5 Gol Tercepat di Premier League

Football5Star.com, Indonesia – Christian Eriksen menjadi sosok yang paling bahagia atas kemenangan 2-0 Tottenham Hotspur dari Manchester United, Kamis (1/22018) dinihari WIB. Pasalnya, dia mencetak gol pembuka kemenangan dalam laga tersebut. Sudah begitu, gol itu pun tercipta hanya 11 detik setelah wasit Andre Marriner memulai pertandingan. Itu salah satu gol tercepat di Premier League.

Gol tersebut memang bukan yang tercepat di pentas Premier League. Gol Eriksen itu masih kalah cepat dari gol yang dibuat Ledley King dan Alan Shearer pada awal 2000-an. Berikut ini, Football5Star menyajikan 5 gol tercepat dalam sejarah Premier League.

1. LEDLEY KING (10 DETIK)

Ledley King memang seorang bek. Namun, dialah pemegang rekor gol tercepat di Premier League. Gol itu diciptakan saat Tottenham Hotspur bermain imbang 3-3 di kandang Bradford City pada 9 Desember 2000. Gol itu tercipta hanya 10 detik setelah wasit Neale Barry meniup peluit tanda pertandingan dimulai.

Berawal dari sundulan pemain belakang Bradford yang bermaksud menghalau serangan awal Tottenham dari kick-off, bola berhasil diterima King. Dia lantas menggiring bola sebentar, lalu melepaskan tembakan jarak jauh. Tembakannya tidaklah menggeledek. Namun, karena sempat membentur pemain lawan, kiper Matthew Clarke pun terkecoh.

1. ALAN SHEARER (10 DETIK)

Alan Shearer memang raja gol di Premier League. Salah satu golnya pun termasuk gol tercepat. Sama seperti Ledley King, Shearer juga mencetak gol saat pertandingan baru berlangsung 10 detik. Itu terjadi ketika Newcastle United menjamu Manchester City pada 18 Januari 2003. Itu menjadi gol pembuka kemenangan 2-0 The magpies atas The Citizens.

Gol itu tercipta berkat kombinasi blunder pertahanan lawan dan kegeniusan sang striker. Man. City yang kick-off dalam laga yang dipimpin Graham Poll itu coba membangun serangan dari belakang. Bola yang disodorkan ke belakang diloloskan bek Steven Caldwell kepada kiper Carlo Nash. Melihat itu, Shearer merangsek dan berhasil merebut bola ketika Nash coba melepaskan tendangan jauh ke depan. Tanpa kesulitan, mantan striker Blackburn Rovers itu berhasil menceploskan bola kegawang yang kosong.

3. MARK VIDUKA (11 DETIK)
gotoptens.com

Wasit Clive Wilkes baru sebelas detik memimpin laga Charlton Athletic vs Leeds ketika Mark Viduka menjebol gawang Sasa Ilic. Gol cepat itu pun menjadi pembuka kemenangan 2-1 Leeds di kandang Charlton, Stadion The Valley, pada 17 Maret 2001. Gol cepat itu pun mewarnai musim gemilang anak-anak asuh David O’Leary.

Gol itu tercipta lewat kombinasi apik tiga pemain. Selain Viduka, dua pemain yang berperan pada gol itu adalah Ian Harte dan Alan Smith. Berawal dari umpan panjang Harte, bola diteruskan Smith dengan flick header kepada Viduka yang lantas melakukan satu sentuhan sebelum melepaskan tendangan tanpa bisa ditahan Ilic.

3. CHRISTIAN ERIKSEN (11 DETIK)

Kejutan besar tercipta di Stadion Wembley pada 31 Januari 2018 ketika Tottenham Hotspur menjalmu Manchester United. Tua rumah berhasil mencetak gol hanya 11 detik setelah wasit Andre Marriner memulai pertandingan. Playmaker Spurs asal Denmark, Christian Eriksen menaklukkan kiper David de Gea lewat serangan cepat yang dibangun anak-anak asuh Mauricio Pochettino.

Berawal dari umpan panjang dari lini belakang, Harry Kane berhasil menyundul bola ke kotak penalti. Dele Alli yang merangsek ke depan berhasil menyongsong bola dengan sontekan tumitnya. Bola yang liar karena sempat membentur Chris Smalling berhasil disambut Eriksen yang kemudian melepaskan tendangan kaki kiri untuk menaklukkan De Gea.

5. DWIGHT YORKE (13 DETIK)
teamtalk.com

Sabtu, 30 September 1995, Aston Villa melakoni laga tandang. Anak-anak asuh Brian Little melawat ke Stadion Highfield Road milik Coventry City. Tak dinyana, sebuah kejutan besar tercipta di sana. Striker Dwight Yorke hanya butuh waktu 13 detik untuk menjebol gawang tuan rumah.

Melakukan Kick-off, Mark Draper melepaskan bola kepada Ian Taylor yang berada di sayap kanan. Menyisir sisi kiri pertahanan lawan, dia lantas melepaskan umpan silang sempurna yang lantas disambut Yorke dengan penyelesaian akurat dengan sundulannya. Kiper John Filan yang mengawal gawang Coventry pun tak bisa berbuat apa-apa. The Villans lantas pulang dengan kemenangan 3-0.

5. CHRIS SUTTON (13 DETIK)
Twitter @premierleague

Duet SAS (Shearer and Sutton) adalah nyawa Blackburn Rovers saat menjuarai Premier League pada 1994-95. Memang benar, lebih banyak kisah tentang Alan Shearer yang lantas mengemuka sebagai pencetak gol ulung di kancah Premier League. Namun, itu bukan berarti Chris Sutton tak punya kisah tersendiri.

Dalam lawatan ke Stadion Goodison Park milik Everton pada 1 April 1995, Sutton berhasil menceploskan bola ke gawang Neville Southall hanya 13 detik setelah wasit Dermot Gallagher memulai pertandingan. Dalam laga itu, Sutton tak menyia-nyiakan kesempatan pertama yang didapatkannya untuk membuka kemenangan 2-1 Blackburn pada laga tersebut.

5. ASMIR BEGOVIC (13 DETIK)

Mencetak gol bukan dari bola mati adalah hal yang bisa dikatakan mustahil bagi penjaga gawang. Asmir Begovic bisa bersyukur karena bisa melakukan hal itu saat Stoke City menjamu Southampton pada 2 November 2013. Sudah begitu, gol itu pun tercipta hanya 13 detik setelah wasit Chris Foy meniup peluit tanda pertandingan dimulai.

Berawal dari serangan The Saints yang melakukan kick-off, bola berhasil diamankan bek Erik Pieters kepada Begovic. Tanpa ragu, kiper asal Bosnia-Herzegovina itu melepaskan tendangan jauh ke depan. Tak dinyana, bola melesat jauh. Bola memantul di antara Dejan Lovren dan Jose Fonte di luar kotak penalti. Lesatan bola ternyata melampaui kiper Artur Boruc yang tak bisa mencegahnya masuk ke gawang.