5 Fakta Menarik Vodafone Park Tempat Laga Liverpool vs Chelsea

Football5star.com, Indonesia – Piala Super Eropa 2019 akan mempertemukan dua wakil Inggris, Liverpool vs Chelsea di Vodafone Park, Istanbul, Turki pada 15 Agustus 2019. Pertemuan kedua tim asal Inggris ini adalah untuk yang pertama kalinya dalam sejarah.

Kota Istanbul juga menjadi kota ke-6 yang menyelenggarakan Piala Super Eropa. Sebelum 2014, pertandingan Piala Super Eropa selalu berlangsung di Stade Louis II di Monaco, Prancis.

Stadion ini sendiri merupakan markas untuk salah satu klub besar Liga Turki, Besiktas. Stadion ini sendiri dibangun di bekas markas Besiktas sebelumnya, Stadion BJK Inonu.

Terdapat sejumlah fakta menarik tentang stadion yang memiliki kapasitas 41 ribu tempat duduk ini. Apa saja fakta menarik tersebut? Berikut 5 fakta menarik Vodafone Park, stadion tempat berlangsungnya laga Liverpool vs Chelsea:

5 Fakta Menarik Vodafone Park Tempat Laga Liverpool vs Chelsea
gettyimages

Keinginan Mustafa Kemal Ataturk

Lokasi Vodafone Park pada 1936 merupakan tempat yang diinginkan oleh Bapak Turki, Mustafa Kemal Ataturk menjadi grand desain pembangunan kota Istanbul yang modern. Saat itu Kemal Ataturk mengundang arsitek asal Prancis Henri Prost untuk menjalan program tersebut.

Namun bukan Prost kemudian yang membangun stadion sepak bola di wilayah tersebut, melainkan arsitek asal Italia Paolo Vietti-Violli. Bekerjasama dengan arsitek Turki Sinasi Sahingiray, Stadion Dolmabahce untuk berdiri untuk pertama kalinya pada 19 Mei 1947.

Stadion itu diresmikan oleh presiden Turki saat itu, Ismet Inonu yang kebetulan juga seorang fan dari Besiktas. Pada 1973, stadion ini berganti nama menjadi Stadion BJK Inonu dan mulai diperluas kapasitas tempat duduknya.

Renovasi besar-besaran

Stadion BJK Inonu awalnya hanya berkapasitas 16 ribu tempat duduk. Baru apda 2004, stadion ini direncanakan untuk diperbanyak kapasitas tempat duduk. Proyek penambahan kapasitas tempat duduk pun dimulai.

Targetnya saat itu stadion ini akan menjadi 32.145 tempat duduk. Selain itu di 2004, sejumlah renovasi dilakukan mulai dari ruang wartawan hingga stand indoor yang memenuhi standar dari UEFA.

5 Fakta Menarik Vodafone Park Tempat Laga Liverpool vs Chelsea
gettyimages

Tak puas dengan kapasitas 32 ribu tempat duduk, pemerintah kota Istanbul kemudian pada 2008 memulai proyek penambahan tempat duduk menjadi 42 ribu tempat duduk. Namun kemudian ini proyek ini dibatalkan karena dianggap bakal merusak nilai sejarah klub.

Serangan teror

Stadion ini sempat menjadi sasaran teror pada 10 Desember 2016 lalu. Dua bom meledak di luar stadion dan menewaskan 38 polisi dan 8 warga sipil. Menurut laporan dari AFP, ledakan pertama terjadi tak lama setelah laga Besiktas vs Bursaspor di lanjutan Liga Turki.

Tak berselang lama, kembali terdengar ledakan kedua yang lokasi tak jauh dari ledakan pertama. Sejumlah sanksi mata mendengar tak lama setelah ledakan kedua, terdengar juga suara rentetan senjata api.

Pejabat kepolisian Turki beberapa jam kemudian melaporkan bahwa pelaku pengoboman melakukan tindakan bunuh diri saat dikejar oleh aparat kepolisian.

Konser musik

Lazimnya banyak stadion di Eropa atau bahkan di dunia, sejumlah perhelatan musik juga pernah dihelat di stadion ini. Tercatat sejumlah musisi dunia pernah manggung di Vodafone Park.

Bryan Adams ialah musisi yang untuk pertama kalinya melaksanakan konser ini stadion ini pada 1992 silam. Setahun kemudian band legendaris Guns N Roses juga menggelar konser musik di stadion ini.

Pada 30 Mei 2013 lalu, penyanyi asal Amerika Serikat menggelar konser di stadion ini dan dikabarkan dihadiri oleh 35 ribu penonton. Setelah Rihanna, grup band Iron Maiden jadi musisi yang terakhir menggelar konser di stadion BJK Inonu.

Saat sudah berganti nama menjadi Vodafone Park, istri dari Gerard Pique menggelar konser di stadion ini pada 11 Juli 2018 lalu.

Stadion ramah lingkungan

Setelah berganti nama pada 2017 lalu, konsep dari Vodafone Park ialah ramah lingkungan. Stadion ini kabarnya memiliki sertifikat sebagai salah satu gedung yang ramah lingkungan. Vodafone Park merupakan salah satu stadion yang menggunakan energi matahari sebagai sumber listrik.

Menariknya untuk kebutuhan air, stadion ini memiliki tempat penampungan air hujan. Nantinya air hujan yang sudah ditampung tersebut dijadikan untuk menyiram rumput stadion. Sumber energi alternatif ini membuat Vodafone Park banyak mendapat pujian dari banyak pihak.

Comments
Loading...