5 Momen Kontroversial Liga Inggris Musim 2018-2019

Football5star.com, Indonesia – Keputusan janggal kerap tersaji saat pertandingan sengit berlangsung. Tak terkecuali di liga paling populer, Liga Inggris. Tensi tinggi dan tempo pertandingan yang sangat cepat, membuat keputusan-keputusan kontroversial kerap terjadi.

Dari sekian kejadian kontroversial yang terjadi di Liga Inggris, terdapat beberapa momen janggal yang tak terlupakan pemerhati Liga Inggris, meski peristiwa tersebut telah terlewati.

Football5star.com mencoba kembali mengulas momen-momen kontroversial yang pernah terjadi di Liga Inggris musim 2018-2019 yang dikutip dari berbagai sumber. Berikut lima momen kontroversial yang terjadi di Liga Inggris musim ini.

1. Keputusan Penalti Wasit Martin Oliver

Laga Liverpool vs Arsenal pekan ke-20 yang berakhir 5-1 untuk tuan rumah diwarnai keputusan janggal dari wasit Martin Oliver. Laga yang berlangsung pada hari Minggu (30/12/2018), wasit Martin Oliver memberikan dua penalti untuk Liverpool.

Pertama, Sokratis Papastathopoulos dianggap menjatuhkan Mohamed Salah di kotak penalti. Kedua, Sead Kolasinac dianggap melanggar Dejan Lovren. Banyak yang menganggap, pelanggaran-pelanggaran tersebut tidak terlalu berbahaya.

Manajer Arsenal, Unai Emery, merasa VAR seharusnya bisa membantu untuk mengoreksi keputusan wasit Martin Oliver.

2. Goal Line Clearance John Stones

Laga Manchester City Vs Liverpool di Stadion Etihad dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-21 pada Jum’at (4/1/2019) dini hari WIB sempat menjadi bahan pembicaraan.

Liverpool sejatinya dapat unggul jika wasit mengesahkan gol yang terjadi pada menit ke-18. Dalam tayangan ulang, terlihat sebagian besar bola telah melewati garis gawang, tapi wasit tidak mengesahkan gol tersebut.

Wasit Anthony Taylor yang memimpin laga tersebut menyatakan bola belum sepenuhnya melewati garis gawang. Dalam tayangan ulang, goal line clearance dari John Stones hasil tendangan Sadio Mane yang sebelumnya membentur tiang, memang belum sepenuhnya melewati garis gawang.

Analis Data ESPN, Ben Dinnery, mencatat bagian bola yang belum melewati garis gawang sepanjang 1,12 cm atau 0.44 inch.

3. Selebrasi Staf Pelatih Chelsea dan Injury Time 6 Menit

Laga Chelsea vs Manchester United pada 20 Oktober 2018 diwarnai kericuhan. Jose Mourinho yang saat itu masih menjabat sebagai manajer Man United terpancing emosinya karena ulah staf pelatih Chelsea, Marco Ianni.

Ianni melakukan selebrasi di depan Mourinho menyusul gol penyeimbang yang dicetak Ross barkley pada menit ke-95. Sebelumnya, Man United sempat unggul 2-1 hingga jelang pertandingan berakhir.

Akan tetapi, Mourinho tidak hanya emosi dengan Ianni, namun juga dengan wasit Mike Dean. Mourinho berang karena Mike Dean memberikan tambahan waktu enam menit.

Tambahan waktu enam menit dianggap terlalu lama oleh Mourinho yang menyebabkan kemenangan timnya yang sudah di depan mata buyar berkat gol Barkley di menit ke-95.

4. Keputusan Keliru Wasit Kevin Friend

Hasil imbang 1-1 saat Liverpool ditahan West Ham di Stadion London, Selasa (5/2/2019) dinihari WIB dianggap kontroversial oleh Juergen Klopp. Klopp menilai wasit Kevin Friend yang memimpin pertandingan kerap membuat keputusan keliru.

Kevin Friend mengesahkan gol Sadio Mane pada menit ke-22. Padahal, James Milner yang memberikan assist untuk Mane dalam posisi offside. Klopp menilai setelah gol Mane, Kevin Friend kerap membuat keputusan keliru dan merusak ritme pertandingan.

5. Manajer Cardiff Kecam Wasit Craig Pawson

Manajer Cardiff, Neil Warnock, mengecam wasit Craig Pawson menyusul kekalahan 1-2 yang diderita timnya dari Chelsea pada 31 Maret 2019.

Dalam laga tersebut, Cardiff sempat unggul hingga menit ke-84. Namun, gol Cesar Azpilicueta dan Ruben Loftus-Cheek memastikan kemenangan Chelsea pada menit-menit akhir.

Gol penyeimbang Chelsea yang dicetak Azpilicueta terbilang kontroversial. Sebab, dalam tayangan ulang, Azpilicueta sudah berdiri dalam posisi offside ketika menerima umpan sundulan Marcos Alonso.

Selain itu, Craig Pawson tidak memberikan kartu merah kepada Antonio Ruediger yang melanggar pemain Cardiff. Rudiger sebagai last man standing seharusnya diganjar kartu merah ketika melalukan pelanggaran.

Oleh sebab itu, Warnock mengecam wasit Craig Pawson atas kepemimpinan di laga tersebut.

Comments
Loading...