5 Fakta Menarik Kiprah Liverpool pada Piala Super Eropa

Football5Star.com, Indonesia – Piala Super Eropa 2019 sudah di depan mata. Liverpool selaku juara Liga Champions akan bertarung dengan Chelsea yang menjuarai Liga Europa pada Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Liverpool datang dengan nostalgia karena laga akan berlangsung di Istanbul, tempat mereka menjuarai Liga Champions 2004-05.

Liverpool sudah terbilang sering melakoni Piala Super Eropa. Dari sederet laga yang telah dilakoni pada ajang ini, Football5Star.com berikut ini menyajikan 5 fakta menarik yang berkaitan dengan klub asal Merseyside tersebut.

1. Partisipasi Keenam

Liverpool akan menjalani laga keenam pada ajang Piala Super Eropa.
90min.com

Piala Super Eropa 2019 adalah edisi keenam yang melibatkan Liverpool. Sebelumnya, klub berjuluk The Reds tersebut melakoninya pada 1977, 1978, 1984, 2001, dan 2005. Dalam lima kesempatan itu, mereka mampu tiga kali pulang sebagai juara.

Liverpool tampil sebagai juara pada 1977, 2001, dan 2005. Pada 1977, The Reds menang agregat 7-1 atas Hamburger SV. Pada 2001, mereka kembali menang atas klub Jerman. Kali ini, Bayern Munich dihajar 3-2. Adapun pada 2005, kemenangan dibukukan atas CSKA Moskva dengan skor 3-1 lewat perpanjangan waktu.

2. Sekali Tak Mencetak Gol

The Reds kalah dari Juventus dan tak mencetak gol pada Piala Super Eropa 1984.
lfcineurope.com

Dalam lima kesempatan terdahulu, Liverpool hampir selalu mencetak gol. Pada 1977, mereka malah menjejalkan tujuh gol dalam dua pertandingan. Anomali hanya terjadi pada Piala Super Eropa 1984. The Reds kala itu takluk 0-2 di kaki Juventus.

Liverpool dan Juventus sejatinya harus menjalani dua laga. Namun, karena menghadapi jadwal padat, kedua klub sepakat hanya menjalani satu pertandingan di Stadion Comunale, Turin. Waktunya pun sudah lewat dari 1984, yakni pada 16 Januari 1985. Pada laga itu, La Vecchia Signora menang berkat brace ‘dua gol’ yang dibuat Zbigniew Boniek.

3. Sekali Clean Sheet

Liverpool vs Hamburg pada 1977.
onze.fr

Dari lima partisipasi terdahulu, Liverpool tercatat melakoni tujuh pertandingan. Dari tujuh laga tersebut, hanya sekali The Reds berhasil menyudahinya tanpa kebobolan. Pada enam laga lainnya, mereka setidaknya kebobolan satu gol.

Satu-satunya clean sheet dibukukan Liverpool pada leg II Piala Super Eropa 1977. Menjamu Hamburger SV di Anfield, mereka menang 6-0 berkat hat-trick Terry McDermott dan masing-masing satu gol dari Phil Thompson, David Fairclough, dan Kenny Dalglish. Mereka pun unggul agregat 7-1.

4. Sekali Bukan Sebagai Juara Liga Champions

The Reds juara Piala Super Eropa 2001 dengan status juara Piala UEFA.
theanfieldwrap.com

Hingga pada kesempatan keenam pada tahun ini, Liverpool hampir selalu tampil di Piala Super Eropa dengan status juara Liga Champions (dulu populer dengan sebutan Piala Champions, Red.). Hanya sekali The Reds tampil tanpa status itu.

Anomali itu dilakoni pada 2001. Kala itu, Robbie Fowler cs. tampil di Piala Super Eropa sebagai juara Piala UEFA yang sekarang dikenal sebagai Liga Europa. Lawan mereka adalah Bayern Munich yang berstatus juara Liga Champions. Hasilnya, mereka menang 3-2 dalam laga yang digelar di Stade Louis II, Monaco.

5. Pemenang Piala Super Terakhir dari Inggris

Liverpool juara terakhir dari Inggris.
liverpoolecho.co.uk

Saat ini, Liverpool adalah klub Inggris terakhir yang menjuarai Piala Super Eropa. Gelar tersebut direngkuh pada 2005 ketika mereka menang 3-1 atas CSKA Moskva lewat perpanjangan waktu.

Setelah itu, wakil-wakil Inggris selalu saja kandas. Manchester United dan Chelsea sama-sama mengalami dua kekalahan. Red Devils kalah dari Zenit St. Petersburg pada 2008 dan Real Madrid pada 2017. Sementara itu, The Blues ditaklukkan Atletico Madrid 1-4 pada 2012 dan kalah adu penalti setelah imbang 2-2 dari Bayern Munich pada tahun berikutnya.

Comments
Loading...