5 Klub Sepak Bola dengan Pengeluaran Gaji Tertinggi

Football5Star.com, Indonesia – Manchester City memang paling royal di bursa transfer awal musim ini. Namun, perekrutan sejumlah pemain baru dengan harga mahal ternyata tak lantas membuat pengeluaran gaji mereka jadi yang paling wah. Bahkan, berdasarkan hasil survei Sporting Intelligence, peringkat klub asal Inggris menurun jauh. Pengeluaran gaji mereka pun masih terpaut jauh dari sang pemuncak, Barcelona.

Berdasarkan Global Sports Salaries Surveys 2017 yang dirilis Sporting Intelligence pada Senin (27/11/2017), pengeluaran gaji Barcelona adalah yang tertinggi di antara klub-lub sepak bola. Rata-rata, penggawa El Barca dibayar 6.597.900 pounds (sekitar Rp118,8 miliar) per tahun. Sementara itu, rataan gaji penggawa The Citizens 5.235.917 pounds saja (sekitar Rp94,25 miliar) per tahun.

Berikut adalah lima klub sepak bola dengan pengeluaran gaji terbesar menurut Global Sports Salaries Surveys 2017 yang dilakukan Sporting Intelligence.

1. Barcelona (La Liga, Spanyol)
Barcelona (La Liga, Spanyol)
beinsports.com

Tahun ini, Barcelona menggeser Manchester United sebagai klub sepak bola dengan pengeluaran gaji terbesar. Per tahun, rataan gaji pemain tim utama Barcelona mencapai 6.597.900 pounds. Itu sudah termasuk perhitungan gaji Lionel Messi yang menurut kontrak barunya senilai 500.000 pounds per pekan. Secara global, Barcelona berada di peringkat ke-4.

Jumlah pengeluaran gaji El Barca meningkat dari hasil survei tahun sebelumnya yang hanya 5.649.091 pounds per tahun. Jumlah itu menempatkan mereka hanya di posisi ke-5 secara global. Adapun di antara klub-klub sepak bola, klub asal Katalonia ini berada di posisi kedua. Hanya Man. United yang memiliki pengeluaran lebih besar dari mereka.

2. Paris Saint-Germain (Ligue 1, Prancis)
PSG (Ligue 1, Prancis)
sport.es

Di daftar 12 tim dengan pengeluaran gaji terbesar secara global, PSG termsuk salah satu dengan peningkatan terbesar. Tahun lalu, mereka hanya berada di posisi ke-35, sedangkan sekarang bertengger di posisi ke-5. Hanya sang pemuncak daftar, Oklahoma City Thunder, yang melonjak lebih tinggi dari posisi ke-33.

Rerata gaji pemain tim utama PSG tahun ini mencapai 6.472.355 pounds per tahun. Itu melonjak jauh dari tahun lalu yang hanya 4.476.835 pounds per tahun. Di Ligue 1, rerata gaji para penggawa Les Parisiens sangat jauh terpaut dari klub-klub lainnya. Tengoknya, AS Monaco yang berada di posisi ke-2 saja hanya membayar 2.067.929 per pemain setiap tahunnya.

3. Real Madrid (La Liga, Spanyol)
Real Madrid (La Liga, Spanyol)
goal.com

Real Madrid kembali ke jajaran elite tim olahraga dengan pengeluaran gaji tertinggi di dunia. Setelah musim lalu hanya berada di posisi ke-19 secara global dengan pengeluaran 5.051.875 pounds per pemain per tahun, kini mereka bertengger di posisi ke-9. Tahun ini, pengeluaran gaji Los Blancos berjumlah 6.224.833 pounds per pemain per tahun.

Di La Liga, bersama Barcelona, Madrid adalah tim dengan rerata gaji pemain utama menembus 6 juta pounds per tahun. Kedua klub ini terpaut jauh dari 18 klub lainnya yang rerata gaji pemainnya tak sampai 4 juta pounds per tahun. Atletico Madrid yang berada di posisi ketiga di La Liga hanya mengeluarkan 3.849.130 pounds per pemain per tahun.

4. Manchester United (Premier League, Inggris)
Manchester United (Premier League, Inggris)
metro.co.uk

Untuk urusan pengeluaran gaji pemain, posisi Manchester United musim ini menurun lumayan jauh. Dari peringkat ke-4 secara global dan teratas di antara klub-klub sepak bola, kini mereka hanya bertengger di posisi ke-23 secara global dan ke-4 di sepak bola. Untuk tahun ini, gaji rata-rata penggawa Red Devils berjumlah 5.241.185 pounds.

Dibandingkan tahun lalu, angka pengeluaran Man. United menurun hingga 500.000 pounds per tahun. Tahun lalu, pengeluaran mereka untuk setiap pemain per tahun mencapai 5.770.000 pounds. Itu tak terlepas dari penjualan Wayne Rooney ke Everton. Selama bertahun-tahun, eks striker timnas Inggris itu memang termasuk pemain dengan gaji terbesar di Red Devils.

5. Manchester City (Premier League, Inggris)
Manchester City (Premier League, Inggris)
theweek.co.uk

Sangat ofensif di bursa transfer, Manchester City ternyata bukan termasuk jajaran tim olahraga dengan pengeluaran gaji tertinggi. Padahal, dua tahun lalu, merekalah sang pemuncak. Tahun ini, gaji rata-rata pemain utama The Citizens sebesar 5.235.917 pounds per tahun. Itu turun dari tahun lalu yang sebesar 5.423.077 pounds per pemain per tahun.

Dari segi peringkat, The Citizens menunjukkan penurunan. Dari posisi teratas pada 2015, mereka hanya berada di posisi ke-9 pada tahun berikutnya, dan kini bertengger di peringkat ke-24. Meskipun demikian, di antara klub-klub sepak bola, klub yang disokong konsorsium asal Uni Emirat Arab ini tetap berada di 5-besar.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More