain 1-0, skor lain yang sering terjadi pada laga AC Milan vs Inter Milan adalah 2-1. Tercatat ada 8 laga yang berakhir dengan skor itu. Berikutnya, 5 kali laga Derbi Milan berakhir 3-2. Lalu, skor 0-0 dan 1-1 sama-sama muncul dalam 4 kesempatan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More