5 Fakta Menarik Kemenangan Swedia Atas Korea

Football5Star.com, Indonesia – Swedia berhasil meraih kemenangan di laga pertama Grup F Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Korea Selatan 1-0. Tiga angka ini memiliki banyak makna bagi Sebastian Larsson dkk karena menyisakan beberapa fakta menarik.

Anak asuh Janne Andersson baru berhasil mencetak gol melalui eksekusi penalti pemain kawakannya, Andreas Granqvist. Kendati terus mengurung pertahanan Korea, Swedia gagal menambah keunggulan.

Di balik kemenangan tersebut, laga Swedia melawan Korea ini menyisakan banyak cerita. Setidaknya ada lima fakta menarik mengiringi laga yang berlangsung di Nizhny Novgorod tersebut.

  1. Kemenangan pertama Swedia
zimbio.com

Kendati kerap hilir-mudik di Piala Dunia, kiprah negara Skandinavia ini tidak begitu membanggakan. Tak jarang pula laju mereka hanya berakhir di fase grup saja. Tapi Rusia 2018 tampaknya menjadi ajang yang lebih baik untuk Swedia.

Kemenangan yang diraih atas Korea menjadi kemenangan pertama Swedia di pertandingan pembuka Piala Dunia sejak 1958 silam. Ketika itu mereka mengandaskan perlawanan Meksiko dengan skor 3-0. Setelah itu, Swedia lebih sering bermain imbang atau bahkan menelan kekalahan.

  1. Swedia Tak Terkalahkan di Laga Pembuka
football5star
@Squawka

Selain meraih kemenangan pertama sejak 1958, tiga angka yang diraih Swedia ini sekaligus memperpanjang tradisi tak terkalahkan mereka di empat pertandingan pembuka Piala Dunia. Tapi mereka selalu meraih hasil imbang di partai perdana.

Negara, yang sempat absen di dua edisi Piala Dunia sebelumnya, secara mengejutkan ditahan imbang Trinidad Tobago 0-0 2006 lalu. Sedangkan tahun 2002 di Korea dan Jepang, mereka berbagi angka 1-1 dengan Inggris. Adapun di Piala Dunia 1994 Roland Nilsson dkk ditahan Kamerun 2-2.

  1. Penalti Pertama Swedia Sejak 2002
zimbio.com

Andreas Granqvist mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan penalti pada babak kedua. Eksekusinya itu menjadi gol penalti pertama yang diraih Swedia di Piala Dunia sejak terakhir kali terjadi pada 2002 lalu melalui striker legendaris mereka, Henrikh Larsson.

Hal ini mungkin sangat lumrah terjadi karena setelah 2002, praktis negara tetangga Denmark itu hanya berpartisipasi di Piala Dunia 2006. Sementara di gelaran 2010 dan 2014 mereka gagal lolos ke putaran final.

  1. Kekalahan Pertama Korea Selatan di Piala Dunia
zimbio.com

Korea Selatan menjadi salah satu macan Asia yang menjadi langganan di Piala Dunia. Performa mereka pun sejatinya tidak begitu mengecewakan ketika menjalani laga pembuka. Namun, kekalahan 0-1 dari Swedia menjadi luka baru bagi Son Heung Min dkk.

Ini adalah kekalahan perdana mereka di laga pembuka Piala Dunia sejak terakhir kali merasakannya di Prancis 1998 silam. Ketika itu mereka harus mengakui keunggulan tim kuda hitam, Meksiko, dengan skor 1-3.

  1. Korea Selatan Tak Pernah Menang
zimbio.com

Tidak hanya kekalahan pertama di laga pembuka yang diderita Korea. Hasil di Nizhny Novgorod malam tadi juga memperpanjang rekor buruk mereka yang tak pernah menang di tujuh pertandingan terakhir Piala Dunia.

Dari ketujuh partai itu, lima laga di antaranya bahkan berakhir dengan kekalahan. Kemenangan terakhir Tim Taeguk di ajang empat tahunan ini terjadi di Piala Dunia 2010 ketika mengalahkan Yunani 2-0 di fase grup.

 

 

Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Comments
Loading...