5 Fakta Menarik La Liga Jornada Ke-10

Football5Star.com, Indonesia – Sejumlah catatan negatif mewarnai La Liga jornada ke-10. Kekalahan Real Madrid dan Las Palmas dari lawan masing-masing adalah dua di antaranya. catatan dari dua klub tersebut termasuk dalam 5 fakta menarik La Liga untuk pekan ini.

Catatan-catatan lain yang masuk dalam daftar 5 fakta menarik termasuk menggembirakan. Di antaranya, milestone yang dibuat Filipe Luis dan kemenangan yang direngkuh Malaga. Berikut adalah 5 fakta menarik La Liga jornada ke-10 yang berhasil dihimpun oleh Football5Star.

Madrid Ditumbangkan Tim Promosi
FC Girona samai Real Burgos.
reuters.com

FC Girona membuat kejutan besar pada jornada ke-10. Klub asuhan Pablo Machin berhasil menang 2-1 atas sang juara bertahan, Real Madrid. Bagi Madrid, itu kekalahan langka. Sudah sangat lama mereka tak mengalami kekalahan dari tim promosi pada pertemuan  pertama di La Liga.

Sebelum Girona, klub promosi yang langsung menang pada perjumpaan pertama dengan Madrid adalah Real Burgos pada musim 1990-91. Kala itu, Los Blancos juga kalah di kandang lawan dengan skor 1-2 setelah unggul terlebih dahulu. Bedanya, pertandingan tersebut berlangsung pada jornada ke-9.

Rekor Negatif Pako Ayestaran
Pako Ayestaran alami 11 kekelahan beruntun.
Twitter @cahoradeportes

Hasil buruk kembali dituai Las Palmas. Mereka kalah 1-3 dari Deportivo La Coruna di kandang sendiri. Kekalahan ini pun menjadi catatan memalukan bagi entrenador Pako Ayestaran. Dia masuk buku rekor La Liga sebagai pelatih pertama yang mengalami 11 kekalahan beruntun.

Ayestaran ditunjuk sebagai pelatih anyar pada jornada ke-7. Namun, kedatangannya tak membangkitkan Las Palmas. Dalam empat laga bersama eks asisten Rafael Benitez tersebut, mereka selalu gagal menuai poin. Sebelumnya, saat menangani Valencia dari akhir musim 2015-16 hingga awal musim 2016-17, dia mengalami tujuh kekalahan beruntun.

Malaga Hindari Rekor Start Terburuk
Malaga hindari rekor start terburuk.
foxsports.it

Selalu gagal memetik angka penuh. Itulah hal yang dialami Malaga dalam 9 jornada awal La Liga Musim ini. Berbekal 8 kekalahan dan 1 seri, mereka kian dekat dengan rekor start terburuk di kasta tertinggi sepak bola Spanyol tersebut. Namun, hal itu bisa dihindari berkat kemenangan 2-1 atas Celta Vigo.

Kemenangan itu mencegah anak-anak asuh Michel menyamai catatan Levante dan Sporting Gijon. Keduanya memegang rekor start terburuk di La Liga dengan menuai 1 kali imbang dan 9 kali kalah dalam 10 jornada awal. Gijon membukukan hasil itu pada 1997-98, sedangkan Levante pada 2007-08.

Tonggak Sejarah Felipe Luis
Filipe Luis jalani laga ke-200 bersama Atletico di La Liga.
abc.es

Laga Atletico Madrid menjamu Villarreal pada jornada ke-10 menjadi tonggak sejarah tersendiri bagi bek kiri Filipe Luis. Dia melakoni laga ke-200 bersama Los Rojiblancos di La Liga. Sayangnya, milestone istimewa itu tak dihiasi kemenangan karena Atletico ditahan imbang 1-1 oleh sang tamu.

Bek asal Brasil itu masuk ke dalam kelompok pemain istimewa. Dia merupakan pemain asing keempat yang menorehkan hal tersebut. Tiga pemain asing lain adalah Jorge Griffa (Argentina), Luis Aramanto Perea (Kolombia), dan Diego Godin (Uruguay). Rekor pemain asing dengan laga terbanyak dipegang Perea dan Godin dengan 224 kali tampil di La Liga.

6 Kemenangan Beruntun Valencia
Valencia raih enam kemenangan beruntun.
si.com

Valencia terus menjaga rekor tak terkalahkan di La Liga sepanjang musim ini dengan menaklukkan Deportivo Alaves dengan skor 2-1. Itu pun membuat Los Ches membukukan enam kemenangan secara beruntun di kompetisi kasta tertinggi di sepak bola Spanyol tersebut.

Itu merupakan hal langka bagi Valencia. Kali terakhir Los Ches melakukan hal tersebut pada musim 2006-07. kala itu, dari 10 Desember 2006 hingga 21 Januari 2007, Valencia menaklukkan Deportivo La Coruna, Real Zaragoza, Real Mallorca, Villarrel, Levante, Real Sociedad.

Comments are closed.