Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Kiper Legendaris Persija Sebelum Andritany Ardhiyasa

Football5Star.com, Indonesia – Kiper legendaris milik Persija Jakarta di masa lalu terbilang memiliki banyak cerita sebelum Andritany Ardhiyasa. Mereka bahkan tak cuma gahar di bawah mistar, tapi jadi saksi kesukesan Macan Kemayoran.

Sudah sejak 2010, Andritany memang menghiasi mistar gawang Macan Kemayoran. Dia total setidaknya sudah mengoleksi lebih dari 150 penampilan dengan puncaknya meraih gelar Liga 1 dan Piala Presiden 2018.

Nah, ternyata banyak kiper yang sangat legendaris buat Persija sebelum Andritany. Berikut lima nama di antaranya versi Football5Star.com:

Mbeng Jean

Mbeng Jean boleh dibilang merupakan kiper legendaris buat Persija Jakarta. Dia mengabdi bersama tim ibu kota selama empat musim sejak datang pada 1997 silam ketika berusia 19 tahun.

Puncak keberhasilan kiper Kamerun itu terjadi pada Liga Indonesia 2000-2001. Ketangguhannya di bawah mistar gawang membuat Mbeng Jean membantu Macan Kemayoran meraih gelar juara Liga Indonesia. Saat itu, dia hanya kejebolan 18 gol saja.

Hendro Kartiko

Sosok yang kini menjadi pelatih kiper PSM Makasar itu memperkuat Persija dalam tiga periode, yakni 2005-2006, 2008-2009, dan 2010-2011. Bila ditotal, maka Hendro sudah memperkuat Persija sebanyak 89 penapilan.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Kiper Legendaris Persija Sebelum Andritany Ardhiyasa
Antara Foto

Hendro jua terlibat dalam skuat Persija yang sempat finis di urutan ketiga 2010-2011 lalu. Andritany sendiri sampai saat ini masih mengingat betul jasa kiper legendaris Persija itu.

“Saat bermain di Persija di awal karier saya, saya bisa bersanding dengan tiga kiper hebat yakni Hendro Kartiko, Ronny Tri, dan Jendri Pitoy. Kita semua tahu kualitas tiga kiper Persija saat itu juga sangat luar biasa. Ketiganya merupakan kiper timnas termasuk Ronny Tri. Maka dari itu saya senang mendapat mentor bagus di awal karier saya,” bilang Andri.

M Yasir

M Yasir memang cuma membela Persija selama semusim, yakni 2009-2010 silam dengan 27 penampilan. Tapi sampai saat ini Jakmania masih mengingat beberapa aksinya di bawah mistar gawang Macan Kemayoran.

Salah satu yang disorot ialah saat Persija melawan Sriwijaya FC. Dia berhasil menepis tendangan Keith Kayamba Gumbs dalam laga di Jakabaring. Bola sepakan kaki kanan Gumbs ke arah kanan gawang Persija mampu ditebak oleh Yasir.

Nol van der Vin

Nol van der Vin merupakan pemain naturalisasi pertama Indonesia era penjajahan Belanda. Dia memutuskan untuk mengganti status kewarganegaraannya menjadi Indonesia pada 1924.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Rekam Jejak Pemain Naturalisasi di Skuat Persija Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Kiper Legendaris Persija Sebelum Andritany Ardhiyasa
Asalcoretblogspot

Beberapa klub Indonesia dibelanya. Dia pernah membela Excelsor, Union Makes Strength (UMS) hingga Persija Jakarta. Bersama Persija, dia bermain dari 1948 hingga 1954 dengan 30 penampilan.

Van der Vin sendiri memiliki caps bersama Timnas Indonesia. Paling diingat tentu saat dia menepis tendangan penalti legenda Hongaria, Ferenc Puskas di Lapangan Ikada dalam laga uji coba.

Ronny Pasla

Ronny Pasla jua merupakan salah satu kiper legendaris Persija. Dia membela Macan Kemayoran pada era 1970-an bahkan sempat dijuluki sebagai Macan Tutul usai menepis tendangan penalti legenda Brasil, Pele.

Ronny Pasla: Pemain Indonesia di Luar Negeri Jangan Pencitraan Saja Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Kiper Legendaris Persija Sebelum Andritany Ardhiyasa

Saat bersama Persija, prestasi terbaiknya ialah menjuarai kompetisi perserikatan 1975 silam. Dia jua sangat berprestasi di Timnas Indonesia. Pria kelahiran Medan itu pernah membawa Indonesia juara di Bangladesh, Merdeka Games, hingga kampiun Pesta Sukan Singapura 1972.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More