5 Fakta Menarik dari Laga Tottenham vs Ajax

Football5star.com, Indonesia – Partai sengit di leg pertama semifinal antara Tottenham vs Ajax baru saja usai digelar di Stadion Tottenham Hotspur, London Utara. Pada partai tersebut, Ajax berhasil memastikan kemenangan lewat gol tunggal Donny van de Beek di menit ke-15.

Kemenangan ini membuat Ajax memiliki peluang yang cukup besar untuk melaju ke partai puncak Liga Champions musim ini. Selain itu, ada beberapa catatan menarik yang terjadi di partai Tottenham vs Ajax. Berikut football5star.com sudah merangkum 5 fakta menarik dari partai sengit antara Tottenham vs Ajax dinihari tadi.

1. TAMPIL GANAS DI MARKAS LAWAN
5 fakta menarik dari partai Tottenham vs Ajax - away - uefa. com
uefa.com

Awalnya, tak ada yang menduga kalau Ajax bisa tampil mengesankan di ajang Liga Champions musim ini. Selain memiliki pemain-pemain muda berbakat, gaya bermain Ajax baik kandang maupun tandang juga mengundang cukup banyak decak kagum.

Dari lima laga tandang yang sudah mereka jalani di ajang Liga Champions musim ini, pasukan Erik ten Hag tak sekalipun menelan kekalahan. Hebatnya lagi, mereka selalu berhasil meraih kemenangan di markas Real Madrid, Juventus dan kini Tottenham.

2. LINI DEPAN YANG MENAKUTKAN
5 fakta menarik dari partai Tottenham vs Ajax - away - uefa. com
uefa,com

Gaya bermain ala Total Football milik Ajax membuat mereka menjadi salah satu tim dengan lini depan terproduktif di Eropa musim ini. Bagaimana tidak. Pasukan Erik ten Hag sudah berhasil mencetak 161 gol di semua kompetisi musim ini.

Catatan tersebut membuat mereka menjadi tim Belanda dengan catatan gol terbanyak dalam semusim sepanjang sejarah sepak bola Negeri Kincir Angin. Di ajang Eredivisie sendiri, mereka sudah berhasil mencetak 111 gol dari 32 pertandingan. 

3. CLEAN SHEET KEDUA DI KANDANG LAWAN
5 fakta menarik dari partai Tottenham vs Ajax - defence - uefa. com
uefa.com

Selain memiliki lini depan yang cukup impresif, De Godenzoden juga memiliki pemain bertahan yang tak kalah bagusnya. Sebut saja nama-nama seperti Matthijs de Ligt, Daley Blind, hingga Andre Onana.

Hal itu dibuktikan dengan catatan yang cukup baik dari enam laga tandang di ajang Liga Champions musim ini. Gawang Andre Onana hanya berhasil dijebol empat kali. Kemenangan di Stadion Tottenham Hotspur merupakan clean sheet kedua yang mereka dapatkan di markas lawan di ajang Liga Champions musim ini.

4. HAKIM ZIYECH JADI KUNCI
5 fakta menarik dari partai Tottenham vs Ajax - hakim ziyech - uefa. com
uefa.com

Gol tunggal dari Donny van de Beek lahir berkat kecermatan Hakim Ziyech yang melihat adanya ruang kosong di lini belakang Tottenham. Satu assist itu membuatnya berhasil mengoleksi 21 assist dari 45 penampilannya musim ini.

Selain tampil ganas ketika menyerang, Hakim Ziyech juga menjadi salah satu kunci utama ketika sedang bertahan. Pada partai melawan Tottenham, penggawa timnas Maroko itu berhasil mencatatkan enam tekel sukses. Angka tersebut merupakan yang terbanyak dari seluruh pemain Ajax yang berada di atas lapangan.

5. CEDERA KEPALA JAN VERTONGHEN
Tottenham Hotspur v Ajax - UEFA Champions League Semi Final: First Leg
uefa.com

Dalam beberapa musim terakhir, Jan Vertonghen merupakan salah satu pemain terbaik yang dimiliki oleh Tottenham. Pada partai melawan Ajax ia juga sebenarnya mampu menunjukkan penampilan yang baik selama 39 menit.

Namun, pemain asal Belgia itu harus mengakhiri pertandingan lebih cepat setelah menderita cedera kepala. Cedera itu ia alami ketika berbenturan dengan Andre Onana dan Toby Alderweireld di dalam kotak penalti Ajax. 

Setelah sempat mendapatkan perawatan, Jan Vertonghen kembali ke atas lapangan. Namun, beberapa detik berselang, ia memutuskan untuk menyudahi pertandingan karena cedera kepala yang dialami. Ketika keluar lapangan, Jan Vertonghen terlihat tak bisa berjalan dengan baik dan harus dipapah oleh anggota tim medis Tottenham.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More