5 Momen Kontroversial Laga Man United vs Chelsea

Football5star.com, Indonesia – Laga seru langsung tersaji di pekan pertama Liga Inggris musim 2019-20. Man United vs Chelsea akan tersaji di Stadion Old Trafford, Minggu (11/8/2019).

Sepanjang sejarahnya, pertemuan minggu malam nanti bakal jadi laga ke-5 kedua tim di pekan perdana Liga Inggris. Terakhir kedua tim bertemu di pekan perdana terjadi pada 2004 silam.

Di pertandingan pada 2004 lalu, Man United bertindak sebagai tim tamu di Stadion Stamford Bridge. Chelsea berhasil memenangkan pertandingan lewat gol tunggal Eidur Gudjohnsen.

Sebelum era 2000-an, Chelsea sebenarnya bukanlah tim yang memiliki persinggungan dengan Red Devils. Namun hal tersebut berubah semenjak The Blues dikuasai oleh milioner Rusia, Roman Abramovich.

Semenjak Abramovich membangun dinastinya di Chelsea, pertemuan kedua tim selalu hadirkan momen-momen seru dan juga kontroversial.

Berikut 5 momen kontroversial laga Man United vs Chelsea untuk pembaca setia football5star.com

Manchester United vs Chelsea 3 April 2010

Eks pelatih Red Devils Sir Alex Ferguson tentu tidak akan pernah melupakan laga yang berlangsung di Old Trafford pada 2010 silam ini. Bagaimana tidak, Chelsea dianggap Fergie meraih kemenangan dengan kontroversial.

“Ketika wasit yang memimpin pertandingan Dean, saya khawatir. Dan kecemasan saya terbukti,” kata Ferguson saat itu.

Fergie menyoroti gol kemenangan Chelsea yang dicetak oleh Didier Drogba. Pria asal Skotlandia itu menyebut bahwa striker Pantai Gading tersebut sudah berada di posisi offside saat mencetak gol.

MU pada laga ini memang kalah 1-2. Gol semata wayang Red Devils saat itu dicetak oleh striker asal Italia Frederico Macheda pada menit akhir pertandingan.

Chelsea vs Manchester United 28 Oktober 2012

Laga kedua tim ini mungkin akan selalu diingat oleh publik Stamford Bridge. Bagaimana tidak The Blues tumbang di kandang sendiri akibat gol yang dianggap offside yang dicetak oleh Javier Hernandes.

Laga kedua tim berlangsung ketat sejak menit awal pertandingan. Meski bertindak sebagai tim tamu, Red Devils sejak menit awal mengepung lini belakang Chelsea.

gettyimages

Pertandingan mulai memanas saat pertengahan babak pertama. David Luiz beberapa kali bergesekan dengan pemain MU seperti Antonio Valencia ataupun Robin van Persie.

Di beberapa kesempatan wasit Mark Clattenburg harus menghentikan laga karena gesekan antar kedua pemain. Pada babak kedua, Chelsea harus bermain dengan 10 orang.

Clattenburg memberi kartu merah kepada Fernando Torres akibat aksi diving-nya di kotak penalti MU. Pemain Chelsea sontak memprotes keputusan tersebut.

Publik Stamfrod Bridge makin berang karena tak lama itu, Javier Hernandes berhasil membobol gawang Petr Cech dengan cara yang ‘kotor’. Pemain asal Meksiko itu mencetak gol di posisi yang jelas offside.

Sayangnya wasit Clattenburg tetap mengesahkan gol tersebut. Man United pun berhasil meraih kemenangan 3-2.

Manchester United vs Chelsea 24 Agustus 2013

Laga antara Manchester United vs Chelsea pada 22 Agustus 2013 lalu jadi salah satu momen kontroversial pertemuan kedua tim. Laga yang berhasil dimenangkan oleh The Blues 1-2 tersebut menyeret nama sang wasit Martin Atkinson.

Atkinson dituding oleh kubu MU sebagai biang kerok kekalahan mereka. Pelatih MU kala itu, Sir Alex Ferguson sangat berang karena Atkinson tak memberi kartu merah kepada David Luiz.

mirror.co.uk

Padahal saat pertandingan tersebut bek asal Brasil itu melakukan pelanggaran keras terhadap pemain MU. Atkinson juga dituding dengan ‘sengaja’ memberi penalti di menit-menit akhir pertandingan untuk Chelsea.

Eks wasit top Liga Inggris, Graham Poll juga turut berkomentar terkait kepemimpinan Atkinson yang dianggap berat sebelah. Menurut Poll, FA seharusnya memilih wasit lain untuk memimpin laga kedua tim.

“Saya pribadi akan memilih wasit lain sehingga kami bisa fokus pada pertandingan sepak bola dan tidak memperdebatkan apakah Atkinson memang layak ditunjuk atau tidak,” kata Poll seperti dikutip dari mirror.

Manchester United vs Chelsea 6 Mei 2013

Kejadian kontroversial kembali terjadi di laga kedua tim pada 6 Mei 2013 silam. Kejadian kontroversial ini melibatkan dua bek kedua tim, Rafael dan David Luiz.

Rafael mendapat kartu merah karena dianggap wasit melakukan pelanggaran dengan sengaja kepada David Luiz. Rafael memang kedapatan menyikut bek asal Brasil tersebut.

Namun David Luiz bereaksi berlebihan saat mendapat sikutan tersebut. Lucunya setelah wasit mengusir keluar Rafael, Luiz ketahuan kamera tengah tersenyum puas.

Laga antara Mancheter United vs Chelsea di Stadion Old Trafford itu sendiri berakhir dengan kemenangan tim tamu. Gol menit akhir Juan Mata membuat Andre Villas Boas meraih kemenangan sebagai pelatih pengganti di Chelsea.

Chelsea vs Manchester United 20 Oktober 2018

Pertemuan Man United vs Chelsea pada tahun lalu ini melibatkan sejumlah pihak di kondisi emosi. Laga ini membuat berang pelatih Red Devils saat itu Jose Mourinho.

Bagaimana tidak The Spesial One harus menyaksikan anak asuhnya tak jadi menang. Gol dari Ross Barkley pada menit ke-95 membuat The Blues mengakhiri pertandingan menjadi 2-2. Saat itu MU tengah unggul 2-1.

Tidak hanya meraih hasil imbang. Mourinho bahkan sampai harus bertengkar dengan staff pelatih Marco Ianni, saat gol menit terakhir tercipta.

gettyimages

Pasalnya, Ianni sengaja berselebrasi di depan Mourinho sehingga memancing emosi pelatih asal Portugal tersebut.

Setelah pertandingan, bukan hanya Ianni yang kena semprot pelatih asal Portugal tersebut. Wasit Mike Dean pun mendapat kritik keras dari Mourinho.

“Saya harap semua wasit melakukan hal yang sama seperti Mike Dean dan memberi (tambahan waktu) enam menit,” sindir Mourinho saat itu.