5 Fakta Menarik Matchday Pertama Liga Champions 2018-19

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Liga Champions musim 2018-19 telah resmi bergulir pada Selasa, (18/9) hingga Kamis (20/9). Total, terdapat 16 partai yang dimainkan pada matchday pertama oleh ke-32 tim yang menjadi peserta.

Dari 16 pertandingan tersebut, tentunya ada banyak kejadian menarik yang patut diperhatikan. Berikut adalah 5 fakta menarik dari Liga Champions musim 2018-19 di matchday pertama.


1. Kartu Merah Ronaldo dan Anomali Juventus di Spanyol

Cristiano Ronaldo - Liga Champions
Twitter.com/ChampionsLeague

Cristiano Ronaldo mengawali Liga Champions musim 2018-19 ini dengan catatan buruk Ia harus diusir keluar lapangan setelah terlibat perselisihan dengan bek Valencia, Jeison Murillo pada menit ke-30.

Kartu merah ini merupakan yang kedua secara beruntun untuk penggawa Juventus di dua lawatan terakhir ke Spanyol. Musim lalu, Gianluigi Buffon yang harus diusir keluar lapangan setelah memprotes keras keputusan wasit di partai melawan Real Madrid. Namun uniknya, meskipun harus mengakiri pertandingan dengan 10 pemain, Bianconerri berhasil meraih kemenangan di dua partai tersebut.


2. Lionel Messi Kembali Pecahkan Berbagai Rekor

Messi - Liga Champions
Zimbio

Memecahkan rekor tampaknya kini menjadi hobi tersendiri untuk Lionel Messi. Di pertandingan melawan PSV Eindhoven. Selasa (18/9), ia berhasil memecahkan beberapa rekor di Liga Champions.

Tiga golnya ke gawang PSV membuatnya kini menjadi pemain yang berhasil mencetak hattrick terbanyak di ajang Liga Champions (8). Selain itu, tiga golnya juga membuatnya kini berhasil mengoleksi 103 gol sepanjang kariernya di ajang Liga Champions. Namun catatan ini masih berada di bawah capaian Cristiano Ronaldo yang sanggup mencetal 120 gol.

Tak hanya kedua rekor tersebut. Salah satu golnya yang ia ciptakan melalui sepakan bebas kini membuatnya menjadi pemain yang paling sering mencetak gol melalui sepakan bebas sepanjang 2018 (8). Ia juga menjadi pemain kedua yang mampu mencetak gol di 14 musim Liga Champions secara beruntun. Itu menyamai rekor milik Raul Gonzalez.


3. Sergio Ramos yang Hobi Mengoleksi Kartu Kuning

Liga Champions
uefa.com

Nama Sergio Ramos memang tak bisa dilepaskan dari permainan keras cenderung kasar. Ia sudah biasa dihadiahi kartu kuning ataupun merah akibat permainan kerasnya.

Di partai melawan AS Roma, ia kembali mendapatkan kartu kuning. Ia mendapatkan kartu kuning di menit ke-23 setelah melanggar salah seorang pemain Roma. Hal tersebut kini membuatnya menjadi pemain dengan koleksi kartu kuning terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions (37).


4. Musim ke-20 Iker Casillas di Liga Champions

Iker Casillas - Liga Champions
uefa.com

Meskipun sudah berusia 37 tahun, Iker Casillas tetap menjadi andalan FC Porto di ajang Liga Champions musim ini. Ia menjadi pemain pertama yang mampu tampil dalam 20 musim di ajang Liga Champions.

Semenjak pertama kali bermain pada musim 1999-00 lalu, ia telah tampil di lebih dari 170 pertandingan. Hal ini juga membuatnya menjadi pemain yang mengoleksi caps terbanyak di kompetisi bergengsi tersebut.


5. Nagelsmann Jadi Pelatih Termuda

Nagelsmann - Liga Champions
Sky Sports

Di partai antara Shakhtar Donetsk melawan Hoffenheim, Julian Nagelsmann berhasil mencatatkan rekor senagai pelatih termuda yang mampu membesut tim di ajang Liga Champions. Di partai tersebut, ia mampu memimpin anak buahnya ketika masih berusia 31 tahun 58 hari.

Ia berhasil merebut gelar tersebut dari genggaman Viktor Goncharenko yang sudah bertahan selama satu dekade. Goncharenko mendapatkan gelar tersebut ketika memimpin BATE Borisov di partai melawan Real Madrid pada tahun 2008. Kala itu, ia berusia 31 tahun 99 hari.