5 Negara Underdog di Piala Dunia 2018

Football5star.com, Indonesia – Sejumlah kejutan mewarnai kualifikasi Piala Dunia 2018. Sejumlah tim-tim besar dari berbagai benua harus absen di putaran final..

Sebut saja, Belanda, Italia, Cile dan Amerika Serikat yang tak lolos babak kualifikasi. Namun, ada pula beberapa negara kecil yang membuat kejutan dan bakal berlaga di Rusia pada musim panas mendatang.

Kehadiran mereka tak bisa dipandang sebelah mata. Dalam sejarah gelaran Piala Dunia, tim-tim underdog ini pernah membuat kejutan.

Contohnya, Kamerun yang menembus perempat final pada 1990, Kroasia yang sukses melangkah ke perempat final pada 1998 dan Turki yang menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2002.

Berikut ini adalah lima negara underdog di putaran final Piala Dunia 2018:
  • PANAMA

Panama menemani Meksiko dan Kosta Rika yang lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2018. Anak asuh Hernan Dario Gomez finis di posisi ketiga klasemen kualifikasi zona CONCACAF.

Negara berpopulasi empat juta penduduk ini baru pertama kali menembus putaran final Piala Dunia. Selain menahan Meksiko dan Amerika Serikat, mereka sempat mengalahkan Kosta Rika di kandang sendiri.

  • SWEDIA

SwediaMeski Zlatan Ibrahimovic pensiun, Swedia tetap mampu meraih tiket putaran final Piala Dunia 2018. Perjuangan anak asuh Janne Andersson patut diapresiasi.

Swedia finis sebagai runner-up Grup A babak kualifikasi Zona UEFA yang juga dihuni Prancis dan Belanda. Mereka menjegal langkah Italia dalam play-off dengan agregat 1-0.

 

  • MAROKO

Penantian panjang Maroko akhirnya berakhir. Mereka harus menunggu selama dua dekade untuk kembali lolos ke putaran final Piala Dunia.

Maroko menjuarai Grup C kualifikasi zona CAF tanpa menelan satu kekalahan pun. Pasukan Herve Renard juga menjegal langkah salah satu tim terkuat Afrika, Pantai Gadinig.

  • ISLANDIA

Islandia kembali membuat kejutan. Negara di wilayah Skandinavia itu lolos ke putaran final untuk pertama kalinya setelah memuncaki klasemen akhir Grup I kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA.

Performa Islandia menuai decak kagum. Pasalnya, mereka berada di grup yang sama dengan beberapa negara besar, seperti Kroasia, Ukraina dan Turki.

Sebelumnya, Islandia membuat kejuatan di Euro 2016. Berstatus debutan, mereka menembus perempat final dan menyingkirkan Inggris di babak 16-Besar.

  • ARAB SAUDI

Arab Saudi lolos ke putaran final untuk pertama kalinya sejak 2006. Mereka finis sebagai runner-up Grup B babak ketiga kualifikasi zona AFC dan hanya kalah satu poin dari Jepang yang menempati posisi teratas.

Arab Saudi bakal berlaga di Rusia dengan status underdog. Sejak menembus babak 16-Besar pada 1994, Arab Saudi hanya meraih dua poin dari total tiga partisipasi Piala Dunia lainnya.

Comments
Loading...