5 Faktor Kunci di Balik Keberhasilan Juventus

Football5star.com, Indonesia – Kemenangan atas Fiorentina pada Sabtu (20/4) kemarin membuat Juventus dipastikan berhasil mempertahankan Scudetto di musim 2018-19. Keberhasilan ini membuat Bianconerri menjadi tim tersukses di Italia dengan raihan 37 scudetto.

Kegemilangan Juventus di Serie A musim ini tentu tak lepas dari beberapa faktor kunci. Berikut football5star.com sudah merangkum lima faktor kunci yang membuat Juventus berhasil meraih scudetto untuk kali ke-8 secara beruntun:

1. KEHADIRAN CRISTIANO RONALDO
5 Faktor Kunci di Balik Keberhasilan Juventus - Cristiano Ronaldo - Goal
Goal

Satu hal yang bisa digaransi dari Cristiano Ronaldo adalah berondongan gol. Meskipun sudah berusia 34 tahun, Cristiano Ronaldo masih mampu menyumbangkan 19 gol dari 27 penampilannya di Serie A musim ini.

Gol-gol yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo berhasil menjadi penentu kemenangan Juventus di beberapa partai Serie A musim ini. Selain mampu mencetak 19 gol, CR7 juga berhasil menyumbangkan 11 assist.

 

2. KEMUNCULAN MOISE KEAN
5 Faktor Kunci di Balik Keberhasilan Juventus - Moise Kean - Zimbio
Zimbio

Cristiano Ronaldo bukanlah satu-satunya mesin penggedor yang diandalkan oleh Bianconerri musim ini. Penyerang muda Italia, Moise Kean juga mulai mendapatkan kepercayaan dari Max Allegri untuk mendapatkan menit bermain reguler musim ini.

Remaja 19 tahun itu mampu membayar penuh kepercayaan dari Max Allegri dengan sumbangsih enam gol dan satu assist dari sembilan penampilannya di Serie A musim ini. Moise Kean juga mampu menggantikan posisi Cristiano Ronaldo dengan sempurna ketika CR7 sedang menjalani pemulihan cedera paha beberapa pekan yang lalu.

 

3. KEMBALINYA LEONARDO BONUCCI
5 Faktor Kunci di Balik Keberhasilan Juventus - Leonardo Bonucci - Goal
Goal

Pada bursa transfer musim panas lalu, Leonardo Bonucci memutuskan untuk kembali ke Juventus setelah bermain bersama AC Milan selama satu musim. Kembalinya Leonardo Bonucci tentu menjadi faktor kunci di balik kegemilangan Bianconerri musim ini.

Duetnya dengan Giorgio Chiellini di lini belakang menjadi salah satu yang terbaik di Serie A. Pemain 31 tahun itu tercatat sudah bermain di 25 pertandingan Serie A musim ini. Dari 25 pertandingan tersebut, gawang Wojciech Szczesny hanya kebobolan 18 gol dan mampu mencetak 13 clean sheet.

 

4. LINI BELAKANG YANG SULIT DITEMBUS
5 Faktor Kunci di Balik Keberhasilan Juventus - Lini Belakang - Fox Sports
Fox Sports

 Rasanya kurang pas apabila hanya memuji Leonardo Bonucci di balik kegemilangan lini pertahanan Juventus musim ini. Seluruh penggawa di lini pertahanan Bianconerri berhasil menunjukkan penampilan yang gemilang dan konsisten sepanjang musim 2018-19.

Di sektor penjaga gawang, Wojciech Szczesny dan Mattia Perin sama-sama mampu tampil gemilang. Di sektor bek tengah, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli dan Daniele Rugani berhasil membuat para penyerang lawan merasa frustrasi. Di sektor bek sayap, Leonadro Spinazzolla, Alex Sandro, Joao Cancelo dan Mattia de Sciglio mampu tampil maksimal ketika menyerang ataupun bertahan.

 

5. MENTALITAS ‘YANG PENTING MENANG’
5 Faktor Kunci di Balik Keberhasilan Juventus - yang penting menang - @juventusfc
@juventusfc

Pasukan Max Allegri tak perlu menampilkan permainan cantik di setiap pekannya untuk meraih kemenangan. Dengan kualitas individu yang luar biasa, Bianconeri mampu meraih kemenangan atas lawan-lawannya meskipun bermain buruk.

Max Allegri sendiri juga sangat mendukung pendekatan ini. “Permainan indah belum tentu bisa memenangkan pertandingan. Terkadang, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membuang bola sejauh mungkin dari gawang,” tutur Max Allegri selepas partai melawan Parma pada awal Februari lalu.

“Para pemain harus menyadari bahwa tak ada salahnya menguasai bola dan membuangnya sejauh mungkin apabila hal tersebut bisa menjamin tiga poin.”

 

Comments
Loading...