5 Fakta Semifinal Piala Dunia Sepanjang Masa

Football5star.com, Indonesia – Piala Dunia 2018 telah memasuki tahap akhir. Empat tim kini akan berjibaku di semifinal untuk memperebutkan dua tempat di final. Keempat tim itu adalah timnas Prancis, Belgia, Kroasia, dan Inggris.

Untuk edisi kali ini, semua semifinalis berasal dari Eropa. Ini sesuatu yang langka. Di samping itu, masih banyak catatan sejarah terkait laga-laga semifinal di perhelatan akbar empat tahunan ini. Football5Star.com menyajikan lima di antaranya.


Tiga Anomali
Argentina dan Belanda bersua di final Piala Dunia 1978 tanpa melewati semifinal.
thesefootballtimes.co

Rusia 2018 adalah edisi ke-18 Piala Dunia yang memiliki laga semifinal. Sepanjang sejarah Piala Dunia, laga semifinal memang tak selalu tersaji di setiap edisi. Perubahan format kompetisi sempat membuat laga empat besar untuk menentukan peraih tempat di final sempat menghilang.

Ada tiga edisi Piala Dunia yang tak memiliki laga semifinal, yakni Brasil 1950, Jerman Barat 1974, dan Argentina 1978. Di Brasil 1950, laga semifinal dan final ditiadakan. Itu karena panitia menggunakan sistem grup bagi empat tim yang lolos dari penyisihan grup.

Hal hampir serupa dilakukan di Piala Dunia 1974 dan 1978. Kala itu, usai penyisihan grup, delapan tim dibagi ke dalam dua grup. Juara dari kedua grup itu lantas bertemu di final. Adapun dua runner-up grup memperebutkan posisi ketiga.


Jerman Dominan
Prancis vs Jerman Barat di semifinal Piala Dunia 1982.
dfb.de

Hingga gelaran Rusia 2018, ada 24 tim yang pernah berlaga di semifinal Piala Dunia. Dari 24 tim tersebut, Jerman adalah yang paling sering tampil di 4-besar. Die Mannschaft tercatat 12 kali melakoni laga semifinal. Itu 4 kali lebih banyak dari Brasil yang hingga kini tercatat sebagai tim yang paling sering juara.

Bukan hanya tersering tampil, Jerman juga adalah tim tim yang paling sering menang sekaligus paling sering kalah di semifinal. Die Mannschaft tercatat meraup 7 kali menang dan 5 kali kalah. Soal kemenangan, Jerman unggul satu kemenangan dari Brasil dan Italia. Sementara itu, untuk kekalahan, Die Mannschaft mengoleksi dua kekalahan lebih banyak dari Prancis dan Uruguay.

Di samping itu, Jerman juga merupakan tim dengan jumlah gol terbanyak di semifinal Piala Dunia. Dalam 12 edisi berkiprah di babak ini, Die Mannschaft mengoleksi 27 gol. Mereka unggul atas Brasil yang baru membuat 17 gol dalam delapan kesempatan.


Tiga Hat-Trick
Pele saat mencetak hat-trick ke gawang Prancis di Swedia 1958.
eveningtimes.co.uk

Dari 1930 hingga 2014 telah tercipta 123 gol di babak semifinal Piala Dunia. Gol-gol itu diciptakan oleh 94 orang pemain dari 20 tim. Di antara 94 pemain itu, tiga di antaranya mencetak hat-trick. Mereka adalah pedro Cea dari Uruguay, Oldrich Nejedly (Cekoslowakia), dan Pele (Brasil).

Cea mencetak tiga gol saat Uruguay menggasak Yugoslavia 6-1 di semifinal Piala Dunia 1930. Empat tahun kemudian, Nejedly mengikuti jejak Cea. Dia memborong tiga gol kemenangan Cekoslowakia yang dibukukan atas Jerman. Adapun Pele mencetak trigol ke gawang Prancis di semifinal Piala Dunia 1958.

Hat-trick tersebut membuat ketiganya menjadi kolektor gol terbanyak di semifinal Piala Dunia bersama Vava dari Brasil. Berbeda dengan tiga pemain itu, Vava mencetak satu gol di semifinal Swedia 1958 dan dua gol di Cile 1962.


Sensasi Jerman
Brasil kalah 1-7 dari Jerman di semifinal Piala Dunia 2014 di kandang sendiri.
boxtoboxdfootball.co.uk

Timnas Jerman membuat sensasi besar di Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil. Bertemu tuan rumah di semifinal, anak-anak asuh Joachim Loew menang besar 7-1. Itu sunguh di luar dugaan siapa pun. Pasalnya, Brasil hampir tak pernah kalah dengan sangat telak, apalagi di kandang sendiri.

Skor 7-1 menjadi rekor kemenangan terbesar di babak 4-besar Piala Dunia. Sebelumnya, skor kemenangan terbesar adalah 6-1. Itu terjadi tiga kali, yakni Argentina vs AS dan Uruguay vs Yugoslavia di Uruguay 1930 serta Jerman vs Austria di Swiss 1954.


Lima Adu Penalti
Argentina saat menang adu penalti atas Belanda di semifinal Piala Dunia 2014.
mirror.co.uk

Dari 34 laga semifinal yang tersaji di Piala Dunia sejak 1930 hingga 2014, sebanyak tujuh laga harus diselesaikan hingga perpanjangan waktu. Lima laga di antaranya bahkan mesti ditentukan pemenangnya lewat adu penalti. Terakhir adalah Argentina vs Belanda di Brasil 2014. Tim Tango menang 4-2 setelah bermain tanpa gol hingga 120 menit.

Bersama Jerman, Argentina adalah tim tersukses dalam adu penalti di babak 4-besar. Sebelumnya, mereka juga unggul atas Italia pada 1990. Adapun Jerman dua kali menang adu penalti di Piala Dunia 1982 dan 1990. Pada 1982, mereka menang atas Prancis, sedangkan pada 1990 unggul atas Inggris.


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More