5 Kemenangan Dramatis Inter Milan atas Juventus

Football5star.com, Indonesia – Grande Partita akan tersaji di pekan ketujuh Serie A pekan ini. Dua klub pesaing scudetto musim ini, Inter Milan dan Juventus akan saling berhadapan di Stadion Giuseppe Meazza, Minggu (6/10/2019).

Sudah tidak perlu diragukan lagi bagaimana tingginya rivalitas antara Inter Milan dan Juventus. Hal ini pula yang membuat pertemuan kedua tim dijuluki Derby d’Italia.

Jika ditotal, keduanya sudah bertemu sebanyak 204 kali, yang mana Juve lebih unggul dengan menorehkan 97 kemenangan. Sementara Inter baru meraup 57 kemenangan dan 50 laga sisanya berakhir imbang.

Dari sekian banyak pertandingan, ada beberapa laga yang berakhir secara dramatis, terutama untuk I Nerazzuri. Maka dari itu, Football5star sudah merangkum lima kemenangan dramatis klub asal kota mode dari klub Turin:

1. Inter 2-1 Juve (2016-2017)

Kemenangan dramatis Inter pertama terjadi pada musim 2016-2017 lalu. Bermain di Stadion Giuseppe Meazza, I Nerazzuri memastikan tiga poin lewat gol Ivan Perisic di penghujung laga.

Akan tetapi, tuan rumah tidak mengawali laga dengan baik. Mereka bahkan kebobolan lebih dulu di awal babak kedua melalui gol Stephan Lichtsteiner. Beruntung I Nerazzuri mampu bangkit di sisa laga.

Mauro Icardi membuka asa klub yang saat itu masih diasuh Frank de Boer. Gol sang kapten sekaligus mengembalikan semangat tuan rumah untuk menggempur pertahanan Juve. Puncaknya pun terjadi delapan menit jelang laga berakhir lewat gol kemenangan Ivan Perisic.

2. Inter 2-1 Juve (2009-2010)

Musim 2009-2010 bisa dibilang sebagai musim terbaik Inter selama ini. Bayangkan saja, dalam semusim mereka sukses menyapu bersih semua gelar. Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions berhasil dibawa pulang.

Salah satu pertandingan yang jadi bukti kesuksesan klub yang saat itu dibesut Jose Mourinho adalah saat mengalahkan I Bianconeri secara dramatis di Coppa Italia musim 2009-2010.

Sempat tertinggal melalui gol cepat pemain asal Brasil, Diego Ribas, I Nerazzuri membuktikan kelasnya di babak kedua. Sundulan Lucio di menit ke-72 membuat tuan rumah menyamakan kedudukan. Dan ucapan terima kasih pun patut diberikan kepada Mario Balotelli yang memastikan tiga poin di menit ke-89.

3. Inter 2-0 Juve (2009-2010)

Bukan hanya sekali Jose Mourinho mempermalukan Juventus di menit terakhir pertandingan pada musim 2009-2010. Setelah Coppa Italia, dia kembali membuat I Bianconeri tertunduk lesu di Serie A.

Inter yang berada di atas angin berhasil mencetak gol pertama melalui tendangan keras Maicon di menit ke-72. Dalam keadaan tertinggal, Juve mencoba segala cara untuk menyamakan kedudukan. Beberapa peluang emas pun mereka raih.

Akan tetapi, perjuangan klub yang saat itu dibesut Alberto Zaccheroni berujung antiklimaks. Mereka harus bermain dengan 10 orang setelah Mohamed Sissoko mendapat kartu kuning kedua. Situasi ini akhirnya dimanfaatkan tuan tumah untuk memastikan kemenangan 2-0 lewat gol pamungkas Samuel Eto’o di masa injury time.

4. Inter 1-0 Juve (1975-1976)

Sebagaimana rivalitas abadi, tensi tinggi Derby d’Italia sudah tersaji jauh sebelum era sepak bola modern dimulai. Salah satu laga yang tak bisa dilupakan terjadi pada April 1976 silam. Bertempat di Giuseppe Meazza, kedua tim memeragakan permainan ngotot untuk menang.

Kendati di akhir musim Si Nyonya Tua memiliki peringkat yang lebih baik daripada La Beneamata, mereka tetap tak mampu mengalahkan sang lawan. Pun demikian dengan tuan rumah yang harus bersusah payah memenangkan pertandingan.

Jual beli serangan Derby d’Italia kali ini baru membuahkan hasil lima menit jelang laga berakhir. Adalah Mario Bertini yang membuat publik Giuseppe Meazza bersorak lewat gol semata wayang yang ia cetak.

5. Juve 1-2 Inter (1974-1975)

Mundur satu tahun sebelumnya, giliran kota Turin yang merasakan kekalahan dramatis dari tamu asal Milan. Juve yang ketika itu bermaterikan pemain-pemain jempolan seperti Fabio Capello, Dino Zoff, Gaetano Scirea, hingga Roberto Bettega, tak mampu mengalahkan Inter.

Gol yang dicetak Fernando Viola di menit ke-53 juga tidak berarti banyak untuk tuan rumah. Pasalnya tim tamu berhasil membalikkan keadaan di masa injury time. Perubahan yang dilakukan pelatih Inter ketika itu, Luis Suarez, berbuah manis.

Dua gol yang dicetak dua legenda klub, Roberto Boninsegna dan Giacinto Facchetti memastikan kemenangan Inter Milan menjadi 2-1.

Comments
Loading...