5 Fakta Menarik Kemenangan Jepang Atas Kolombia

Football5star.com, Indonesia – Jepang di luar dugaan mampu mengalahkan Kolombia dengan skor 2-1. Tak ayal, kemenangan ini menyisakan beberapa fakta menarik dari laga yang berlangsung di Mordovia Arena tersebut.

Gol-gol kemenangan Samurai Biru dicetak oleh bintang Borussia Dortmund, Shinji Kagawa, melalui titik putih di menit kelima. Kendati sempat disamai oleh Juan Quintero, anak asuh Akira Nishino sukses mengakhiri perlawanan 10 pemain Kolombia lewat sundulan Yuya Osako.

Dari sekian banyak momen-momen seru selama 90 menit pertandingan, tim Football5star.com sudah merangkum lima fakta menarik yang patut anda ketahui:

  1. Kemenangan Pertama Atas Tim Amerika Latin
football5star
zimbio.com

Bisa dikatakan kemenangan Jepang atas Kolombia ini bukan hanya menjadi kebanggaan publik negara Asia Timur itu saja. Tapi juga masyarakat benua Asia secara keseluruhan. Pasalnya, ini menjadi tiga angka pertama tim asal Benua Kuning terhadap tim Amerika Selatan.

Sebelumnya, negara-negara Asia selalu gagal meraih poin penuh ketika menghadapi tim Amerika Latin. Dari total 17 pertemuan, mereka hanya mampu meraih tiga kali imbang. Sementara sisanya berujung dengan kekalahan.

 

  1. Rekor Keisuke Honda
football5star
zimbio.com

Bintang senior Jepang, Keisuke Honda, memang tidak mencetak gol pada laga melawan Kolombia. Tapi, satu assistnya sudah cukup membuat namanya masuk dalam buku sejarah sepak bola Asia sebagai satu-satunya pemain yang mampu mengemas assist di tiga gelaran Piala Dunia berbeda.

Umpan berbuah gol Honda itu terjadi pada babak kedua. Tendangan sudutnya berhasil disambut oleh Yuya Osako dengan sundulan. Lebih indah lagi, gol tersebut memastikan tiga angka pertama Jepang di Piala Dunia kali ini.

  1. Eiji Kawashima Jadi Pemain Tertua Jepang
football5star
zimbio.com

Diturunkannya Eiji Kawashima sebagai penjaga gawang juga menyisakan rekor tersendiri untuk dirinya. Kiper berusia 35 tahun itu menjadi pemain tertua jepang yang diturunkan sebagai starter pada gelaran Piala Dunia.

Saat dimainkan pelatih Akira Nishino, pemain yang pernah merumput di La Liga itu berusia 35 tahun 91 hari. Kendati sudah memasuki usia senja, ia mampu menunjukkan performa gemilang dengan menggagalkan beberapa peluang emas yang didapat Radamel Falcao dkk.

 

 

  1. Kekalahan Pertama Kolombia
football5star
zimbio.com

Selain harus menahan malu karena ditaklukkan Jepang, kekalahan 1-2 ini sekaligus mematahkan rekor menterang Kolombia saat bertemu Samurai Biru. Hasil di Mordovia Arena ini menjadi kekalahan pertama

mereka sepanjang sejarah pertemuan kedua tim.

Sejauh ini, Kolombia sudah empat kali berhadapan dengan Jepang. Tapi tiga laga sebelumnya selalu memihak pada negara beribu kotakan Bogota tersebut. Mereka berhasil mencatatkan dua kemenangan serta hanya sekali bermain imbang.

  1. Empat tim Asal Amerika Latin Gagal Menang
football5star
zimbio.com

Kekalahan Kolombia kali ini semakin menambah catatan minor tim-tim dari Amerika Selatan. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Piala Dunia, empat tim yang berasal dari zona Conmebol gagal meraih kemenangan.

Tercatat hanya Uruguay yang mengunci tiga angka saat mengalahkan Mesir. Sedangkan tim lain seperti Brasil dan Argentina hanya bermain imbang melawan tim non unggulan seperti Swiss dan Islandia. Sementara Peru harus mengakui keunggulan Denmark 0-1.

 

Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

 

Comments
Loading...