5 Fakta Menarik Xavi Hernandez

Football5star.com, Indonesia – Legenda Barcelona dan Spanyol, Xavi Hernandezmengumumkan akan pensiun dari sepakbola akhir musim ini. Xavi kini bermain di Qatar bersama Al Sadd telah menjalani karier sepak bola selama 21 tahun.

Xavi Hernandez mengumumkan keputusan gantung sepatu melalui sebuah surat terbuka. Setelah pensiun, gelandang berusia 39 tahun tersebut berkeinginan melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

“Suatu keistimewaan bermain sepak bola hingga usia 39 tahun dan saya ingin mengakhiri musim dengan memenangkan Piala Amir dan ingin mencapai babak selanjutnya di Liga Champions Asia.”

fcbarcelona.com

“Ini musim terakhir saya sebagai pemain, tetapi saya sangat ingin melihat masa depan saya sebagai seorang manajer.” ungkap Xavi dalam sebuah surat terbuka.

Berikut fakta menarik Xavi Hernandez menurut Opta dilansir Beinsports dikutip Football5star.com

  • Xavi merupakan satu dari sembilan pemain dalam sejarah Liga Spanyol yang bermain lebih dari 500 pertandingan. Catatan 505 pertandingan yang dimiliki Xavi hanya kalah dari Andoni Zubizarreta yang bermain sebanyak 622 pertandingan.
  • Xavi mencetak lima gol dari 42 pertandingan saat melawan Real Madrid dalam tajuk El Clasico. Dari 42 pertandingan yang dijalani, Xavi hanya kalah 13 pertandingan.
  • Xavi Bermain 36 pertandingan dalam Derby Catalan menghadapi Espanyol, 25 diantara berhasil berakhir kemenangan dan mencetak 6 gol.
  • Xavi bermain 133 pertandingan internasional. Menjadikannya salah satu dari 13 pemain yang mencapai 100 pertandingan untuk timnas Spanyol. Catatan Xavi hanya kalah dari Sergio Ramos dengan 162 pertandingan dan Iker Casillas dengan 167 pertandingan.
  • Xavi mencetak gol ke-1.000 dalam sejarah tim nasional Spanyol. Gol tersebut dicetak saat mengalahkan Irlandia Utara 3-2 di kualifikasi Piala Eropa pada September 2006.

Xavi Hernandez yang merupakan produk akademi La Masia berhasil meraih delapan gelar Liga Spanyol serta empat trofi Liga Champions selama memperkuat Barcelona. Sepanjang kariernya, Xavi meraih 31 gelar juara baik klub maupun tim nasional.