5 Fakta Menarik Swedia vs Swiss

Football5Star.com, Indonesia – Pertarungan timnas Swedia melawan timnas Swiss di babak 16-besar Piala Dunia 2018 akhirnya ditentukan oleh sebuah dol Emil Forsberg. Gol tunggal dari gelandang RB Leipzig itu membawa timnas Swedia lolos ke perempat final.

Emil Forsberg berduel dengan Valon Behrami.
weltfussball.de

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion St. Petersburg itu, anak-anak asuh Janne Andersson tampil lebih defensif. Sebaliknya, Der Nati yang ditangani Vladimir Petkovic lebih unggul dalam penguasaan bola. Soal jumlah tembakan, Xherdan Shaqiri dkk. pun unggul.

Akan tetapi, ketangguhan lini belakang mampu menjadi kunci kesuksesan timnas Swedia meredam agresivitas timnas Swiss. Dari 18 tembakan yang dilepaskan lawan, sembilan berhasil dihalau, sedangkan empat yang mengarah ke gawang berhasil dimentahkan kiper Robin Olsen.

Selain catatan statistik terkait pertandingan itu, masih ada beberapa catatan yang tersaji di laga Swedia vs Swiss itu. Berikut ini Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik dari pertandingan tersebut.

  1. Emil Forsberg akhirnya berhasil mencetak gol di Piala Dunia setelah 13 tembakan sebelumnya selalu gagal menembus gawang lawan.
  2. Laga melawan timnas Swiss merupakan laga ke-50 yang dilakoni timnas Swedia di Piala Dunia. Blagult menjadi tim kedua dengan jumlah 50 laga yang belum pernah menjadi juara. Satu tim lainnya adalah timnas Meksiko yang telah melakoni 57 pertandingan.
  3. Kekalahan dari timnas Swedia membuat timnas Swiss selalu gagal melewati 16-besar dalam empat kesempatan terakhir. Sebelumnya, Der Nati juga tersingkir di babak ini di Amerika Serikat 1994, Jerman 2006, dan Brasil 2014.
  4. Selain selalu tersingkir, timnas Swiss juga selalu gagal mencetak gol dalam empat kesempatan terakhir berlaga di babak 16-besar. Pada 1994, mereka kalah 0-3 dari timnas Spanyol. Di Jerman 2006, Der Nati menyerah dari timnas Ukraina dalam adu penalti setelah imbang 0-0 selama 120 menit. Mereka bahkan gagal mencetak gol saat adu penalti itu. Adapun di Piala Dunia 2014, timnas Swiss kalah 0-1 dari timnas Argentina.
  5. Kemenangan atas timnas Swiss membuat timnas Swedia membukukan kemenangan beruntun di Piala Dunia setelah enam dekade. Kali terakhir hal itu dibuat saat jadi tuan rumah pada 1958 di laga perempat final dan semifinal.

Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Comments
Loading...