5 Fakta Menarik Paruh Musim Liga 1 2019

Football5star.com – Liga 1 2019 akhirnya sudah berjalan setengah musim kompetisi. Pelbagai drama, penundaan jadwal, hingga beragam fakta menarik menghiasi putaran pertama kompetisi strata satu sepak bola Indonesia tersebut.

Pekan akhir putaran pertama ditutup dengan keberhasilan Madura United menang 2-1 atas Kalteng Putra di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Minggu (1/9/2019). Pekan akhir paruh musim jua jadi penanda kekalahan perdana Persija Jakarta di kandangnya pada Liga 1 2019.

Meski paruh musim berlangsung 17 pekan, tapi nyatanya hanya tujuh tim yang sudah menyelesaikan seluruh pertandingan. Sisanya, ada yang baru menyelesaikan 16 pertandingan, bahkan PSM Makassar baru menjalani 13 laga.

Media Persija

Bali United sementara ini sukses menjadi juara paruh musim. Mereka berhasil mengumpulkan 40 poin berselisih tujuh angka dari Tira-Persikabo di posisi kedua.

Nah, apa saja fakta menarik selama setengah musim Liga 1 2019? Berikut Football5star.com sajikan daftarnya:

Lebih ketat

offcialpersikabo
IG Persikabo

Total selama putaran pertama sudah tercipta 366 gol dengan Tira-Persikabo penyumbang paling banyak, yakni 38 gol. Musim ini terbilang cukup ketat ketimbang musim lalu. Pada Liga 1 2018 putaran pertama total klub-klub menghasilkan 418 gol.

Tokcernya pemain asing

Liga-Indonesia.id

Pemain asing masih jadi yang tersubur di Liga 1 2019 ini. Alex dos Santos Goncalves dari persela Lamongan memimpin perolehan top skorer dengan 15 gol, disusul Marko Simic (12 gol), dan Ciro Alves (11 gol).

Bali United Suka Dijebol

IG Williampacheco02

Bali United menjadi tim yang paling sukar dijebol dengan baru kemasukan 11 gol saja dari 16 laga. Itu artinya mereka cuma kebobolan 0,69 gol per pertandingannya.

Pelatih jadi tumbal

ivan kolev jelang lawan persija jakarta vs bali united
Media Persija

Dari 17 tim Liga 1, cuma delapan tim yang belum mengganti pelatihnya, yakni Bali United, Tira-Persikabo, Arema FC, Borneo FC, PSS Sleman, PSM Makassar, Persib Bandung, dan Kalteng Putra.

KEMENANGAN TERBANYAK PARUH MUSIM

IG BAli United

Bali United jadi tim paling banyak meraih kemenangan (13). Ini jadi rekor kemenangan terbanyak dalam paruh musim dalam era Liga 1. Pada Liga 1 2017, Bali United yang kala itu jua jadi juara putaran pertama hanya meraih 10 kemenangan, sedang musim 2018 Persib yang ada di puncak sampai pekan 17, cuma merengkuh delapan kemenangan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More