5 Fakta Menarik Pemain Brasil di Bayern Munich

Football5Star.com, Indonesia – Bayern Munich kembali beraroma Samba berkat kedatangan Philippe Coutinho. Senin (19/8/2019), pemain Brasil itu resmi didatangkan dari Barcelona dengan status pemain pinjaman selama semusim. Tadinya, aroma Samba dipastikan hilang seiring putusan manajemen tak memperpanjang kontrak Rafinha.

Selama bertahun-tahun, aroma Samba begitu kental terasa di Bayern Munich. Kali terakhir tak ada pemain Brasil di skuat Die Roten pada 1996-97. Setelah itu, setidaknya satu pemain dari Negeri Samba yang berada di sana. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik pemain Brasil di Bayern Munich.

1. Pengaruh Asing Terkuat

Para pemain Brasil sangat mendominasi legiun asing di skuat Bayern Munich sepanjang sejarah.
zimbio.com

Prancis memang mendominasi legiun asing Bayern Munich pada musim ini. Kedatangan Michael Cuisance membuat jumlah pemain Prancis di skuat tim asuhan Niko Kovac berjumlah lima orang. Empat pemain lainnya adalah Kingsley Coman, Corentin Tolisso, Lucas Hernandez, dan Benjamin Pavard.

Akan tetapi, secara keseluruhan. Prancis belum meruntuhkan dominasi Brasil. Philippe Coutinho adalah pemain ke-13 dari Brasil yang memperkuat Die Roten. Jumlah tersebut unggul atas Austria dan Prancis yang sama-sama memiliki sebelas pemain.

2. Diawali Duet Bernardo-Mazinho

Bernardo dan Mazinho jadi pionir pemain Brasil di Bayern Munich saat datang pada 1991.
sueddeutsche.de

Kiprah pemain Brasil di Bayern Munich diawali pada 1991. Saat itu, manajemen Die Roten mendatangkan dua pemain sekaligus dari Negeri Samba. Mereka adalah Bernardo dari Sao Paulo dan Mazinho dari Bragantino.

Kiprah kedua pionir ini tidaklah apik. Bernardo bahkan hanya bertahan setengah musim. Pada awal 1992, dia kembali ke Brasil dengan menerima tawaran Internacional setelah hanya lima kali bermain untuk Die Roten. Sementara itu, Mazinho bertahan hingga akhir tahun 1994.

3. Duo Londrina Tersering Tampil

Ze Roberto, Rafinha, dan Giovane Elber tampil lebih dari 200 kali untuk Die Roten.
Twitter @HomeFCB

Di deretan para pemain Brasil yang pernah memperkuat Bayern Munich, ada dua orang yang paling sering tampil. Keduanya adalah Giovane Elber dan Rafinha. Satu hal yang unik, mereka sama-sama berasal dari Londrina. Selama memperkuat Die Roten, mereka sama-sama tampil dalam 266 partai.

Bedanya, Elber mengoleksi 266 penampilan tersebut hanya dalam lima musim, yakni dari 1997 hingga 2003. Adapun Rafinha membutuhkan delapan musim dari 2011 hingga 2019. Di belakang mereka ada Ze Roberto yang tampil 248 kali bagi Die Roten.

4. Impor Langsung Selalu Gagal

Breno adalah satu dari hanya tiga pemain yang diimpor langsung dari Brasil.
terra.com.br

Ada catatan menarik terkait keberadaan pemain-pemain Brasil di Bayern Muncih. Dari 13 pemain, ternyata 10 di antaranya didatangkan dari klub Eropa lainnya. Anomali hanya berlaku bagi Bernardo, Mazinho, dan Breno. Ketiganya diimpor langsung dari Brasil.

Ketiga pemain anomali itu sama-sama gagal bersinar. Bernardo hanya bertahan setengah musim. Mazinho hanya tampil 56 kali meskipun bertahan selama 3,5 musim. Adapun Breno lebih sering didera cedera dan sempat depresi selama dua tahun di Saebenerstrasse.

5. Elber Tersubur

Giovane Elber mencetak 140 gol dan menjadi pemain Brasil tersubur di Bayern Munich.
thesefootballtimes.co

Soal kontribusi gol, Giovane Elber berada di urutan teratas dalam daftar legiun asing Bayern Munich yang berasal dari Brasil. Didatangkan dari VfB Stuttgart pada 1997, dia mampu menjaringkan 140 gol dalam lima musim. Pada 2002-03, dia menjadi pencetak gol terbanyak Bundesliga 1 berkat torehan 21 gol.

Elber adalah satu-satunya pemain Brasil yang mencetak gol dalam jumlah tiga digit bagi Die Roten. Pemain tersubur berikutnya adalah Paulo Sergio dengan 34 gol dan Ze Roberto dengan 20 gol.

Comments
Loading...