5 Fakta Menarik Jose Antonio Reyes

Football5star.com, Indonesia – Pada Sabtu (1/6) lalu, Jose Antonio Reyes dinyatakan tewas dalam sebuah kecelakaan lalu lintas di Utrera, Spanyol. Ia dinyatakan tewas di tempat pada umur 35 tahun.

Meskipun sinarnya sudah mulai meredup, Reyes tetaplah menyandang status sebagai salah satu pesepak bola terbaik di dekade 2000an. Hal ini dibuktikan dengan koleksi trofinya yang cukup banyak.

Selain kerap kali memenangkan trofi bergengsi, masih ada beberapa hal unik mengenai Jose Antonio Reyes yang tak banyak diketahui publik dunia. Berikut football5star.com sudah merangkum 5 fakta menarik dari Jose Antonio Reyes:

1. MENJADI BAGIAN DARI THE INVINCIBLES
Sky Sports

The Invincibles merupakan julukan dari skuat Arsenal yang berhasil meraih gelar Premier League pada musim 2003-04. Ketika itu, mereka berhasil menjadi juara tanpa sekalipun menelan kekalahan di ajang Premier League.

Jose Antonio Reyes yang ketika itu masih berusia 21 tahun berhasil menembus tim utama Arsenal. Sepanjang musim 2003-04, ia mampu mengumpulkan dua gol dari 13 penampilan di ajang Premier League. Catatan itu membuatnya berhak mendapatkan medali jawara Premier League musim 2003-04.

2. HOBI JUARA LIGA EUROPA
Diario AS

Jose Antonio Reyes memiliki andil yang cukup besar di balik dominasi tim asal Spanyol di kompetisi Liga Europa dalam satu dekade terakhir. Dari enam gelar Liga Europa yang dikoleksi oleh tim Spanyol dalam satu dekade terakhir, Reyes berhasil meraih lima diantaranya.

Ia pertama kali meraih gelar Liga Europa pada musim 2009-10 bersama Atletico Madrid. Dua musim berselang, ia kembali berhasil membawa Los Rojiblancos meraih gelar Eropa.

Lalu, ia menjadi bagian dari tim Sevilla yang berhasil meraih hat-trick Liga Europa pada musim 2013-14, 2014-15, dan 2015-16. Catatan ini membuatnya menjadi pemain tersering yang meraih gelar Liga Europa.

3. JUARA LIGA DI TIGA NEGARA BERBEDA
5 Fakta Menarik Jose Antonio Reyes - juara liga - trendsmap
Trendsmap

Selain gemar mengoleksi gelar Liga Europa, Jose Antonio Reyes ternyata juga memiliki koleksi tiga gelar juara liga dari tiga negara berbeda. Gelar liga pertamanya datang bersama Arsenal pada musim 2003-04. Setelah itu, ia berhasil membawa Real Madrid meraih gelar LaLiga pada musim 2006-07.

Gelar liga terakhirnya diraih ketika ia bermain untuk Benfica pada tahun 2008-09. Ketika itu, ia bermain di Benfica dengan status pinjaman dari Atletico Madrid selama satu musim.

4. KARIER SINGKAT DI TIMNAS SPANYOL
5 Fakta Menarik Jose Antonio Reyes - Timnas Spanyol
Mundo Deportivo

Kegemilangan Jose Antonio Reyes bersama Sevilla pada musim 2002-03 berhasil menarik perhatian dari pelatih timnas Spanyol ketika itu, Inaki Saez. Pada tanggal 9 Juni 2003, Jose Antonio Reyes berhasil mendapatkan cap pertamanya untuk La Furia Roja.

Ia tampil selama 45 menit dalam partai persahabatan melawan Portugal. Dalam tiga tahun ke depan, Reyes menjadi bagian tetap dari skuat timnas Spanyol. Namun, ia tak lagi menjadi bagian dari skuat La Furia Roja pada umur 23 tahun. Total, ia mampu mencetak empat gol dari 22 caps bersama timnas Spanyol.

5. SEPULUH KARTU MERAH
5 Fakta Menarik Jose Antonio Reyes - Kartu Merah - scmp
South China Morning Post

Meskipun berposisi sebagai sayap kanan, Jose Antonio Reyes kerap kali melakukan pelanggaran-pelanggaran yang cukup berbahaya kepada pemain lawan. Sepanjang kariernya, ia berhasil memperoleh 99 kartu kuning dan 10 kartu merah dari 641 pertandingan di level klub.

Catatan tersebut memang lebih cocok untuk seorang bek atau gelandang bertahan. Tapi, gaya bermain agresif dari Reyes lah yang menjadi nilai tambah baginya. Pasalnya, ia juga bisa diandalkan ketika bertahan maupun menyerang. 

Comments
Loading...