5 Fakta Menarik Community Shield 2018

Football5star.com, Indonesia – Manchester City berhasil keluar sebagai pemenang Community Shield 2018 setelah menjungkalkan Chelsea dengan skor 2-0. Di balik kemenangan tersebut, setidaknya terdapat lima fakta menarik yang mengirigi laga yang berlangsung di Stadion Wembley tersebut.

Anak asuh Pep Guardiola masih terlalu tangguh untuk klub asal London tersebut. Dua gol yang dicetak Sergio Aguero pada masing-masing babak membuat mereka bisa menatap Premier League musim 2018-2019 dengan kepala tegak.

Selain itu, hasil ini juga menyisakan fakta-fakta menarik yang telah dirangkum oleh Football5star.com. Berikut diantaranya:

  1. Gol ke-200 Aguero untuk City
@BBCSport

Klub asal Manchester harus berterima kasih kepada striker andalan mereka, Sergio Aguero. Selain mempersembahkan kemenangan, brace nya sukses menjadikannya sebagai top skorer klub sepanjang masa.

Bahkan gol pertama yang dicetak tercatat sebagai torehan ke-200 untuk The Citizen. Ia kini menjadi satu-satunya pemain City yang mampu mengemas 200 gol. Adapun gol keduanya semakin menasbihkan dirinya sebagai legenda klub dengan 201 gol.

  1. Aguero yang Produktif Hadapi Chelsea
@aguerosergiokun

Bukan hanya satu catatan manis yang dibuat Aguero pada laga ini. Selain menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub, dua golnya ke gawang Chelsea juga membuatnya kini sudah 12 kali membobola jala The Blues.

Ini menjadikan klub yang bermarkas di Stadion Stamford Bridge itu sebagai tim yang paling sering dia bobol setelah Newcastle United. Ya, Chelsea hanya terpaut dua gol dari The Magpies sebagai tim yang paling sering dibobol penyerang 30 tahun itu.

  1. Catatan Minor City Setelah Juara Community Shield
Chelsea vs Manchester City
@premierleague

Keberhasilan City merengkuh gelar Community Shield kelima sepanjang sejarah sepertinya akan membuat fans dilema. Pasalnya, mereka selalu gagal berprestasi di musim selanjutnya ketika menjuarai ajang yang dulu bernama Charity Shield tersebut.

Walau begitu, capaian mereka selalu mengalami peningkatan. Pada era 1937-1938, City harus menempati peringkat 21 Liga Inggris. Di tahun 1968-1969, mereka berada di urutan 13. Sedangkan tiga tahun berselang, posisi Sky Blues naik ke peringkat 11. Peningkatan pesat terjadi pada 2012-2013 ketika mereka menjadi runner up liga.

  1. City Samai Rekor United
@OptaJoe

Anak asuh Pep Guardiola berhasil menyamai rekor yang dibuat Manchester United pada 2013 lalu. Ketika itu, klub yang masih dibesut Sir Alex Ferguson menjadi tim pemenang Premier League yang menjuarai Community Shield setelah mengalahkan Wigan Athletic.

Praktis setelah itu juara Community Shield berasal dari tim yang memenangi FA Cup, seperti Arsenal selama dua musim beruntun (2014 dan 2015), United (2016), dan Arsenal lagi pada 2017.

  1. Rekor Pemain Termuda Kedua Phil Foden
@PremLeaguePanel

Selain Sergio Aguero, Phil Foden juga mencatatkan sejarah manis. Ia menjadi pemain termuda kedua yang mencicipi gelar Community Shield sebagai starter. Foden baru menginjak usia 18 tahun ketika dimainkan Pep Guardiola sejak menit pertama.

Ia hanya kalah dari mantan pemain Arsenal, yang menjadi lawannya pada laga kali ini, Cesc Fabregas, yang menjadi pemenang Community Shield termuda 2004 lalu. Ketika itu ia meraihnya saat masih berusia 17 tahun tiga bulan.