5 Fakta Menarik Mengenai Piala Afrika 2019

Football5star.com, Indonesia – Piala Afrika 2019 sudah dibuka dengan partai antara tim tuan rumah, Mesir, yang menjamu Zimbabwe dinihari tadi. Pada partai tersebut, Mesir berhasil meraih kemenangan lewat gol tunggal Mahmoud Trezeguet di babak pertama.

Pagelaran Piala Afrika di Mesir pada tahun ini tentu menyimban beberapa fakta menarik dan catatan unik. Berikut Football5star.com sudah merangkum lima fakta menarik dan catatan unik dari pagelaran Piala Afrika 2019:

1. PENAMBAHAN JUMLAH PESERTA
Africanews

Piala Afrika edisi tahun ini memiliki 24 tim yang akan bersaing untuk menjadi juara. Hal ini merupakan sebuah perubahan baru. Pasalnya, di edisi-edisi sebelumnya, Piala Afrika hanya diikuti oleh 16 peserta. 

Dengan penambahan peserta ini, membuat akan ada beberapa tim peringkat ke-3 di babak grup yang akan berlaga di babak 16 besar. Namun, tak semua tim peringkat 3 berhak melaju ke babak 16 besar. Hanya akan ada empat tim terbaik yang berhak mendapatkan tiket ke babak gugur.

2. PEMINDAHAN TUAN RUMAH
5 Fakta Menarik Soal Piala Afrika 2019 - Pemindahan Tuan Rumah - Forbes
Forbes

Mesir memang menjadi tim tuan rumah untuk Piala Afrika edisi tahun ini. Namun, perjalanan Mesir untuk menjadi tim tuan rumah harus melewati cara yang sedikit unik.

Panitia penyelenggara turnamen awalnya menunjuk Kamerun sebagai tuan rumah. Namun, persiapan mereka yang lambat membuat pihak panitia penyelenggara akhirnya mencabut status tuan rumah pada bulan Desember 2018 lalu.

Mesir dan Afrika Selatan pun langsung mengajukan diri sebagai tuan rumah pengganti. Federasi Sepak Bola Afrika (CAF) pun akhirnya memutuskan untuk menunjuk Mesir setelah melakukan pemungutan suara pada bulan Januari lalu.

Comments
Loading...