5 Fakta Liverpool, Sang Juara Liga Inggris 2019-2020

Football5star.com, Indonesia – Kompetisi Liga Inggris musim 2019-2020 resmi berakhir pada Minggu (26/7/2020). Semua laga pekan ke-38 dilangsungkan secara serentak, termasuk Liverpool.

Pada laga pamungkas Liverpool sukses mengalahkan tuan rumah Newcastle United 3-1. Hasil ini sekaligus membuat mereka mengoleksi 99 poin dalam 38 pertandingan.

Tentu saja kemenangan di St James Park tidak berpengaruh apa-apa lagi. Pasalnya mereka sudah memastikan gelar juara sejak pekan ke-31.

Tak pelak, keberhasilan ini memunculkan banyak fakta menarik. Football5star telah merangkum lima di antaranya:

  • Hanya Habiskan 8 Juta Pounds untuk Juara
@LFCphoto

Banyak yang percaya jika trofi juara akan datang seiring belanja besar sebuah klub. Tapi anggapan itu tidak berlaku untuk Liverpool musim ini. Ya, mereka tidak merogoh kocek terlalu dalam untuk mengunci gelar Liga Inggris ke-19.

Musim ini The Reds masih bermaterikan pemain-pemain dari musim lalu. Bintang-bintang seperti Alisson becker, Virgil van Dijk, Mohamed Salah, masih diandalkan Juergen Klopp.

Sang pelatih hanya menambah satu pemain baru saja. Yakni Takumi Minamino yang didatangkan dari RB Salzburg senilai 8 juta pounds. Transfer ini pun terjadi pada bursa transfer musim dingin.

  • Samai Rekor Kemenangan Manchester City

Dalam tiga musim terakhir Liverpool dan Manchester City bersaing sengit. Setelah dua musim lalu mereka kalah dari City, musim ini Mohamed Salah dkk bisa mengalahkan pesaingnya itu.

Tidak hanya merebut gelar Liga Inggris, klub asal Merseyside musim ini juga mampu menyamai rekor kemenangan anak asuh Pep Guardiola. Ya, kemenangan atas Newcastle United merupakan kemenangan ke-32 Liverpool sepanjang musim ini.

Ini sekaligus menyamai catatan serupa yang dibuat The Cityzens dalam dua musim terakhir. Menariknya, kedua klub sama-sama menyudahi kompetisi sebagai juara.

  • Juara Tercepat Dalam Sejarah
@LFCphoto

Seperti yang disinggung di atas, The Reds sudah memastikan gelar sejak pekan ke-31. Artinya, mereka juara ketika kompetisi masih menyisakan tujuh pertandingan lagi.

Keberhasilan ini membuat klub asuhan Juergen Klopp menorehkan tinta emas. Mereka adalah juara tercepat sepanjang sejarah Liga Inggris.

Liverpool mengungguli tiga klub lainnya seperti Manchester United, Manchester City, dan Everton. Sebagai informasi, ketiga klub tersebut pernah memastikan gelar ketika kompetisi menyisakan lima pertandingan.

  • Harvey Elliot Juara Termuda Dalam Sejarah
Getty Images

Catatan apik dibukukan wonderkid Liverpool, Harvey Elliott. Ia adalah pemain termuda dalam sejarah yang memenangkan Premier League. Saat ini Elliott baru berusia 17 tahun 109 hari.

Menariknya, kendati sudah didatangkan sejak awal musim ini, pemain jebolan akademi Fulham baru menandatangani kontrak profesional bersama The Reds awal Juni lalu. Ia pun baru dimainkan pada dua laga Premier League melawan Sheffield United dan Crystal Palace.

  • Virgil van Dijk Tak Pernah Absen

Liverpool bukan cuma ada Mohamed Salah atau Sadio Mane saja. Mereka masih memiliki Virgil van Dijk yang menjadi sosok sentral di jantung pertahanan. Berkat kerja kerasnya pula klub kota pelabuhan tampil konsisten.

Bisa dibilang, Juergen Klopp sangat bergantung pada kapten timnas Belanda. Terbukti, ia jadi satu-satunya pemain yang selalu dimainkan dalam 38 pertandingan.

Dalam 38 pertandingan itu pun dia tidak pernah ditarik keluar oleh pelatih. Catatan ini sekaligus membuat Van Dijk menyamai torehan pemain lain seperti Cesar Azpilicueta (2016-2017), Wes Morgan (2015-2016), John Terry (2014-2015), dan Gary Pallister (1992-1993).

Juara Premier LeagueLiverpoolVirgil van Dijk