5 kekalahan Memalukan Indonesia di Kandang Malaysia

Football5star.com, Indonesia – Pertandingan Malaysia vs Indonesia selama ini dikenal punya rivalitas tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Dua negara tetangga ini pun sudah cukup sering berhadapan, baik di Piala AFF, Kualifikasi Piala Dunia, ataupun kejuaraan lainnya.

Untuk urusan kemenangan, tidak ada yang terlalu mencolok dari kedua negara. Baik Malaysia dan Indonesia saling mengalahkan di kandangnya masing-masing. Ya, keduanya dikenal sebagai tim jago kandang.

Tak ayal, laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti di Stadion Bukit Jalil bisa jadi keuntungan untuk Harimau Malaya. Mereka kerap membuat Garuda tak berdaya bila main di Negeri Jiran.

Football5star sudah merangkum lima kekalahan memalukan Indonesia di kandang Malaysia:

  • Final Piala AFF 2010
Okezone

Final leg pertama Piala AFF 2010 mungkin jadi pertemuan kedua negara yang takkan bisa dilupakan suporter Indonesia. Bagaimana tidak, penampilan apik anak asuh Alfred Riedl sepanjang turnamen berakhir antiklimaks di Bukit Jalil.

Firman Utina dkk yang menembus final dengan catatan apik tak berdaya di hadapan publik tetangga. Mereka kalah 0-3 lewat gol yang dicetak Ashaari Samsudin dan brace Safee Sali. Pada akhirnya, Garuda gagal merengkuh trofi AFF pertamanya setelah kalah agregat 2-4.

Hasil ini memang sangat mengejutkan. Pasalnya di pertemuan pertama pada fase grup, tim yang saat itu masih diperkuat Bambang Pamungkas, Oktavianus Maniani, Firman Utina, dan Markus Horrison sukses mengalahkan Harimau Malaya 5-1 di Gelora Bung Karno.

  • Semifinal Piala Tiger 1996
Sports Yahoo

Tim Garuda menjalani Piala Tiger (kini Piala AFF) edisi pertama dengan gemilang. Mereka mampu melaju ke semifinal tanpa mencatatkan kekalahan. Tapi Malaysia lah yang memberikan kekalahan pertama untuk Indonesia ketika itu.

Laga yang berlangsung di Kuala Lumpur ketika itu berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan tuan rumah. Gol-gol kemenangan dipersembahkan oleh Sanbagamaran, Rusdee Sulong, dan Samsurin. Sedangkan gol semata wayang Indonesia lahir dari kaki Fakhri Husaini.

  • Merdeka Games 1976
alchetron.com

Sepanjang sejarah pertemuan kedua negara, ajang Merdeka Games 1976 bisa jadi yang paling memalukan bagi Indonesia. Bayangkan saja, Garuda menelan kekalahan sangat telak 1-7 dari sang musuh bebuyutan.

Hingga sekarang, itu jadi kekalahan terbesar Garuda dari Harimau Malaya. Sejarah kelam itu terjadi pada 14 Agustus 1976 di Kuala Lumpur. Hasil ini sekaligus melengkapi catatan buruk Indonesia saat menghadapi Malaysia di ajang Merdeka Games. Dari total 21 pertemuan, Garuda hanya mampu meraih empat kemenangan.

  • Fase Grup Sea Games 2001
Getty Images

Tidak hanya di Piala AFF atau Merdeka Games Indonesia dipermalukan Malaysia. Di ajang Sea Games pun, Garuda tak bisa berbuat banyak ketika berhadapan dengan Harimau Malaya. Salah satunya terjadi di Sea Games 2001 silam.

Tergabung dalam Grup B, Bambang Pamungkas dkk sudah dihadapkan oleh lawan berat seperti Malaysia, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Setelah sukses mengalahkan Vietnam di laga pertama, Indonesia justru dikalahkan tuan rumah pada laga kedua.

Bermain di Stadion MBPJ, Petaling Jaya, Indonesia kalah 1-2. Padahal mereka sempat unggul lebih dulu lewat gol Maman. Tapi Malaysia mampu membalikkan keadaan lewat sontekan Rakhli dan Irwan delapan menit jelang laga berakhir.

  • Fase Grup Piala AFF 2012
Kompas

Dualisme kompetisi sepak bola di tanah air pada 2012 lalu berdampak buruk pada komposisi pemain timnas. PSSI saat itu hanya memperbolehkan pelatih Nil Maizar memanggil pemain dari kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) saja, yang notabene kompetisi baru.

Alhasil, timnas gagal total di Piala AFF 2012 karena terbatasnya pemain pilihan pelatih. Mereka bukan hanya berada di peringkat ketiga klasemen akhir Grup B, tapi juga dipermalukan Malaysia sebagai tuan rumah.

Pada laga terakhir grup di stadion Bukit Jalil, Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia. Dua gol tuan rumah dicetak melalui Azamuddin Mohd Akil dan Mahali bin Jasuli. Kekalahan itu sekaligus membuat Andik Vermansyah dkk gagal melaju ke semifinal untuk pertama kalinya.

IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2022MalaysiaMalaysia Vs Indonesia