5 Kandidat Kuat Pengganti Niko Kovac di Bayern Munich

Football5star.com, Indonesia – Bayer Munich memutuskan untuk mengakhiri kerjasama dengan Niko Kovac. Satu hari setelah kekalahan 1-5 dari Eintracht Frankfurt Sabtu (2/11/2019) membuat pelatih Kroasia itu angkat koper dari Allianz Arena.

Keputusan itu diambil manajemen Die Roten setelah para petinggi klub seperti presiden Uli Hoeness, CEO Karl-Heinz Rummenigge, dan Direktur Olahraga Hasan Salihamidzic, melakukan rapat darurat.

Niko Kovac sendiri menerima pemecatan ini. Menurutnya, keputusan tersebut sudah tepat dilakukan oleh manajemen Bayern. Ia pun mengucapkan rasa terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan manajemen dan suporter kepada dirinya selama ini.

“Saya pikir ini keputusan yang tepat untuk klub saat ini. Hasil dan cara kami bermain jadi penyebab keluarnya keputusan ini. Saya dan adik saya, Robert, ini mengucapkan terima kasih kepada Bayern atas kerja samanya selama 18 bulan,” kata Kovac seperti dikutip Football5star.com dari halaman resmi klub, Senin (4/11/2019).

Pemecatan Kovac pun memunculkan rumor para pengganti dirinya di Bayern Munich. Sejumlah nama pelatih dunia yang saat ini berstatus pengangguran digadang-gadang bakal gantikan peran Kovac di Bayern.

Berikut 5 kandidat kuat pengganti Niko Kovac di Bayern Munich:

Massimiliano Allegri

Pelatih asal Italia Massimiliano Allegri menjadi kandidat yang pertama dimunculkan sebagai pengganti Kovac. Dikutip dari Bavarianfootballworks, eks pelatih Juventus dan AC Milan itu saat ini memang berstatus tanpa klub.

skysports

Rekam jejak Allegri di Serie A bersama Juventus memang cukup mengkilap. Bersama klub berjuluk La Vecchia Signora tersebut, Allegri meraih lima gelar Scudetto secara beruntun. Selain itu, ia juga sukses menyabet 4 gelar Coppa Italia, 2 gelar Piala Super Italia.

Namun, Allegri punya catatan kurang meyakinkan jika bicara kompetisi Liga Champions. Ia gagal dua kali bersama Juventus di final Liga Champions. Hasil minor itu tentu bisa jadi catatan tersendiri bagi manajemen Bayern untuk mengangkat Allegri.

Ralf Rangnick

Kandidat kedua yang muncul ialah pelatih RB Leipzig, Ralf Rangnick. Dikutip dari Sports Mole, pelatih berusia 61 tahun ini masuk sebagai kandidat pelatih Bayern bersama Jose Mourinho. Peluang Rangnick untuk membesut Sergei Gnabry dan kawan-kawan cukup besar.

Sebagai pelatih tim kelas dua seperti RB Leipzig, pria lulusan Universitas Sussex ini cukup berhasil. Musim lalu, ia berhasil membawa RB Leipzig finish di urutan ketiga Bundesliga. Ia juga bukan orang baru di sepak bola Jerman.

Ralf Rangnick ingin menjadi pengganti Joachim Loew sebagai pelatih timnas Jerman.
spiegel.de

Sebelum melatih RB Leipzig, Rangnick sempat melatih di Schalke, Hoffenheim, Stuttgart, dan Hannover. Catatannnya juga cukup impresif bersama tim-tim tersebut.

Jose Mourinho

Sports Mole memunculkan nama Jose Mourinho sebagai pelatih Bayern. Semenjak dipecat dari Manchester United pada Desember 2018 lalu, pelatih dengan julukan The Spesial One tersebut memang selalu dikaitkan dengan tim yang baru memecat pelatih atau tim yang perfomancenya tengah menurun.

Jika dua nama pelatih sebelumnya memiliki pengalaman bagus di ajang Bundesliga, Jose Mourinho tidak memiliki itu. Namun yang jadi catatan positif bagi pelatih asal Portugal tersebut adalah ia memiliki dua gelar Liga Champions di dua tim berbeda.

Jose Mourinho - Lyon - Jean-Michel Aulas - Daily Mail
Daily Mail

Selain itu, di sejumlah kompetisi yang belum pernah ia memiliki pengalaman Jose Mourinho selalu sukses mempersembahkan gelar. Mulai dari Liga Inggris bersama Chelsea pada 2004/05, Scudetto bersama Inter Milan pada 2008/09, juga gelar LaLiga 2011/12 bersama Real Madrid.

Arsene Wenger

Dikutip dari FtB90, pelatih asal Prancis Arsene Wenger jadi kandidat pelatih gantikan Kovac di Bayern Munich. Sama dengan Jose Mourinho dan Allegri, Wenger saat ini juga berstatus tanpa klub.

Wenger bisa dikatakan sebagai salah satu pelatih dengan kemampuan filosofi sepak bola yang cukup baik. Ia dijuluki Profesor karena taktiknya bersama Arsenal. Sayangnya ia hanya memiliki pengalaman di Liga Inggris dan Ligue 1.

Arsene Wenger - Timnas Prancis - The Independent
The-Independent

Bersama AS Monaco pada 1987 hingga 1994, Wenger hanya mampu memberikan gealr Coupe de France musim 1990-91. Setelah itu terbang ke Jepang dan melatih klub Nagoya Grampus.

Mark Van Bommel

Terakhir ada nama eks gelandang Bayern Mark Van Bommel. Nama pelatih asal Belanda itu dirilis Ftb90 bersama 6 kandidat lainnya seperti Marco Rose, pelatih timnas Jerman Joachim Loew, pelatih AS Monaco Leonadro Jardim, pelatih Juventus Antonio Conte, serta Zinedine Zidane.

psv.nl

Van Bommel saat ini berstatus sebagai pelatih tim Eredivise PSV Eindhoven. Ia melatih di Eindhoven sejak Juni 2018 lalu. Sebelum diangkat menjadi pelatih PSV, ia adalah asisten pelatih timnas Australia, PSV U-19, dan assisten pelatih di Arab Saudi.

Bersama PSV, van Bommel catatkan 33 kemenangan, 8 imbang, dan 5 kali kalah dari 46 pertandingan Eredivisie. Catatan ini terbilang cukup impresif untuk ukuran pelatih muda seperti van Bommel.

Comments
Loading...