5 Fakta Menarik dari Laga Barcelona vs Bayern Munich

Football5Star.com, Indonesia – Big match Barcelona vs Bayern Munich pada perempat final Liga Champions, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB, berlangsung seru. Banyak gol tercipta. Die Roten secara mengejutkan menang sangat telak, 8-2. Pada babak pertama saja, Thomas Mueller dkk. sudah unggul 4-1 atas Lionel Messi cs.

Selain banyak gol, banyak pula catatan menarik dari laga yang berlangsung di Stadion Da Luz itu. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik yang menghiasi laga Barcelona vs Bayern Munich tersebut.

Kekalahan Terbesar Barcelona di Liga Champions

Kekalahan 2-8 dari Bayern Munich jadi kekalahan terbesar Barcelona pada ajang Liga Champions.
Twitter @2010MisterChip

Sudah dapat diduga, kekalahan 2-8 dari Bayern Munich adalah rekor kelam dalam sejarah Barcelona. Ini merupakan kekalahan terbesar El Barca pada ajang ini. Bahkan, ini juga kekalahan terbesar mereka pada ajang antarklub Eropa.

Sebelumnya, mereka tidak pernah kebobolan 8 gol dalam satu laga Liga Champions. Bahkan, pada semua ajang, ini adalah kali pertama mereka kebobolan sebanyak itu dalam 74 tahun. El Barca kebobolan 8 gol untuk kali terakhir saat kalah 0-8 dari Sevilla pada 1946 di ajang Copa del Rey.

Mueller Lewati Lahm dan Shevchenko

Turun dalam laga Barcelona vs Bayern Munich, Thomas Mueller membuat dua catatan emas sekaligus. Pertama, dia menjadi pemain Jerman dengan penampilan terbanyak pada era Liga Champions. Dia melewati catatan 112 penampilan milik eks kapten Die Roten, Philipp Lahm.

Catatan kedua terkait brace yang dibuat di gawang Marc-Andre ter Stegen. Tambahan dua gol membuat dia mengoleksi 6 gol saat melawan Barcelona pada ajang Liga Champions. Dia kini jadi pemain yang paling sering menjebol gawang Barcelona pada pentas Liga Champions, melewati striker legendaris AC Milan, Andriy Shevchenko (5 gol).

Luis Suarez Lewati Laszlo Kubala

Luis Suarez mencetak satu gol dalam laga Barcelona vs Bayern Munich pada perempat final Liga Champions. Meskipun tak berarti bagi timnya, gol itu punya makna besar bagi striker asal Uruguay tersebut.

Gol di gawang Manuel Neuer membuat Suarez melewati koleksi 194 gol milik Laszlo Kubala bersama Barcelona. Dengan 195 gol, Suarez kini naik ke posisi ketiga pada daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa El Barca. Dia hanya kalah dari Cesar dan Lionel Messi.

Bayern Pecahkan Rekor Gol Semusim

Kemenangan 8-2 atas Barcelona membuat Bayern Munich memecahkan rekor gol dalam semusim.
standard.co.uk

Berkat 8 gol yang dicetak pada laga Barcelona vs Bayern Munich, Robert Lewandowski cs. mengoleksi 155 gol sepanjang musim 2019-20. Rinciannya, 100 gol di Bundesliga, 39 gol di Liga Champions, dan 16 gol di DFB Pokal.

Ini merupakan rekor baru dalam sejarah klub asal Bavaria tersebut. Thomas Mueller cs. Memecahkan rekor 152 gol yang dibuat pada musim 1972-73. Kala itu, Die Roten dihuni generasi emas. Di antaranya adalah Franz Beckenbauer, Gerd Mueller, Sepp Maier, Uli Hoeness, dan Paul Breitner.

3 Pelatih Jerman di Semifinal

Kesuksesan membawa timnya menang pada laga Barcelona vs Bayern Munich punya arti tersendiri bagi Hansi Flick. Dia memastikan ada tiga pelatih Jerman pada semifinal Liga Champions musim ini. Sebelumnya, Thomas Tuchel dan Julian nagelsmann telah membawa klub masing-masing lolos ke 4-besar.

Ini merupakan catatan sejarah istimewa. Jerman jadi negara pertama yang menempatkan tiga pelatih pada semifinal Liga Champions. Sebelumnya, sejak ajang ini bernama Piala Champions pun, tak ada negara yang mampu melakukan hal tersebut.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More