5 Kekalahan Memalukan Arsene Wenger Bersama Arsenal

Football5star.com, Indonesia – Federasi sepak bola dunia FIFA menunjuk mantan pelatih Arsenal Arsene Wenger sebagai epala pengembangan sepak bola internasional.

Menurut FIFA dengan pengalamannya melatih di Arsenal, Wenger sangat layak untuk menduduki jabatan tersebut. Ini jadi jabatan tertinggi Wenger setelah mundur dari Tim Meriam London.

Presiden FIFA Gianni Infantino cukup yakin dengan pengalaman dan jam terbang Wenger sebagai pelatih top Liga Inggris. Menurut pria berkepala plontos tersebut, Wenger memiliki hasrat tinggi untuk mengembangkan sepak bola secara global.

theguardian

“Pengetahuan mendalam dan hasrat Arsene Wenger dari berbagai aspek membuat kami yakin ia salah satu tokoh sepak bola yang paling disegani saat ini,” kata Infantino.

Meski begitu, sepanjang kariernya di Arsenal. Wenger pernah merasakan kekalahan memalukan. Tidak hanya satu kali, namun beberapa kali. Berikut sejumlah kekalahan memalukan Arsene Wenger bersama Arsenal.

Arsenal 1-5 Bayern Munich

Arsenal harus bertekuk letut oleh Bayern Munchen kala sambangi Stadion Alianz Arena dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim 2017 lalu.

Skor telak 1-5 harus diterima oleh Arsene Wenger. Kekalahan ini menambah rekor kekalahan Arsene Wenger bersama Tim Meriam London tersebut.

Sejak membesut Arsenal pada 1996 silam, pria Prancis itu memang tercatat beberapa kali tak berdaya mengarsiteki timnya melawan tim lain dan menerima kekalahan telak.

Arsenal 0-5 Chelsea

Pada babak keempat Piala Liga Inggris musim 1998, derbi London harus terjadi kala Arsenal bertemu dengan Chelsea. Bermain di stadion lama mereka, Stadion Highbury, Arsenal tampil tak berdaya melawan kubu The Blues.

Chelsea yang kala itu diperkuat oleh penyerang asal Italia, Gianluca Vialli mampu menjungkalkan armada Arsene Wenger. Skor 0-5 untuk tim tamu jadi hasil akhir yang terpampang di papan skor. Vialli kala itu mencetak brace (dua gol).

AC Milan 4-0 Arsenal

Apa yang dialami oleh Arsenal kala bertemu Bayern Munchen pada Kamis dini hari lalu sebenarnya juga pernah mereka alami di 2012 lalu. Bertemu AC Milan di leg pertama babak 16 besar, Arsenal tak berdaya dan harus menyerah dengan skor telak di Stadion San Siro.

AC Milan yang kala itu masih dibela oleh Zlatan Ibrahimovic mampu menang besar 4-0. Gol AC Milan saat itu dicetak oleh Robinho yang cetak brace, Kevin Prince Boateng, dan gol Ibrahimovic dari titik putih.

Manchester United 8-2 Arsenal

Saat bertandang ke Stadion Old Trafford pada 28 Agustus 2011, Arsenal yang kala itu diperkuat oleh Robin van Persie, Theo Walcott, serta Andrey Arshavin tak berdaya dibuat oleh Danny Welbeck dan kawan-kawan.

Manchester United kala itu pesta gol ke gawang Arsenal yang dijaga oleh Wojciech Szczesny. Gol kemenangan Manchester United kala itu dicetak oleh Danny Welbeck pada menit ke 22, Young pada menit ke 28 dan 90.

Wayne Rooney pada menit ke 42, 64, dan 77, Luis Nani pada menit ke 67 dan Park Ji-Sung pada menit ke 70. Sedangkan gol Arsenal dicetak oleh Theo Walcott dan Robin van Persie.

Usai kekalahan memalukan ini, fans Arsenal sempat menuliskan ‘Wenger Out’ di pertandingan Arsenal berikutnya. Meski begitu hingga musim, posisi eks pelatih AS Monaco masih terbilang cukup aman.

Manchester City 6-3 Arsenal

Selain Manchester United, tim dari Manchester yang lain, Manchester City juga pernah membuat armada Arsene Wenger harus tertunduk malu karena kalah dengan skor cukup telak.

Laga City versus Arsenal yang dihelat di Stadion Etihad harus berakhir dengan skor 6-3 untuk kemenangan tim tuan rumah. City yang kala itu diasuh oleh Manuel Pellegrini terlalu kuat untuk Petr Meresacker dan kawan-kawan.

Comments
Loading...