5 Gol Terbaik di Dalam Sejarah Community Shield

Football5star.com, Indonesia – Pertandingan Liverpool vs Manchester City merupakan ajang Community Shield edisi ke-97 sepanjang sejarah. Partai tersebut akan berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (4/8/2019).

Bentrok Liverpool vs Manchester City tidak terlepas dari status kedua tim sebagai juara. Tim beralias The Reds merupakan juara Piala FA, sedangkan The Cityzens – julukan Man City – adalah kampiun Liga Inggris musim 2018-19.

Man City merupakan tim berstatus juara bertahan Community Shield. Pada 2018 mereka berhasil memenangi trofi ini setelah menang 2-0 atas Chelsea. Dua gol kemenangan tersebut diborong Sergio Aguero.

Laga Liverpool vs Manchester City merupakan dua tim yang mengandalkan permainan menyerang. Terciptanya sejumlah gol pun tentu ditunggu-tunggu dari pertandingan ini.

Berikut 5 gol terbaik yang pernah terjadi di Community Shield:

1. Gol Alan Smith

Gol yang diciptakan Alan Smith terjadi pada 8 Agustus 2004 dalam laga Manchester United melawan Arsenal. Gol indah yang dicetak Smith tidak cukup agar timnya Man United menjadi pemenang di laga ini.

Smith mencetak gol penyama kedudukan 1-1 karena Arsenal lebih dahulu unggul 1-0. Ia menciptakan gol itu dengan memanfaatkan kesalahan antisipasi pemain bertahan tim beralias The Gunners.

Dengan melepaskan tembakan keras kaki kanan dari luar kotak penalti, bola sepakan Smith pun tak sanggup diantisipasi kiper Jens Lehmann.

Kendati demikian, Man United tidak sanggup membalikkan keadaan karena Arsenal bisa menciptakan dua gol tambahan. The Gunners pun keluar sebagai pemenang Community Shield 2004.

2. Gol Pat Jennings

Gol yang dicetak Pat Jennings menjadi begitu bersejarah lantaran tercipta dengan cara yang luar biasa oleh seorang yang berstatus penjaga gawang.

Kiper bernama lengkap Patrick Anthony Jennings mencetak gol di ajang yang saat itu masih bernama Charity Shield. Tepatnya di partai antara Manchester United melawan Tottenham Hotspur pada 1967.

Kiper Tottenham itu mencetak gol kedua yang dibuat timnya dengan melepaskan tendangan jarak jauh dari depan gawangnya. Di luar dugaan, bola langsung mengarah ke gawang Man United.

Sempat mengalami sekali pantulan, tetapi justru membuat kiper Man United salah antisipasi pergerakan bola. Pat Jennings pun menjadi satu dari sedikit kiper yang bisa menorehkan gol di pertandingan penting.

Kendati demikian, kedua tim harus berbagi gelar Charity Shield karena laga berujung dengan skor imbang 3-3.

3. Gol Didier Drogba

twitter.com

Dua gol torehan Didier Drogba memastikan kemenangan 2-1 Chelsea atas Arsenal pada laga Community Shield 2005. Hasil tersebut memantapkan keperkasaan tim beralias The Blues sebagai penguasa di Inggris saat itu. Terutama setelah berstatus juara Premier League 2004-05.

Bahkan, satu dari dua gol yang diborong Drogba itu tercipta dengan cara yang tidak biasa. Dia menunjukkan perjuangan hebat dalam perebutan bola sebelum mencetak gol ke gawang Arsenal.

Ya, kala itu Drogba berhasil memenangi duel perebutan bola dengan Philippe Sanderos, Jens Lehmann, dan Lauren tepat di depan gawang The Gunners. Hingga akhirnya bisa mendapatkan posisi menceploskan bola ke dalam gawang Lehmann.

4. Gol Paul Ince

Eric Cantona dan Paul Ince tampil sebagai pahlawan kemenangan Manchester United atas Blackburn Rovers di ajang yang masih bernama Charity Shield pada 1994. Kesuksesan itu jadi momen spesial bagi Ince lantaran bisa mencetak gol spektakuler dan memastikan kemenangan timnya.

Gol Paul Ince tercipta saat pertandingan memasuki menit ke-81. Berawal dari sepak pojok, terjadi perebutan bola udara di depan gawang Blackburn.

Kemudian, bola mengarah ke kepala Cantona yang kembali memantulkannya ke udara. Di luar dugaan, boal pantulan itu justru menjadi umpan jitu karena mengarah ke Paul Ince.

Tanpa pikir panjang, Paul Ince pun memutuskan untuk melepaskan tendangan balik bandung sempurna. Bola pun langsung merangsek masuk ke dalam gawang Blackburn.

5. Gol Ian Wright

24/9/1997 FA Premiership. Arsenal v West Ham United. Ian Wright celebrates his goal by listening to the fans. Phoot: Mark Leech / Offside

Gol torehan Ian Wright membuat Arsenal terhindar dari kekalahan dalam 90 menit melawan Manchester United karena skor menjadi imbang 1-1. Namun, The Gunners harus merelakan trofi Charity Shield 1993 jatuh ke tangan Man United karena kalah 4-5 dalam adu penalti.

Kendati demikian, Ian Wright bisa membuat kenangan manis dengan membuat gol ciamik di partai tersebut. Ya, Wright menciptakan gol indah saat pertandingan berlangsung selama 40 menit.

Bermula dari operan kepala Paul Davis, Wright melepaskan sambaran keras tetapi dengan posisi badan menyamping. Kerasnya sepakan tersebut membuat kiper Man United, Peter Schmeichel pun hanya bisa melihat gawangnya kebobolan.

Berikut video 5 gol terbaik di Community Shield:

Comments
Loading...