5 Fakta Menarik Piala Super Eropa 2018

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Atletico Madrid menyandang gelar Piala Super Eropa 2018 setelah menaklukkan Real Madrid dengan skor 4-2. Di balik kemenangan besar ini, setidaknya terdapat lima fakta menarik yang menaungi pertandingan yang berlangsung di A Le Coq Arena, Kamis (16/8/2018) dinihari WIB.

Derbi Madrid ini sejatinya harus dilanjutkan ke babak extra time setelah kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal. Dua gol Diego Costa dan masing-masing gol yang dicetak Karim Benzema serta Sergio Ramos membuat pemenang harus ditentukan lewat babak tambahan.

Los Rojiblancos akhirnya memastikan kemenangan setelah Koke dan Saul Niguez menambah keunggulan klub asuhan Diego Simeone. Selayaknya pertandingan besar lainnya, pertemuan kedua tim juga dibumbui oleh rekor baru yang tercipta. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik dari Piala Super Eropa 2018.


1. Gol Tercepat Sepanjang Sejarah Piala Super Eropa

Atletico Madrid, Real Madrid, Diego Costa
@ChampionsLeague

Fakta pertama adalah terciptanya gol tercepat sepanjang sejarah gelaran Piala Super Eropa. Bagaimana tidak, Diego Costa sudah membobol gawang Keylor Navas ketika laga baru berjalan 49 detik.

Tidak hanya itu, Costa juga mampu tampil efektif pada laga kali ini. Ia berhasil mencetak dua gol hanya dari dua tendangan saja. Artinya, akurasi tendangan pemain berdarah Brasil itu mencapai 100 persen.


2. Kebobolan Empat Gol Pertama Madrid

Julen Lopetegui vs Timnas Kostarika (zimbio.com)_cr
zimbio.com

Laga kompetitif pertama Real Madrid di bawah asuhan Julen Lopetegui berujung pilu. Selain harus menerima kekalahan, ia juga harus rela melihat tim barunya kebobolan empat gol. Catatan ini tentu menyisakan rekor buruk untuk sang pelatih.

Lopetegui menjadi pelatih baru Madrid pertama yang kebobolan empat gol di laga resmi perdana. Ia pun menyamai rekor yang dibuat Michael Keeping pada Februari 1948 silam. Ketika itu El Real kalah dari Celta Vigo.


3. Rekor Kemenangan Simeone Atas Madrid

Diego Simeone
zimbio.com

Jika Lopetegui membuat catatan buruk, Diego Simeone justru baru menorehkan tinta emas dalam kariernya. Kemenangan atas Madrid ini menjadikannya sebagai satu-satunya pelatih Atletico yang mampu mengalahkan Los Blancos di tiga kompetisi berbeda.

Sebelumnya Simeone sukses menjungkalkan tetangganya itu di ajang Copa del Rey, Supercopa Spanyol, dan tentu Piala Super Eropa. Satu-satunya turnamen yang ia gagal menangkan adalah Liga Champions, di mana dirinya selalu kalah dari Madrid.


4. Empat Gol Pertama Atletico ke Gawang Madrid

@OptaJoe

Gol-gol yang dipersembahkan Diego Costa, Saul, dan Koke, memiliki arti spesial untuk Atletico. Ini untuk pertama kalinya mereka bisa membobol gawang Los Galacticos sebanyak empat kali di partai final.

Sebelumnya anak asuh Diego Simeone hanya meraih kemenangan tipis saja. Mereka memang jarang meraih kemenangan besar dari Madrid di laga final. Satu-satunya kemenangan dengan selisih empat gol terjadi pada musim 2014-2015 lalu, itu pun di La Liga.


5. Rekor Gol Ramos

@ChampionsLeague

Keputusan Madrid menunjuk Sergio Ramos sebagai eksekutor penalti bisa dikarenakan sang pemain sedang mengincar rekor pribadi. Ya, golnya dari titik 12 pas menjadikannya sebagai pemain pertama yang berhasil mencetak gol di dua laga final Piala Super Eropa.

Gol pertama Ramos di Piala Super Eropa dicetak pada 2016 lalu. Ketika itu sundulannya menembus jala klub juara Liga Europa, yang juga mantan timnya, Sevilla. Bedanya, Madrid saat itu berhasil menang 3-2.

Comments
Loading...